Logo BeritaSatu

Wapres Ingatkan Pembangunan Tak Boleh Korbankan Lingkungan Hidup

Senin, 4 Oktober 2021 | 19:03 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin mengingatkan agar lingkungan hidup tidak dikorbankan dalam program pembangunan fisik yang dilakukan di seluruh Indonesia. Pembangunan yang berkelanjutan atau sustainable development harus menjadi pilihan.

Menurut Ma’ruf, pembangunan berkelanjutan merupakan sebuah konsep yang ditawarkan sebagai solusi atas kerusakan lingkungan yang terjadi sebagai dampak negatif aktivitas manusia. Demikian juga aktivitas di bidang ekonomi yang tidak memperhatikan kepentingan lingkungan hidup.

“Dengan menerapkan konsep pembangunan berkelanjutan, yaitu pembangunan yang dilaksanakan dengan menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial dan kelestarian ekosistem pendukungnya, diharapkan terwujud kesejahteraan bagi masyarakat dari satu generasi ke generasi selanjutnya,” ujar Ma’ruf dalam acara webinar International Conference On Islamic Studies (ICIS) bertema “Islam And Sustainable Development” di Jakarta, Senin (4/10/2021).

Menurutnya, konsep ini sesuai dengan ajaran Islam. Sebab, Islam pada dasarnya memerintahkan agar manusia berusaha semaksimal mungkin untuk memakmurkan bumi. Namun, jangan membuat kerusakan di muka bumi.

“Islam mendorong dalam memakmurkan bumi agar dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak melakukan pengrusakan lingkungan,” kata Ma’ruf.

Prinsip-prinsip keberlanjutan juga menjadi dasar dalam ekonomi dan keuangan syariah, melalui berbagai bentuk aktivitas ekonomi dan sosial berdasarkan tuntunan agama Islam.

Ma’ruf berharap acara ICIS akan menghasilkan dan memberikan sumbangan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan.

“Saya harapkan pula berbagai hasil kajian dan diskusi dalam forum ini juga dapat memberikan masukan-masukan bagi penguatan ekonomi dan keuangan syariah dalam kerangka perencanaan pembangunan berkelanjutan baik nasional maupun global,” kata Ma’ruf.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings