Logo BeritaSatu

Presidensi G20 Indonesia akan Perhatikan Kepentingan Negara Berkembang dan Kelompok Rentan

Rabu, 15 September 2021 | 00:06 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.comMenteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan prinsip inklusivitas akan menjadi salah satu kata kunci dalam Presidensi G20 Indonesia 2022. Hal ini karena Indonesia tidak hanya akan memperhatikan kepentingan anggota G20 saja, namun juga kepentingan negara berkembang dan kelompok rentan.

“Ini memang merupakan DNA politik luar negeri Indonesia. Jika kita melihat beberapa tahun ke belakang saat kita menjadi anggota Dewan Keamanan PBB misalnya, Indonesia secara konsisten menjadi bagian dari solusi, menjembatani perbedaan dan selalu menyuarakan kepentingan negara berkembang. Dan peran ini akan kita lanjutkan pada saat Indonesia memegang Presidensi G20,” kata Retno Marsudi dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Selasa (14/9/2021) malam.

Indonesia, lanjut Menlu, akan memberikan perhatian besar kepada negara berkembang di Asia, Afrika dan Amerika Latin, juga termasuk negara-negara kepulauan kecil di Pasifik dan Karibia.

“Kita juga akan merangkul keterlibatan berbagai kalangan, perempuan, pemuda, akademisi, dunia usaha dan parlemen,” ujar Retno Marsudi.

Selain isu kesehatan dan pandemi serta pembangunan berkelanjutan, dijelaskan Retno, perhatian besar akan diberikan kepada UMKM dan ekonomi digital yang telah sukses menjadi penggerak ekonomi di masa pandemi.

“Kita juga ingin mendorong pengakuan atas peran penting dan pemberdayaan tenaga kerja difabilitas dalam dunia kerja. Ada juga forum bisnis dan kemitraan sektor sustainable infrastructure dan investasi kesehatan. kita perlu memperkuat sektor-sektor tersebut untuk mencapai pemulihan, pertumbuhan dan ketahanan bersama,” terang Retno Marsudi.

Lebih lanjut, Retmo menerangkan mengenai sistem kerja di G20. Dipaparkan, dalam G20 terdapat dua pilar, yaitu pilar finance track dan sherpa track. Finance track atau Pilar keuangan akan betul-betul fokus pada isu keuangan dan moneter. Sedangkan pilar Sherpa Track, selama Presidensi ini, Indonesia akan melakukan 12 pertemuan tingkat menteri, seperti menteri luar negeri, development, digital economy, health, environment and climate, energy, employment, trade, industry and investment, tourism, agriculture, education dan special ministerial meeting on women empowerment.

Selain itu, papar Retno, akan ada pertemuan tingkat G to G atau government to government yang akan mengerucut kepada penyelenggara KTT yang akan diselenggarakan pada Oktober mendatang di Indonesia.

“Akan ada juga pertemuan yang sifatnya di luar government, dinamakan engagement group. Terdapat 10 engagement group yaitu bisnis, masyarakat sipil, serikat buruh, ilmuwan, lembaga think tank, perkotaan, wanita, pemuda, dan parlemen,” ungkap Retno Marsudi.

Dijelaskannya, engagement group parlemen ini diaktifkan kembali dalam keketuaan Indonesia. Kemudian ada engagement group baru dalam Presidensi G20 Indonesia 2022, yaitu lembaga adit tertinggi.

“Ini inisiatif baru Presidensi Indonesia. Semua penyelenggaraan pertemuan akan menggunakan standar protokol kesehatan yang ketat dan akan terus mempertimbangkan situasi Covid-19 pada saat tersebut,” tutur Retno Marsudi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kejaksaan Masih Periksa Berkas Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Kejaksaan masih memeriksa berkas perkara kasus dugaan penistaan agama oleh Roy Suryo karena mengedit meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022

Anggota DPRD Depok vs Sopir Truk Akhirnya Berdamai

Ahmad Misbah (24 tahun), sopir truk yang menjadi korban dugaan penganiayaan oleh anggota DPRD Depok, Tajudin Tabri akhirnya berdamai

NEWS | 26 September 2022

Ketika Lukas Enembe Klaim sebagai Pemilik Freeport

Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan kepada kliennya sebagai pemilik Freeport. Hal itu disampaikan Lukas Enembe saat ditanya soal tambang emas miliknya.

NEWS | 26 September 2022

Ahmad Sahroni: Nasdem Umumkan Capres pada 10 November 2022

Bendahara Umum Partai Nasdem, Ahmad Sahroni mengungkap nama calon presiden (capres) dari Nasdem akan diumumkan pada 10 November 2022.

NEWS | 26 September 2022

Epidemiolog: Vaksinasi Booster Modal Cegah Long Covid-19

Vaksinasi booster Covid-19 (vaksin penguat) menjadi salah satu modal untuk mencegah terjadinya reinfeksi yang dapat menyebabkan long Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Komisi I DPR Pastikan TNI Solid Usai Panglima TNI dan Kasad Hadir Rapat

TB Hasanuddin memastikan TNI solid usai Jenderal TNI Andika Perkasa dan Jenderal TNI Dudung Abdurachman hadir bersama dalam rapat kerja dengan Komisi I.

NEWS | 26 September 2022

Peringati HUT Ke-34, GP Tibta Tabur Bunga di TMP Kalibata

GP Tibta menggelar tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta untuk memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-34 GP Tibta.

NEWS | 26 September 2022

Mantan Petinggi OPM Imbau Lukas Enembe Patuhi Hukum

Mantan petinggi OPM, Alex Ruyawri Yessi Makabori mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe agar mematuhi proses penegakan hukum di KPK.

NEWS | 26 September 2022

ISESS Belum Lihat Kapolri Bersih-bersih di Tubuh Polri

ISESS belum melihat langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi sejumlah jabatan di lingkungan Polri sebagai upaya bersih-bersih Polri.

NEWS | 26 September 2022

KPK Koordinasi ke IDI untuk Cek Kesehatan Lukas Enembe

KPK berkoordinasi dengan IDI untuk mengungkap kebenaran kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.  

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kejaksaan Masih Periksa Berkas Kasus Meme Stupa Roy Suryo

Kejaksaan Masih Periksa Berkas Kasus Meme Stupa Roy Suryo

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings