Logo BeritaSatu

Ibadah Penghiburan 85 Tahun Almarhum Sabam Sirait, Ahok Pimpin Doa Syafaat

Rabu, 13 Oktober 2021 | 23:23 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Suasana duka masih menyelimuti keluarga almarhum deklarator PDI Sabam Sirait. Hal ini terlihat dari wajah istri, anak dan cucu almarhum saat menggelar ibadah penghiburan ulang tahun ke-85 mendiang Sabam Sirait.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapatkan kesempatan memimpin doa syafaat ibadah penghiburan 85 tahun almarhun Sabam Sirait di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Rabu (13/10/2021).

Setelah melantunkan lagu gerejawi dan khotbah yang dibawakan oleh pendeta, Ahok kemudian membacakan doa syafaat.

Sebanyak 17 orang keluarga besar almarhum Sabam Sirait hadir dalam acara yang digelar sederhana dengan protokol kesehatan yang ketat itu. Karena masih dalam suasana PPKM hanya ada 25 kursi. Sebanyak 17 kursi diisi oleh keluarga besar almarhum, sisanya 8 kursi lagi diisi oleh tamu undangan.

Selain istri tercinta dr Sondang Sidabutar, tampak hadir dalam ibadah penghiburan yakni anak sulung Maruarar Sirait, menantu Putra Nababan, Batara Sirait, serta semua anak dan cucu almarhum Sabam Sirait.

Sementara tamu undangan yang hadir di antaranya Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), Bernard Nainggolan, dan sejumlah pengurus Yayasan Komunikasi Indonesia.

Acara ibadah yang dilakukan di pusara almarhum Sabam Sirait itu berlangsung langsung lancar. Cuaca yang sempat mendung pada sore hari itu kemudian berangsur cerah.

Istri tercinta Sabam Sirait, dr Sondang Sidabutar berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia di mana pun berada atas doa yang disampaikan kepada almarhum dan keluarga besar.

"Begitu banyak orang mendoakan kami. Tolong sampaikan terima kasih saya kepada semua rakyat Indonesia yang begitu baik. Mereka datang dan memberikan doa dari jauh untuk suami saya dan keluarga kami," ucap dr Sondang.

Dokter Sondang yang sebentar lagi menginjak usia 80 tahun itu mengaku tak menyangka begitu banyak orang yang datang melayat almarhum Sabam Sirait walaupun harus melakkan protokol kesehatan Covid-19.

"Banyak juga telepon dan doa untuk kami. Terimakasih atas doa dan ucapan belasungakawanya," tutur dr Sondang.

Dalam kesempatan tersebut Yasonna Laoly kepada keluarga besar almarhum menuturkan bahwa dirinya sangat mengagumi sosok Sabam Sirait. Sejak masih menjadi mahasiswa di Medan, Sumatera Utara. Yosanna mengatakan, garis politik Sabam Sirait yang diikutinya di PDI Perjuangan.

"Bang Sabam teladan bagi saya dan semua adik-adik di GMKI. Beliau telah menunaikan segalanya dengan baik. Ini kesaksian bagi kami adik-adiknya, tentu Maruarar dan cucu bahwa bang Sabam orang hebat, konsisten, dan berintegritas," ucap Yasonna.

Menurut Yasonna, Sabam Sirait merupakan petarung politik, dan tidak tunduk pada kekuasaan di masa Orde Baru. Tak hanya di tingkat nasional tapi juga di tingkat internasional.

"Banyak harapan yang diberikan bang Sabam untuk bangsa ini. Cucu-cucu dapat meneladani kakeknya. Saya masih ingat, Bang Sabam katakan bahwa dirinya bangga menjadi Ketua Pansus Otsus Papua. Untuk meneruskan perjuangan bang Sabam, beban itu sangat berat," ucapnya.

Saat ini, kata Yasonna, bagaimana meneruskan legacy almarhum Sabam Sirait. "Kami akan meneruskan cita-citanya," tambah Yasonna.

Sementara Ahok mengenang almarhum Sabam Sirait saat masih menjadi Bupati Belitung Timur. Awal pertemuan, pak Sabam, menguji Ahok dengan bertanya apakah benar mau masuk ke dunia politik.

"Saya masih ingat sekali almarhum ngomong sama saya gini, ngapain kau masuk politik, dagang saja lebih kaya, masuk politik itu susah, sangat susah, dagang saja katanya. Terus saya cerita panjang lebar, dan saya jadi yakin salah satu memang niat saya membantu yang miskin dan membutuhkan pertolongan," ucap Ahok menirukan obrolannya dengan Sabam Sirait.

Ahok menyatakan, Sabam Sirait menjadi menjadi contoh yang baik sehingga dirinya mengaguminya. "Saya kagum sama beliau," kata Ahok.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings