Logo BeritaSatu

UGM Luncurkan Program Beasiswa Dato' Low Tuck Kwong – Purnomo Yusgiantoro Center

Sabtu, 18 September 2021 | 11:40 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan program beasiswa Dato’ Low Tuck Kwong – Purnomo Yusgiantoro (PYC), pada Sabtu (18/9/2021).

Sumber pendanaan beasiswa berasal dana abadi (Endowment Fund) yang disumbangkan Presiden Direktur PT Bayan Resources Tbk, Dato’ Low Tuck Kwong kepada UGM sebesar Rp 50 miliar, yang dikelola PYC.

Peluncuran yang digelar secara daring, dihadiri Presiden Direktur PT Bayan Resources Tbk, Dato’ Low Tuck Kwong Pembina yang juga Pendiri PYC Purnomo Yusgiantoro, Dewan Pembina PYC Lis Yusgiantoro, Chairperson PYC Filda C Yusgiantoro, Rektor UGM Panut Mulyono, dan 311 mahasiswa penerima beasiswa.

“Atas nama UGM, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dato' Dr Low Tuck Kwong dan Profesor Purnomo Yusgiantoro beserta jajarannya di PYC atas kedermawanan Dr Low Tuck Kwong serta pengaturan yang luar biasa PYC sehingga dapat mengadakan donatur atau hibah untuk dana abadi kepada UGM sebesar Rp 50 miliar dari Dato' Dr Tuck Kwong,” kata Rektor UGM Panut Mulyono dalam sambutannya.

Ia mengatakan, pemberian dana abadi adalah sesuatu yang luar biasa. Sebab dari dana ini, UGM dan PYC, dapat memberikan beasiswa dari hasil usaha dan pemanfaatan dana abadi Rp 50 miliar.

“Kecuali penghargaan dan apresiasi yang luar biasa kepada Dato' dan PYC, kami juga mengucapkan selamat kepada adik-adik para penerima beasiswa dari PYC ini,” ujarnya.

Panut berharap para mahasiswa penerima beasiswa dapat terus meningkatkan prestasinya dalam studinya di UGM dan memanfaatkan sebaik-baiknya masa studi S-1 selama 4 tahun di perguruan tinggi itu.

“Harapannya selama studi 4 tahun ini, adik-adik bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya di UGM dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya di luar kampus dengan berbagai program dan kesempatan yang diberikan seluas-luasnya melalui Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka,” ujarnya.

Panut optimistis para mahasiswa penerima beasiswa nantinya akan menjadi pemimpin bangsa, yang akan menentukan kemajuan bangsa Indonesia.

Dijelaskan, secara keseluruhan jumlah penerima beasiswa sebanyak 311 mahasiswa, dengan total dana yang diberikan Rp 2,5 miliar. Adapun rinciannya kategori beasiswa prestasi akademik dan berasal dari ekonomi kurang mampu sebanyak 180 peserta dengan nominal Rp 8.400.000 per tahun atau total Rp 1,5 miliar, kategori prestasi nonakademik, ketua UKM atau komunitas mahasiswa di UGM sebanyak 73 penerima beasiswa dengan nominal Rp 8.000.000 per tahun sebanyak Rp 584 juta.

Selanjutnya, kategori beasiswa prestasi nonakademik penelusuran bibit unggul berprestasi (PBUP) bidang olahraga dan seni sebanyak 38 mahasiswa dengan nominal Rp 8 juta per tahun sehingga totalnya Rp 304 juta. Dan, kategori beasiswa tugas akhir sebanyak 20 penerima dengan nominal Rp 5juta per tahun totalnya Rp 100juta, total yang diberikan pada peluncuran ini sebanyak Rp 2,5 miliar.

“Sekali lagi, kami mengucapkan selamat kepada adik-adik. Beasiswa tentu saja tidak mencukupi kebutuhan selama belajar di UGM, tapi paling tidak beasiswa ini telah memberikan banyak hal yang bisa dibiayai. Semoga melalui pemberian beasiswa ini, adik-adik makin mantap dan nyaman sehingga prestasi membanggakan dapat diraih. Masa depan bangsa ini ada di tangan adik-adik penerima beasiswa,” kata Panut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Gempa Cianjur: BMKG Ungkap 4 Penyebab Kerusakan Bangunan

BMKG memaparkan empat faktor utama penyebab kerusakan bangunan akibat guncangan gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 2 Desember 2022

Wapres Harap Yudo Margono Teruskan Kebijakan Keamanan Papua

Wapres berharap Laksamana TNI Yudo Margono, sebagai calon panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa, dapat melanjutkan kebijakan keamanan di Papua.

NEWS | 2 Desember 2022

Kematian Covid-19 Jadi Proporsional, Pakar: Percepat Booster

Dicky Budiman menyatakan bahwa pemerintah harus segera mempercepat vaksinasi Covid-19 booster pertama dan kedua karena kasus kematian jadi proporsional.

NEWS | 2 Desember 2022

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

Berdiri di Meja Saat Jumpa Pers, Jarred Brooks Jadi Musuh Warga Filipina

SPORT | 51 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE