Logo BeritaSatu

Wamenag: Utsawa Dharmagita, Wahana Perkuat Literasi Keagamaan Hindu

Senin, 18 Oktober 2021 | 19:10 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi mengapresiasi digelarnya Utsawa Dharmagita yang merupakan ajang kompetisi para pemuda dalam olah seni suara kidung suci keagamaan Hindu. Menurut Wamenag, Utsawa Dharmagita sangat strategis dalam penguatan literasi keagamaan umat Hindu.

“Salah satu cara untuk meningkatkan literasi agama adalah melalui Dharmagita, yaitu nyanyian atau kidung suci keagamaan,” terang Wamenag saat memberi sambutan pada pembukaan Utsawa Dharmagita di Jakarta, Minggu (17/10/2021).

Dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Senin (18/10/2021), kompetisi ini dilaksanakan secara hybrid, daring dan luring. Para peserta adalah perwakilan provinsi se-Indonesia. Utsawa Dharmagita 2021 dibuka oleh Presiden Joko Widodo melalui sambutan yang ditayangkan secara virtual.

Hadir dalam pembukaan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, para pandita dan pinandita, sejumlah gubernur, bupati, dan wali kota, anggota DPR dan DPD, ketua Dharma Adhyaksa, ketua umum pengurus harian, dan ketua Sabha Walaka Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).

Hadir juga, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Tri Handoko Seto, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, dan Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Samodro.

“Salah satu media pelestarian dan pengembangan Dharmagita adalah melalui kegiatan Utsawa Dharmagita. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembuktian kemampuan olah seni suara para peserta/utusan dari provinsi di seluruh Indonesia,” imbuh Zainut.

Menurutnya, Utsawa Dharmagita tingkat nasional bukan hanya hajatan kompetisi belaka atau hanya untuk mencari juara. Lebih Utsawa Dharmagita adalah sebagai langkah untuk mengenalkan agama Hindu kepada generasi muda agar lebih dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ajang Utsawa Dharmagita juga merupakan sarana umat Hindu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan menggali makna holistik ajaran Hindu untuk dijadikan spirit berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Zainut menyebutkan keberadaan Dharmagita di kalangan umat Hindu memiliki keragaman dalam bahasa, irama lagu, dan cara-cara melantunkannya. Dharmagita cermin kekayaan budaya umat Hindu di bidang seni yang juga membangkitkan rasa spiritual keagamaan sesuai daerah masing-masing.

“Nilai-nilai ajaran agama Hindu yang adiluhur tersirat di dalam pustaka-pustaka suci Hindu, baik yang berbahasa Sansekerta, Jawa Kuno maupun yang berbahasa daerah. Susastra Hindu tersebut perlu digali dan diaktualisasikan melalui seni keagamaan agar memudahkan pemahaman dan penghayatannya,” tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya tetap semangat dalam melayani masyarakat saat menjenguk korban bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Bertahan di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Takut Pulang

Para korban gempa Cianjur banyak yang memilih bertahan di pengungsian. Korban gempa Cianjur mengaku trauma dan masih takut untuk pulang ke rumah mereka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bantah Tembak Brigadir J, Ferdy Sambo Dicecar Hakim

Ferdy Sambo dicecar oleh majelis hakim PN Jaksel karena terus membantah turut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Tahanan Polsek Astana Anyar Dipindahkan Usai Bom Bunuh Diri

Pelayanan dan tahanan Polsek Astana Anyar dipindahkan ke Mapolrestabes Bandung usai bom bunuh diri yang menghancurkan Mapolsek Astana Anyar. 

NEWS | 7 Desember 2022

Terpidana Bom Bali I, Umar Patek Bebas Bersyarat Hari Ini

Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham menyatakan, Hisyam bin Alizein alias Umar Patek, terpidana bom Bali I bebas bersyarat mulai hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Setelah Menikah, Kaesang dan Erina Tak Akan Tunda Momongan

Kaesang Pangarep mengaku akan langsung tancap gas untuk punya momongan setelah resmi menikah dengan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Ferdy Sambo tidak sudi disebut pembohong, meski hasil poligraf atau uji kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J menyatakan Ferdy Sambo tidak jujur.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri Bandung tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

KPK Tangkap Ra Latif dan 5 Pejabat Pemkab Bangkalan, Ini Daftarnya

KPK menangkap Bupati Bangkalan, AbduI Latif Amin Imron atau Ra Latif dan lima pejabat di Pemkab Bangkalan terkait kasus jual beli jabatan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Bharada E Pastikan Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menegaskan Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE