Logo BeritaSatu

Kadet Mahasiswa Unhan Resmi Menjadi Komponen Cadangan Pertahanan Negara

Kamis, 7 Oktober 2021 | 18:20 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Bandung, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah menetapkan Komponen Cadangan (Komcad) Pertahanan Negara melalui suatu upacara kebesaran di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Komando Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus Kopassus), Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). Kadet mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) menjadi bagian dari komponen cadangan tersebut.

Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen (Purn) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Jokowi saat pemeriksaan pasukan. Menhan Prabowo juga menyampaikan laporan resmi tahapan pelaksanaan pembentukan Komcad.

Sebanyak 604 kadet mahasiswa S1 Unhan yang terbagi ke dalam dua batalyon mengikuti parade upacara dan defile pasukan. Batalyon 1 Unhan berpangkat sersan kadet dari Cohort 1 dan batalyon 2 Unhan berpangkat kopral kadet dari Cohort 2.

Sejak Sabtu (2/10/2021) kedua batalyon Unhan sudah berlatih bersama lima batalyon Komcad Matra Darat dari Rindam Kodam Jaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, dan Kodam XII/Tanjungpura. Setelah resmi sebagai Komcad, maka para kadet mahasiswa Unhan akan melanjutkan pendidikan sampai dengan selesai hingga nantinya dilantik sebagai perwira TNI.

Kadet Mahasiswa Unhan Resmi Menjadi Komponen Cadangan Pertahanan Negara

Rektor Unhan Laksmana Madya (Laksdya) Amarulla Octavian mengatakan, penetapan Komcad merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

“Penetapan Komcad juga sesuai dengan hukum internasional sebagaimana diselenggarakan oleh banyak negara di dunia guna memenuhi kewajiban untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayah,” ujar Laksdya Octavian yang turut menghadiri acara tersebut.

Dikatakan, Komcad juga memiliki daya tangkal sekaligus daya penggentar untuk menghadapi berbagai bentuk ancaman militer, ancaman nonmiliter, dan ancaman hibrida.

“Tahun depan direncanakan pembentukan beberapa batalyon Komcad matra darat bersama satu batalyon matra laut dan satu batalyon matra udara,” kata Rektor Unhan.

Acara juga dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan kepala staf dari tiga angkatan. Hadir pula sejumlah anggota DPR, DPRD Provinsi Jawa Barat, dan para atase pertahanan dari negara-negara sahabat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 55 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings