Logo BeritaSatu

Alternatif Penanganan Lapas Overcrowded, BNN Percepat Putusan Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Senin, 20 September 2021 | 18:18 WIB
Oleh : Stefani Wijaya/Carlos KY Paath / CAR

Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (PLRIP) Deputi Bidang Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), Bina Ampera Bukit menegaskan pihaknya berkomitmen mempercepat peneatapan atau putusan rehabilitasi pengguna narkoba. Hal ini menjadi alternatif penanganan lembaga pemasyarakatan (lapas) overcrowded.

“Peran BNN memberikan alternatif. Memang sudah ada peraturan terkait dengan penanganan pecandu ke dalam lembaga rehabilitasi,” kata Bina dalam acara diskusi bertajuk “Mencari Jalan Keluar Overcrowded di Tempat-tempat Tahanan” secara virtual, Senin (20/9/2021).

Bina mengatakan sudah ada peraturan bersama terkait dengan penanganan pecandu ke dalam lembaga rehabilitasi. Dikatakan, BNN berperan aktif dalam menerbitkan rekomendasi bagi klien yang mengalami proses hukum melalui asesmen terpadu.

“BNN juga melakukan dukungan asesmen bagi warga binaan di lapas yang bekerja sama dengan Ditjenpas apakah seseorang harus di rehabilitasi atau tidak,” ujarnya.

Selain itu, BNN telah menyediakan tempat rehabilitasi. Walaupun, di seluruh Indonesia baru ada enam, tetapi BNN sudah menyiapkan tempat serta dukungan peningkatan kemampuan untuk petugas lapas.

“Rehabilitasi merupakan alternatif pemenjaraan bagi pecandu narkotika. Jika pemenjaraan adalah satu-satunya pilihan, maka pengobatan harus diberikan/tersedia di penjara,” katanya.

Diketahui, sekitar 70% penghuni lapas diisi warga binaan terkait kasus narkotika. Berdasarkan survei BNN-LIPI pada 2019 sekitar 1,8% penduduk Indonesia atau 3,4 juta orang usia 15-64 tahun menggunakan narkoba dalam satu tahun terakhir.

Selain Bina, turut hadir sebagai pembicara Wakil Ketua Eksternal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Amiruddin Al Rahab, Direktur Jendral Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, Koordinator Komnas Perempuan dan Tim Kerja Sama untuk Pencegahan Penyiksaan Sandrayati Moniaga, Direktur Institute of Criminal Justice Reform Erasmus Napitupulu, dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Vinita Susanti.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022

Komisi I DPR Belum Bisa Lakukan Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menegaskan pihaknya belum bisa langsung melakukan fit and proper test kepada calon Panglima TNI.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

NEWS | 41 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE