Logo BeritaSatu

Kemenag Gandeng Pesantren Sosialisasikan Ketahanan Keluarga Berbasis Agama dan Budaya

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:57 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Mojokerto, Beritasatu.com - Pusat Litbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Kementerian Agama (Kemenag) menggelar seminar ketahanan keluarga dengan menggandeng Pondok Pesantren Ummil Mu’minin, Simbaringin, Kutorejo, Mojokerto, Jawa Timur, Senin (25/10/2021).

Seminar itu mengusung tema Membangun Ketahanan Keluarga Berbasis Nilai-Nilai Agama dan Budaya Sebagai Tindakan Pencegahan Perceraian dan Perkawinan Anak di Mojokerto.

Seminar ini menghadirkan narasumber Kasubag Puslitbang Kemenag Rizky Riyadu Taufiq, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, dan pengasuh Pondok Pesantren Ummil Mu’minin KH Abdillah Murtadlo Zubaidi.

Sebanyak 100 peserta hadir dari berbagai organisasi seperti Muslimat NU, Fatayat NU, BKKBN, PKK, penyuluh agama, camat Kutorejo, kepala desa Mengungkung, dan perwakilan dari IPPNU Mojokerto.

Kasubag Puslitbang Kemenag Rizky Riyadu Taufiq mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa membangun keluarga tidak boleh asal menikah. Namun, dibutuhkan ilmu serta pemahaman agar pernikahan dini serta perceraian tidak menjadi solusi ketika terdapat silang pendapat dalam berumah tangga.

“Angka perceraian dan pernikahan dini di Jawa Timur cukup tinggi, meskipun untuk daerah Mojokerto sendiri berada di level menengah. Sosialisasi tentang ketahanan keluarga menjadi penting untuk terus dilakukan agar pemahaman masyatakat terus meningkat sehingga angka pernikahan dini dan perceraian dapat ditekan” ungkap Rizky, dalam keterangan tertulisnya.

Pengurus
Ia menilai, pesantren dapat menjadi corong penyampai kepada masyarakat bahwa pentingnya membangun keluarga berbasis pemahaman agama dan budaya. Di samping itu, para pengurus ormas perempuan juga dapat menjadi agen ketahanan keluarga di tengah masyarakat.

“Kemenag tidak hanya mengurusi persoalan haji dan pendidikan, namun juga mengurusi tentang pernikahan dan perceraian sehingga dalam program Kemenang yang terkait dengan ketahanan keluarga berupaya menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan salah satunya dengan bekerja sama dengan Ponpes Ummil Mu’minin ini,” paparnya.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menegaskan, ketahanan negara adalah keluarga. Oleh karena itu, perempuan harus mengerti apa itu ketahanan keluarga.

“Dalam membangun ketahanan keluarga terdapat tiga unsur yang harus dipenuhi yaitu keuletan ketangguhan, kemandirian, dan kesiapan fisik mandiri,” kata Ikfina.

Lebih jauh Bupati periode 2021-2026 tersebut menguraikan, untuk mengerem pernikahan dini dan perceraian, seseorang harus memahami 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, refroduksi, sosial dan budaya, ekonomi, dan pembinaan lingkungan.

Pengasuh Pondok Pesantren Ummil Mu’minin KH Abdillah Murtadlo Zubaidi berterima kasih kepada Kemenag telah memilih pesantrennya untuk mensosialisasikan pentingnya membangun ketahanan keluarga. Tidak dapat dipungkiri bahwa pesantren bukan saja menjadi tempat menimba ilmu namun juga dapat menjadi jembatan penghubung dengan masyarakat.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korban Helikopter Jatuh Baru Menikah

Kepergian Briptu Mochamad Lasminto, kopilot helikopter yang jatuh di Bangka Belitung, menyisahkan kesedihan mendalam bagi kedua orang tuanya.

NEWS | 30 November 2022

Putri Candrawathi Minta Maaf ke Anggota Polri yang Jadi Saksi

Putri Candrawathi, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat meminta maaf kepada anggota Polri yang menjadi saksi.

NEWS | 29 November 2022

Akui Tidak Jujur dari Awal, Ferdy Sambo Minta Maaf

Ferdy Sambo mengaku tidak jujur sejak awal dalam kasus pembunuhan Brigadir J, oleh karena itu dia meminta maaf.

NEWS | 29 November 2022

Erick Thohir Bantah Adanya Aliran Dana Biayai Kegiatan Relawan Jokowi di GBK

Erick Thohir membantah dengan tegas tuduhan soal isu aliran dana dari BUMN untuk membiayai kegiatan relawan Nusantara Bersatu.

NEWS | 29 November 2022

MRPB Kirim 7 Calon Penjabat Gubernur Papua Barat Daya

MRPB telah mengirimkan tujuh nama orang asli Papua Barat kepada Mendagri Tito Karnavian untuk menduduki jabatan penjabat gubernur Papua Barat Daya.

NEWS | 29 November 2022

BNPT Dorong Mahasantri Ponpes Lirboyo Komitmen Cinta Tanah Air

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mendorong mahasantri Lirboyo Kediri agar memiliki komitmen cinta Tanah Air yang tinggi.

NEWS | 30 November 2022

Rencana Kang Emil Gabung Partai Dinilai Dapat Pengaruhi Peta Politik

Rencana Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Kang Emil bergabung ke partai politik (parpol) dapat memengaruhi peta politik menjelang Pemilu 2024.

NEWS | 29 November 2022

Masih Ada Daerah Terisolasi di Cianjur, Helikopter Dikerahkan Kirim Bantuan

Sejumlah daerah terdampak gempa Cianjur masih terisolasi. Anggota TNI AU Lanud Atang Sendjadja terus dikerahkan mengirimkan bantuan melalui udara.

NEWS | 29 November 2022

Mendes PDTT: 10 Desa Jadi Percontohan Desa Antikorupsi

Mendes PDTT meluncurkan 10 desa percontohan desa antikorupsi di Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

NEWS | 30 November 2022

Maruarar: Erick Thohir, Menteri yang Sangat Dipercaya Jokowi

Maruarar memuji kepemimpinan Erick Thohir selama tiga tahun menakhodai Kementerian BUMN, dan telah banyak meluncurkan berbagai inovasi.

NEWS | 29 November 2022


TAG POPULER

# Ferdy Sambo


# Impor Beras


# UMP DKI Jakarta


# Pemimpin Berambut Putih


# Adian Napitupulu


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

IHSG Dinilai Kuat Hadapi Sinyal Kenaikan FFR dan Demo Tiongkok

EKONOMI | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE