Logo BeritaSatu

Sasar Anak Muda, Radikalisme dan Ekstermisme Semakin Kekinian

Senin, 30 Agustus 2021 | 19:52 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Yogyakarta, Beritasatu.com - Kelompok radikalisme dan ekstremisme saat ini semakin kekinian, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial (medsos). Cara seperti itu digunakan karena mereka ingin menyasar anak-anak muda untuk bergabung.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif Ruang Baca Cerdas (RBC) Institute A Malik Fadjar, Subhan Setowara, dalam acara focus group discussion (FGD) bertema “Pemuda dan Ekstremisme Beragama” yang digelar secara daring di Yogyakarta, Senin (30/8/2021). Acara digelar Cangkir Opini bersama Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Yogyakarta dan DPD IMM Jawa Timur.

Selain Subhan, hadir pila dalam diskusi ini mantan narapidana teroris Nasir Abbas, sejarawan dari Muhammadiyah, Mu'arif, dan Zulfikar sebagai moderator. “Gerakan ekstremisme pada hari ini makin kekinian. Gerakan terorisme menyasar kaum muda lantaran rasa ingin tahu mereka yang tinggi,” ujar Subhan.

Dalam kaitan itu, dia mengatakan, kelompok Taliban di Afghanistan yang berhasil merebut kekuasaan lebih pandai mempromosikan diri. Bisa dikatakan mereka saat ini adalah Taliban versi 2.0, karena berbeda dengan Taliban sebelumnya.

“Taliban 2.0 melakukan rebranding lewat Twitter dan konten media sosial lainnya dengan menunjukkan ciri kekinian. Setelah memasuki Kabul, misalnya, para militan Taliban lantas memosting video dan foto yang menampilkan para pejuang mereka sebagai sosok orang biasa yang mudah didekati,” tutur Subhan.

Sementara, Nasir Abbas menceritakan tentang awal mula serta perjalanannya menjadi teroris di berbagai negara, termasuk belajar di Afghanistan.

“Pada umur 15 tahun saya sudah ke Afghanistan dengan niat untuk melanjutkan pendidikan. Namun, karena tidak memiliki ijazah, akhirnya saya masuk NII. Dari situ awal mula saya mengenal dengan gerakan terorisme dan ekstremisme," ujar Nasir.

Sejarawan Muhammadiyah, Mu'arif menjelaskan tentang konsep dasar moderasi dalam beragama dalam perspektif sejarah. “Fakta-fakta historis menunjukkan bahwa kekerasan dengan mengatasnamakan agama sudah terjadi sejak zaman Sahabat Nabi dan biasanya dilatarbelakangi oleh persoalan atau kepentingan politik," jelasnya.

Direktur Eksekutif Cangkir Opini, Zaki Ma'ruf menjelaskan, diskusi ini dikonsep lebih aktif dan interaktif agar peserta dapat ikut serta dalam berdiskusi dan tidak satu arah.

“Agenda ini diawali dengan dialog tentang ekstremisme dalam beragama dan akan dilanjutkan dengan diskusi per kelompok yang nantinya akan melahirkan sebuah narasi dan gerakan dalam menyuarakan moderasi beragama," jelasnya.

Zaki mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk merespon berbagai isu terorisme yang akhir-akhir ini masih meresahkan masyarakat Indonesia.

Ketua Umum DPD IMM DIY, M Akmal Ahsan mengatakan, selain berperan serta dalam diskusi ini, pihaknya saat ini juga melakukan gerakan kemanusiaan bernama #JogjaBangkit.

"Gerakan untuk merespon pandemi Covid-19. Gerakan ini setidaknya menyasar warga yang sedang isolasi mandiri, pedagang terdampak, dan masyarakat marginal. Hingga hari ini ratusan sembako dan nasi bungkus telah didistribusikan kepada masyarakat dan masih akan terus berlangsung hingga beberapa waktu mendatang," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Erupsi Gunung Semeru, Relawan Pertaruhkan Nyawa Evakuasi Warga

Awan panas guguran dari Gunung Semeru mengakibatkan sejumlah wilayah di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diguyur hujan abu vulkanik.

NEWS | 5 Desember 2022

Perempuan Pelaku Penganiayaan Balita di Bantaeng Ditangkap

Setelah buron beberapa lama, HS, pelaku penganiayaan balita di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, akhirnya ditangkap polisi, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 5 Desember 2022

5 Berita Terpopuler, Erupsi Gunung Semeru hingga Konser Rizky Febian

Bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur dan konser mini Rizky Febian di Stasiun MRT Hotel Indonesia menjadi berita terpopuler Beritasatu.com.

NEWS | 5 Desember 2022

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Brasil vs Korsel: Taegeuk Warriors Berharap Keajaiban Kedua

Brasil vs Korsel: Taegeuk Warriors Berharap Keajaiban Kedua

SEMESTA BOLA 2022 | 4 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE