Logo BeritaSatu

Pembelajaran Tatap Muka, Sekolah dan Orang Tua Wajib Jaga Prokes Anak

Selasa, 28 September 2021 | 20:41 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com – Sebagian besar sekolah di Indonesia sudah memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai bulan September ini seiring melandainya kasus Covid-19. Untuk menghindari klaster baru, sekolah dan orang tua wajib menjaga protokol kesehatan (prokes) pada anak.

Konsultan dokter spesialis anak dari Makuku Family, dr. Andreas mengatakan PTM perlu memperhatikan kesiapan sekolah. “Sekolah wajib menjaga prokes, kesiapannya bukan cuma soal wastafel atau ruang kelas, tetapi mental guru-guru menghadapi anak yang ricuh dan tidak mengikuti protokol kesehatan," kata dr. Andres webinar bertema “Menghadapi Sekolah Tatap Muka, Sudah Siapkah Parents?” yang diselenggarakan Makuku Family sebagai brand ibu dan anak, Selasa (28/9/2021).

Menurut Andreas, sekolah juga harus memastikan semua sarana dan prasarana siap untuk kondisi darurat, misalnya ketika tiba-tiba ada anak yang demam.

Di pihak orang tua, harus memastikan anak selalu mematuhi protokol kesehatan. "Bagaimana pakai maskernya, harus benar-benar diajari jangan cuma menyuruh,” tambahnya.

Menurut dia, orang tua juga harus mengetahui gejala infeksi virus corona pada anak. “Kasus Covid-19 pada anak sering tidak langsung ketahuan seperti orang dewasa. Gejalanya ringan seperti tiba-tiba lemas, bahkan demamnya pun tidak terlalu tinggi. Ini yang perlu diperhatikan," pungkasnya.

Menurut dia, keputusan pemerintah menerapkan PTM setelah melihat kasus positif dan angka kematian turun. Namun perlu diingat bahwa cakupan vaksinasi anak usia 12-18 tahun di Indonesia belum sampai 80%. "Masalahnya lagi, ketersediaan fasilitas tes PCR di daerah belum sama dengan di Jabodetabek. Ini harus hati-hati juga,” kata dr Andreas.

Influencer Zee Zee Shahab, ibu dua anak yang menghadapi sekolah tatap muka mengungkapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang berlangsung hampir 2 tahun bukan metode yang ideal. “Anakku yang pertama umur 8 tahun, masuk SD kelas 1 pas pandemi. Dia sampai nggak tahu nama teman-teman kelasnya. Sekarang dia jadi suka gampangin masalah. Kalau gak bisa, aku tinggal googling atau panggil mommy aja,” kata Zee Zee.

Meski belajar di rumah banyak kelemahan, bukan berarti Zee Zee sudah siap melepas anaknya kembali ke sekolah. “Jujur ya, aku belum siap dengan konsekuensinya. Untuk sekarang sekolah online lebih baik. Kalau anak SMP atau SMA mungkin sudah mengerti protokol kesehatan. Namun kalau SD belum waktunya ya, bisa langsung lepas masker dan lupa jaga jarak,” tambahnya.

CEO Makuku Family, Jason Lee mengungkapkan webinar ini diperlukan untuk membantu orang tua agar lebih siap menghadapi sekolah tatap muka, terutama dari segi kesehatan. “Kita ingin sharing tentang informasi kesehatan. Terutama bagaimana cara kita mengurangi atau mencegah penyebaran Covid-19 selama PTM,” kata Lee.

Brand Representative Makuku Family, Chairunissa mengatakan, terlepas apakah orang tua mengizinkan anaknya mengikuti PTM atau tidak, namun gaya hidup sehat harus menjadi prioritas, terlebih di saat pandemi. “Salah satunya membawa peralatan makan minum sendiri. Tidak berbagi alat dengan orang lain,” pesan Icha.

Terkait dengan itu, Makuku Family memiliki beragam produk dari berbagai brand yang dipilih dengan proses seleksi ketat, dari Korea Selatan, Jepang, hingga Jerman. Salah satunya Rovco dan Alfresh sebagai produk unggulan Makuku Family.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kampus Pembangunan Karakter Bangsa Beri Pin Kehormatan untuk Hasto Kristiyanto

Ermaya Suradinata memberikan pin emas sebagai bentuk kehormatan revolusi mental kepada Hasto Kristiyanto sebagai pakar geopolitik.

NEWS | 27 September 2022

DPR Minta KPK Tak Ragu Jemput Paksa Gubernur Lukas Enembe

Anggota Komisi III DPR Habiburokhman meminta KPK tidak perlu ragu-ragu untuk menjemput paksa Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 27 September 2022

Gandeng UKDW, Greatedu Dukung Program Merdeka Belajar

Platform pendidikan digital, Greatedu dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta sepakat mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

NEWS | 27 September 2022

Kasus Lukas Enembe, KPK Tak Segan Ambil Tindakan Keras

Kasus Lukas Enembe, KPK menegaskan tidak akan segan mengambil tindakan keras dalam penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur Papua tersebut.

NEWS | 27 September 2022

Kepala Sekolah Berperan Penting Gelorakan Indonesia Hebat

Kepemimpinan Indonesia diawali dan digelorakan dari sekolah-sekolah, dari anak-anak didik yang memiliki semangat untuk meraih cita-cita.

NEWS | 27 September 2022

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lewat WMM, Bank Mandiri Dorong Lahirnya Wirausaha Muda

Lewat WMM, Bank Mandiri Dorong Lahirnya Wirausaha Muda

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings