Logo BeritaSatu

Aplikasi PeduliLindungi di Tempat Wisata Ngawi Terkendala Sinyal Internet

Rabu, 13 Oktober 2021 | 23:06 WIB
Oleh : JEM

Ngawi, Beritasatu.com - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata yang ada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) terkendala kelancaran sinyal internet, utamanya untuk daya tarik wisata di daerah pegunungan.

Salah satu aplikasi PeduliLindungi yang belum dapat maksimal digunakan adalah yang berada di tempat wisata Hargo Dumilah di Desa Setono, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Letaknya yang ada di daerah lereng Gunung Lawu membuat wisatawan susah untuk mengakses apilkasi PeduliLindungi karena jaringan sinyal internet kurang kuat.

"Tidak ada sinyal di daerah sini. Sehingga tidak bisa mengakses PeduliLindungi saat akan masuk wisata kolam renang air Gunung Lawu Hargo Dumilah Ngawi," ujar salah satu wisatawan asal Madiun, Dwi Kartiko, Rabu 913/10/2021).

Karena tidak dapat mengakses PeduliLindungi, pihaknya menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas saat hendak masuk tempat wisata tersebut. Meski demikian, ada juga wisatawan yang langsung masuk, tanpa menunjukkan kartu vaksin ataupun aplikasi PeduliLindungi.

Kendala jaringan internet dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk tempat wisata Ngawi di daerah pegunungan dibenarkan oleh pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) setempat.

"Tidak semua provider sinyalnya bagus dalam menjangkau kawasan wisata di pegunungan. Hanya beberapa yang bisa. Selain itu, juga ditemukan pengunjung yang gawainya tidak mendukung untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi," kata Kepala Bidang Pariwisata, Disparpora Ngawi Totok Sugiharto.

Selama masa uji coba, wisatawan tetap bisa masuk kawasan wisata meskipun tanpa aplikasi PeduliLindungi. Namun wisatawan harus menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas.

Pihaknya telah meminta pengelola tempat wisata agar membentuk tim khusus yang bertugas mengawasi penerapan protokol kesehatan di tempat wisata. Selain itu, tim tersebut juga akan memberikan edukasi kepada pengunjung terkait penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi tidak hanya digunakan untuk akses masuk ke tempat wisata saja. Aplikasi itu juga akan berlaku sebagai syarat masuk di seluruh tempat kegiatan sektor publik.

"Seperti masuk mal, kantor, stasiun, tempat makan semuanya nanti menggunakan aplikasi PeduliLindungi," katanya.

Ia terus mendorong para pelaku wisata di wilayahnya untuk menggunakan apilikasi PeduliLindungi yang menjadi salah satu persyaratan guna mewujudkan wisata yang aman dan sehat di masa PPKM pandemi Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings