Logo BeritaSatu

Pascapenyerbuan KKB di Kiwirok, IDI Papua: Seluruh Nakes Sudah Dievakuasi ke Jayapura

Jumat, 17 September 2021 | 11:15 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Papua, dr Donald Aronggear mengatakan, seluruh tenaga kesehatan (nakes) yang selamat dari kejadian pembakaran fasilitas kesehatan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua telah dievakuasi ke Jayapura. Evakuasi tersebut menyusul tewasnya tenaga kesehatan Gabriella Meilani (22 tahun) dalam insiden penyerbuan KKB di Kiwirok.

“Saat ini, seluruh tenaga kesehatan yang selamat dari fasilitas kesehatan tersebut dievakuasi ke Jayapura,” kata Donald dalam jumpa pers virtual yang dilakukan Tim Mitigasi IDI dan IDI Wilayah Papua, Jumat (17/9/2021).

Sebagaimana diketahui, serbuan KKB di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada Senin (13/9/2021) menewaskan seorang tenaga kesehatan bernama Gabriella Meilani. Meilani dilaporkan terjatuh ke dalam jurang bersama rekannya Kritina Sampe. Kritina Sampe dengan luka-luka di sekujur tubuhnya berhasil diselamatkan, sementara Meilani tidak tertolong dan proses evakuasi jenazah Meilani masih akan dilanjutkan hari ini oleh petugas.

Donald mengatakan, IDI Wilayah Papua mengecam tindakan aksi tersebut dan menyerukan pernyataan sikap meminta jaminan keamanan dan keselamatan tenaga kesehatan medis demi kelancaran pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Papua. Pernyataan tertulis tersebut ditujukan kepada Gubernur Papua,

“Kami meminta kepada pemerintah daerah provinsi Papua beserta TNI-Polri untuk menjamin keamanan dan keselamatan tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh wilayah Papua, juga meminta kepada pemerintah provinsi Papua melakukan koordinasi dengan pemerintah kotamadya/kabupaten, para tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat untuk ikut terlibat dalam menjaga keamanan para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas,” ucapnya.

“Kami juga berharap kejadian serupa tidak lagi berulang sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan dengan tenang tanpa ada tekanan maupun rasa takut,” sambungnya.

Donald menyebutkan, IDI Papua bersama dengan 250 nakes menggelar aksi berjalan kaki atau long march damai mengelilingi jalan protokol di Oksibil, Ibu Kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis, (16/17/2021).

Hal ini sebagai ungkapan rasa dukacita dan penghormatan bagi Gabriella Meilani, perawat puskesmas Kiwirok, yang menjadi korban serangan kelompok kriminal bersenjata. Para tenaga kesehatan memasang pita hitam seraya menyalakan 1.000 lilin di sepanjang jalan sebagai tanda dukacita.

Donald menjelaskan, berkurangnya nakes medis di wilayah mana pun di Papua terutama di wilayah pedalaman akan sangat berdampak terhadap masyarakat Papua, terutama yang sedang membutuhkan bantuan kesehatan, terutama di tengah situasi pandemi saat ini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pembangunan Permukiman di Pulau G Masih Pengarahan

Kawasan reklamasi pulau G diarahkan untuk kawasan permukiman baru sebatas pengarahan dan belum terwujud

NEWS | 30 September 2022

Eks Pegawai KPK Minta Febri dan Rasamala Mundur dari Tim Kuasa Hukum Sambo

Eks Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo meminta agar Febri Diansyah dan Rasamala Aritonang mundur sebagai kuasa hukum Sambo

NEWS | 30 September 2022

Penyebab Kematian Ratu Elizabeth Terungkap dalam Sertifikat

Penyebab kematian Ratu Elizabeth terungkap dalam sertifikat yang diterbitkan oleh National Records of Scotland.

NEWS | 30 September 2022

Putri Candrawathi Berharap Sidang Kasus Brigadir J Segera Digelar

Putri Candrawathi berharap sidang kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir J yang menjeratnya sebagai tersangka dapat segera digelar.

NEWS | 30 September 2022

Hari Ini Febri Diansyah Dampingi Putri Candrawathi Wajib Lapor

Pengacara Putri Candrawathi, Febri Diansyah akan mendampingi kliennya untuk menjalani wajib lapor pada hari ini, Jumat (30/9/2022)

NEWS | 30 September 2022

Kisah Alumni S2 Universitas Prasmul Berhasil Masuk Big 4

Skillset yang diajarkan di Magister Manajemen Universitas Prasetiya Mulya berhasil membantu Astrini Nurul Sentanu menjadi bagian dari perusahaan Big 4.

NEWS | 30 September 2022

Senat AS Setujui Paket Bantuan Rp 182 Triliun untuk Ukraina

Voting Senat AS meloloskan RUU pendanaan yang mencakup US$ 12 miliar (Rp 182 triliun) paket bantuan militer dan ekonomi tambahan untuk Ukraina.

NEWS | 30 September 2022

Pencaplokan Wilayah Ukraina, AS Tolak Akui Klaim Rusia

Amerika Serikat (AS) tidak akan pernah mengakui klaim Rusia atas pencaplokan wilayah Ukraina yang berdaulat.

NEWS | 30 September 2022

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

Pengelola Yayasan Ayah Sejuta Anak dibekuk aparat Polres Bogor dalam kasus dugaan jual beli bayi.

NEWS | 30 September 2022

Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang dikuasai ke Rusia pada Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pembangunan Permukiman di Pulau G Masih Pengarahan

Pembangunan Permukiman di Pulau G Masih Pengarahan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings