Logo BeritaSatu

Ini Rekam Jejak Pimpinan MIT Poso Ali Kalora

Sabtu, 18 September 2021 | 23:06 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM



Jakarta, Beritasatu.com - Pimpinan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora bersama anggotanya Jaka Ramadhan tewas dalam kontak tembak dengan Satgas Madago Raya, di daerah Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sabtu (18/9/2021).

Dari berbagai informasi yang dihimpun Beritasatu.com, aparat keamanan sejak lama memburu pentolan kelompok MIT ini. Aparat keamanan menilai, tindak tanduk Ali Kalora, yang mempunyai nama asli Ali Ahmad, sudah sangat meresahkan masyarakat. Selama bergabung dengan jaringan teroris MIT, Ali Kalora kerap kali melakukan tindakan sadis seperti pembunuhan terhadap satu keluarga yang terdiri dari empat orang di Dusun Lepanu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Jumat, 27 November 2020, sekitar pukul 09.00 Wita.

Saat masih bersama dengan Santoso, Ali Kalora juga pernah menghabisi nyawa tiga warga Desa Tangkura Sabtu, 17 Januari 2015. Ketiga warga tersebut yakni, Moudi Alipa, Aditya Tetembu, dan Hery Tobio

Tidak hanya itu, kelompok ini juga seringkali melakukan penyerangan dan pembunuhan terhadap aparat keamanan. Salah satunya, penyerangan terhadap anggota Brimob Polda Sulteng yang tengah berpatroli pada Desember 2012.

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, Pimpinan MIT Ali Kalora pernah menggegerkan karena menyembelih banyak warga dengan sadis di Sulteng.

"Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Ali Kalora yang pernah menggegerkan karena menyembelih banyak warga dengan sadis di Sulteng, setelah buron hampir setahun, hari ini ditembak mati Densus AT/88. Ia ditembak bersama seorang anak buahnya Ikrimah, Masyarakat harap tenang," cuit Mahfud dalam akun pribadinya@mohmahfudmd, yang dikutip Beritasatu.com, Sabtu (18/9/2021) malam.

Sementara itu, informasi yang diperoleh, Satgas Mandago Raya menyita sejumlah barang setelah peristiwa baku tembak tersebut. Adapun barang bukti yang disita yakni, antara lain, 1 pucuk senjata M16; 2 hammelok; 2 ransel; 2 jaket; 3 chestrig; 2 selimut; 1 sarung; 3 celana; 1 senter kepala; 1 benang lilit; 1 belanga plus daging; 2 kaos kaki; 1 headset; 1 kepala charger; 1 gunting; garam; 2 baju kaos; 1 kantong tepung kecil isi beras; 1 kantong tepung kecil isi obat-obatan.

Kontak tembak antara Satgas Madago Raya dengan kelompok teroris Poso ini terjadi pukul 18.00 WIB sekitar 5 Km dari TKP Buana Sari yang mengakibatkan Jaka Ramadhan alias Ikrima alias Rama meninggal dunia.

Saat ini, jasad kedua teroris tersebut masih di lokasi kontak tembak dan rencananya akan dievakuasi untuk selanjutnya dilakukan identifikasi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE