Logo BeritaSatu

Sandiaga Dorong Hipmi Jatim Berkontribusi pada Gernas Bangga Buatan Indonesia

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:29 WIB
Oleh : Rozi Amrozi / JEM

Surabaya, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku usaha muda yang tergabung dalam organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur (Jatim) agar berkontribusi pada program Gernas Bangga Buatan Indonesia.

Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf mendorong pelaku usaha ekonomi kreatif melakukan strategi inovasi adaptasi dan kolaborasi dengan pola tiga G, yaitu Gercap (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gaspol (Garap Semua Potensi untuk Online), yang semua harus go digital. Salah satunya dengan gerakan bangga produk Indonesia dengan hastag #BeliGratisLokal.

“Saya baru dapat kabar, bahwa dari program tebar promo Parekraf Rp 50 juta per marchant masih rendah. Ini program tebar promo per customer Rp 100.000, tetapi teman-teman UMKM belum bisa menyerapnya. Saya dorong Jatim sebagai provinsi dengan ekonomi yang sangat besar ini bisa sebarkan kepada UMKM-nya untuk bisa berpartisipasi pada program Gernas Bangga Buatan Indonesia. Dan ini adalah bagian dari keberpihakan pemerintah terhadap UMKM,” kata Sandiaga saat menjadi keynote speaker dalam acara Pendidikan dan Pelatihan Daerah (Diklatda) III BPD HIPMI Jatim secara virtual dengan tema Jatim Bangkit dan Beraksi, Sabtu (23/10/2021).

Sandiaga menjelaskan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan kewirausahaan mampu menjadi tulang punggung Indonesia sekaligus menjadi gerbang pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai Indonesia emas di 2045. Kontribusi UMKM sangat tinggi, bahkan terhadap PDB Indonesia di tengah pandemi justru meningkat. Untuk itu, pemerintah telah menargetkan kontribusi UMKM di tahun 2024 naik menjadi 65% dari 60% di masa pandemi.

Selain itu, pada tahun ini UMKM juga ditetapkan sebagai International Year of Credit Economy for Sustainable Development yang diinisiasi Indonesia.

”Dan ini sudah diakui oleh PBB dan negara di dunia dalam mendukung inisiatif Indonesia dengan menghadirkan ekonomi kreatif yang memberdayakan dengan konsep no one left behind (tidak ada yang boleh tertinggal),” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga mengingatkan HIPMI yang menaungi pengusaha muda agar meningkatkan SDM. Karena HIPMI berada di garda terdepan dan merupakan organisasi yang selalu mampu menelorkan ide yang kreatif dan luar biasa untuk bisa menyerap banyak tenaga kerja dan membuka peluang usaha seluas-luasnya.

“Generasi melek teknologi juga dimulai oleh Hipmi dan saya juga dibesarkan di Hipmi. Generasi muda disini menjadi agen perubahan. HIPMI adalah agent of change,” tutur Sandiaga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

NEWS | 55 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings