Logo BeritaSatu

BNPT dan LPSK Gelar Pelatihan Kewirausahaan untuk Penyintas Terorisme

Rabu, 13 Oktober 2021 | 18:21 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), senantiasa melakukan berbagai upaya pendampingan dan pemberian bantuan kepada saksi dan korban tindak pidana terorisme. Hal ini menjadi salah satu upaya konkret pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk memberikan dukungan terhadap para penyintas terorisme.

Upaya itu diwujudkan BNPT dan LPSK dengan menggelar Training Self Love dan Orientasi Pelatihan Kewirausahaan Sosial kepada para penyintas terorisme di Bali, Rabu (13/10/2021). Pelatihan ini diikuti sekitar 90 peserta yang terdiri dari 50 luring, dan 40 secara daring, yang berasal dari Jakarta, Bali, Surabaya Jawa Timur dan Sulawesi Tengah. Pelatihan ini didukung oleh Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun, Peach Generation Indonesia, dan UNODC.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan dukungan terhadap pelatihan ini merupakan wujud BNPT hadir dengan memberikan penguatan fisik, psikis, sosial, dan finansial kepada para penyintas. Harapannya para penyintas dapat bangkit dari kedukaan masa lalu dan merencanakan masa depan yang lebih baik, bahkan memenuhi kebutuhan mereka selama keadaan darurat seperti pandemi Covid-19.

"Pelaksanaan hari ini merupakan salah satu wujud bantuan rehabilitasi sosial, Kemandirian dalam aktifitas perekonomian untuk memulihkan kondisi sosial para korban, sehingga mampu menjalankan fungsi sosialnya kembali secara normal. Program ini ditujukan untuk memberikan penguatan, pemberdayaan, dan pemulihan kepada para korban agar memiliki keterampilan kerja dan mampu membuka wirausaha di tengah-tengah masyarakat, ini bentuk konkret kepedulian kita kepada penyintas," ucap Boy.

BNPT juga telah membentuk Forum Silaturahmi Penyintas (Forsitas) yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi di antara para korban terorisme serta dapat saling menguatkan satu sama lain. BNPT telah menyelenggarakan beberapa pertemuan sebagai tindak lanjut dari Forsitas dan berharap forum tersebut menjadi wadah bagi seluruh penyintas terorisme untuk bertukar informasi dan memperkuat kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

Boy berharap kegiatan ini dapat memperkuat upaya bersama dalam mendukung penyintas terorisme, termasuk memastikan pemenuhan hak-hak penyedia penyediaan pendampingan dan akses terhadap keadilan.

Sementara itu, Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan kegiatan ini merupakan langkah pertama dalam rangkaian kegiatan psikososial pelatihan Kewirausahaan untuk pemulihan korban tindak pidana yang akan diselenggarakan pada November 2021. Bentuknya, berupa pelatihan wirausaha sebagai barista dan frozen food. Hasto berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

NEWS | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings