Logo BeritaSatu

IDI Papua Desak Jaminan Keamanan Para Nakes di Papua

Jumat, 17 September 2021 | 08:35 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Jakarta, Beritasatu.com- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Papua mendesak jaminan keamanan untuk para tenaga kesehatan (nakes) di Papua. Selain pemerintah, IDI juga berharap para tokoh agama, adat, dan masyarakat ikut menjaga keamanan para nakes yang sedang menjalankan tugas.

Dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/9/2021) pagi, Ketua IDI Wilayah Papua, Donald Aronggear menegaskan para nakes tidak terlibat dalam masalah politik apapun di Papua. Diharapkan, kekerasan serupa tidak terulang kembali. Para nakes ingin memberikan pelayanan kesehatan tanpa ada tekanan atau pun rasa takut sesuatu.

“Secara mental, mereka tidak menginginkan hal itu terjadi. Saya juga merasakan sesuatu yang tidak seharusnya terjadi di Papua. Dokter dan para nakes itu sangat dihormati di Papua, orang Papua seharusnya tidak bisa berbuat begitu,” sesalnya.

Pernyataan IDI dilontarkan terkait serbuan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (13/9/2021) yang menewaskan seorang tenaga kesehatan bernama Gabriella Meilani.

Menurut Donald, peristiwa kekerasan terhadap nakes akan menjadi hambatan pada program-program kesehatan yang sedang berjalan di Papua. Kekerasan ini pada akhirnya juga berdampak pada masyarakat Papua yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Saya sampaikan di sini, di manapun, namanya pengabdian tenaga kesehatan itu harus dilindungi, terlepas dari apapun. Terus terang, kita belum selesai dengan pandemi Covid-19, yang menyebabkan banyak nakes guru. Jangan lagi situasi ini ditambah dengan sesuatu yang harusnya bisa dicegah,” sesalnya.

Donald mengatakan, dalam situasi konflik apapun, penyerangan terhadap nakes tidak dibenarkan sesuai Konvensi Jenewa. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus bisa melindungi nakes secara maksimal, termasuk TNI dan Polri.

“Tidak mungkin ada nakes yang bisa masuk ke suatu daerah tanpa jaminan keamanan. Kami dari organisasi IDI wilayah Papua berharap sekali pemerintah bisa memberikan jaminan keamanan para nakes yang bertugas. Masyarakat butuh pelayanan kesehatan dan semestinya jangan dihalangi,” ujarnya.

Donald mengimbau kepada para pihak yang bertikai agar mengganggu dan melakukan aksi kekerasan terhadap para nakes. Sejauh ini, para nakes hanya berkonsentrasi pada pelayanan kesehatan masyarakat.

“Tolong jaga dan sayangilah mereka, jangan sampai memicu dampak yang merugikan bagi Papua sendiri,” tambahnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

NEWS | 27 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE