Logo BeritaSatu

ICF Jakarta Berdayakan SDM Hadapi Industri 4.0 Lewat Coaching Works

Jumat, 22 Oktober 2021 | 05:51 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - International Coaching Federation (ICF) Jakarta akan menggelar International Coaching Summit (ICS) pada 28 Oktober 2021 hingga 28 November 2021 secara virtual pada setiap akhir pekan dalam rangka memberdayakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia menghadapai industri 4.0. ICS 2021 akan menjadi International Summit kedua yang ICF Jakarta selenggarakan secara virtual dan akan mengumpulkan lebih 1.000 peserta dari berbagai profesi termasuk coach, peneliti, tenaga pengajar, pejabat pemerintah, pengusaha, praktisi bisnis, UMKM, maupun startup dan individu.

"Coaching sudah diterapkan secara luas di negara maju seperti Amerika Serikat (AS)," kata President Elect ICF Jakarta Charter Chapter 2021-2022, M Nur Fannie Prasetyo dalam keterangan tertulisnya Jumat (22/10/2021).

Dia mengatakan ketika dilakukan dengan tepat, coaching bisa memberikan motivasi intrinsik yang lebih besar pada individu untuk secara mandiri mencoba dan menemukan hal-hal baru. "Pada dasarnya, coaching mengarahkan mengidentifikasi bahwa sebenarnya ada titik buta dan peluang dalam diri kita yang terlewati dan bisa kita kembangkan lebih jauh yang nantinya terlihat dari perubahan perilaku," kata dia.

Di level korporasi, hasil survey McKinsey menunjukkan bahwa ketika karyawan termotivasi secara intrinsik, 32% berkomitmen, 46% di antaranya lebih puas dengan pekerjaan mereka, dan 16% berkinerja lebih baik. Di Indonesia sendiri berdasarkan survei internal ICF Jakarta, sudah ada 57% dari total responden menekuni life coaching, 25% leadership coaching, dan 18% business coaching yang sudah diimplementasikan dalam hidup mereka.

Ketua ICS 2021, BambangYapri mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang maju dan mandiri untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, mengharuskan fokus pada konsep pembangunan yang bertumpu pada manusia. "Dalam konteks ini dilihat dari dua hal yakni kemampuan profesional dan kematangan kepribadian untuk saling memperkuat satu sama lain. Kematangan kepribadian ini bisa didapatkan melalui proses coaching yang tepat,” ujar dia.

Tahun ini, ICS 2021 mengundang Salman Subakat (CEO Paragon Technology and Innovation), Josef Bataona (Former Direktur HRD Indofood, Bank Danamon, dan Unilever), Daru Dewayanto, MCC (Founder, CEO, and Master Coach Hijrah Coach), Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia), Zivanna Letisha Siregar (Founder Kitajuara.id dan Puteri Indonesia 2008), Alex Denni (Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), serta narasumber lain.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malaysia Kategorikan Permen Karet Pengganti Rokok Tidak Beracun

Malaysia memasukkan pengganti nikotin berupa patch atau permen karet sebagai produk “tidak beracun” untuk membantu perokok berhenti merokok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 20 Orang

Pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini tersisa 20 orang.

NEWS | 7 Oktober 2022

Ribut Warisan, Anak dan Bapak Bunuh Lima Anggota Keluarga

Warga di Desa Marga Jaya, Kabupaten Way Kanan, Lampung digegerkan pembunuhan satu keluarga yang menewaskan lima orang gara-gara warisan.

NEWS | 7 Oktober 2022

Soal Capres 2024, Sekjen PDIP Tegaskan Ganjar Tetap Tunggu Keputusan Megawati

Terkait PSI yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan Ganjar menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri.

NEWS | 7 Oktober 2022

Selain Santunan, Korban MTsN 19 Jakarta Diberi Konseling

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia yang tertimpa tembok MTsN 19 Jakarta.

NEWS | 7 Oktober 2022

PKN: TGIPF Tragedi Kanjuruhan Harus Betul-betul Cari Fakta

PKN mendorong Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur harus betul-betul mencari fakta.

NEWS | 7 Oktober 2022

PDIP Siapkan Visi Misi Capres 2024, Hasto: Progresnya Sudah 80%

PDIP sedang mempersiapkan visi misi capres 2024, dan menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto progresnya sudah sudah sekitar 80%.

NEWS | 7 Oktober 2022

Ini Identitas Korban Tewas dan Luka MTsN 19 Jakarta

Ada tiga korban meninggal dan tiga korban luka-luka pada insiden robohnya tembok pembatas MTsN 19 Jakarta.

NEWS | 7 Oktober 2022

Banjir di MTsN 19 Jakarta, KPAI Ingatkan Sekolah Aman Bencana Wajib Memiliki Jalur Evakuasi

Merespons bencana banjir di MTsN 19 Jakarta Selatan, KPAI mengingatkan sekolah aman bencana wajib memiliki jalur evakuasi dan SOP penanganan bencana.

NEWS | 7 Oktober 2022

Rakernas I PKN: Pasek Ingatkan Kader Jangan Turun Gunung

Ketum PKN Gede Pasek Suardika menyemangati ribuan kader untuk bekerja lebih keras agar lolos verifikasi faktual menuju Pemilu 2024.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
20 Menit Perdagangan, Aksi Beli Saham Warnai Gerak IHSG

20 Menit Perdagangan, Aksi Beli Saham Warnai Gerak IHSG

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings