Logo BeritaSatu

Kepala LAN: PKN Tingkat I Hasilkan Sosok Pemimpin Perubahan yang Inovatif, Responsif, dan Tangguh

Selasa, 2 November 2021 | 23:58 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Saat ini dunia sedang menghadapi situasi dan kondisi yang penuh dengan perubahan yang sangat cepat, di tengah pelandaian kasus Covid-19 di Indonesia, justru di belahan dunia lain mengalami kenaikan signifikan. Oleh karena itu, ASN sebagai subjek birokrasi dituntut proaktif dalam mengantisipasi segala perubahan yang dihadapinya. ASN harus berperan sebagai agen perubahan (agent of change) terhadap pelayanan kepada masyarakat walaupun di tengah krisis saat ini. Hal ini diungkapkan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr Adi Suryanto, MSi saat memberikan sambutan pada Upacara Pelepasan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan L di Aula Prof Dr Agus Dwiyanto, MPA, Selasa (2/11/2021).

Lebih lanjut Adi Suryanto menyampaikan, Pandemi Covid-19 ini menjadi momentum dalam percepatan transformasi birokrasi yang semula bersifat konvensional kepada digital. Hal ini juga dilakukan LAN dengan menerapkan pelatihan yang berbasis pada virtual learning dengan pemanfaatan Learning Management System (LMS). Jauh sebelum pandemi, LAN telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong lembaga pelatihan mengembangkan pelatihan jarak jauh (distance learning) namun hal tersebut belum direspons dengan baik sampai akhirnya Covid-19 yang melanda Indonesia menjadi salah satu faktor untuk memaksa lembaga pelatihan beralih kepada pelatihan secara digital.

“Hal ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua, bahwa setiap terobosan dan inovasi yang digagas belum tentu dapat diterima oleh stakeholders , demikian halnya dengan pemimpin perubahan jangan hanya berpikir perubahan yang kita gagas bagi organisasi akan secara simultan dapat dijalankan oleh anak buah maupun kolega kita” tegasnya.
Kepala LAN menambahkan, maka dari sinilah peran pemimpin perubahan untuk terus berikhtiar untuk terus menerus mengawal inovasi yang digagasnya, sehingga dapat diimplementasikan serta mendapat dampak positif bagi organisasi.

Pembelajaran PKN Tingkat I ini menerapkan pendekatan experiential learning , dimana peserta diajak untuk langsung terjun menjadi pemimpin perubahan di instansinya dengan desain inovasi yang digagasnya melalui proyek perubahan.
“Proyek perubahan yang digagas peserta PKN Tingkat I ini bukanlah sekadar syarat kelulusan, tetapi sebagai alat (tools) dalam mengelola perubahan, maka melalui pelatihan ini diharapkan peserta dapat mengambil lesson work dari proses membuat proyek perubahan” ungkapnya.

Adi Suryanto juga mengapresiasi seluruh Peserta PKN Tingkat I Angkatan L meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang dihadapi selama mengikuti pelatihan, dengan segala keterbatasan dan resources yang dimiliki, peserta mampu menyelesaikan proyek perubahan.
“Oleh karena itu, menilai kapasitas kepemimpinan seseorang bukan pada saat keadaan berjalan normal, melainkan ketika seorang pemimpin mampu menerobos segala kekurangan, tantangan dan hambatan yang dihadapi untuk terus melakukan inovasi bagi organisasinya” tambahnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama, Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Administrasi Negara, Dr Tri Widodo WU, MA, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi ASN, Dr Basseng, MEd, Wakil Ketua Komisi II DPR, Dr Junimart Girsang, MBA, Plt Asisten SDM Polri, Brigjen Pol Jawari.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala LAN juga mengumumkan 5 peserta terbaik yaitu:

1. Novia Widyaningtyas, SHut., MSc (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
2. Agung Marlianto B, SIK, MH. (Badan Intelijen Negara)
3. Indra Darmawan Iriyanto, SIK., MSi (Polri)
4. Dra Sri Wahyuni , MRP (Provinsi Kalimantan Timur)
5. Drs Riyadi, M.Si. (Lembaga Administrasi Negara)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jelang Pernikahan Kaesang, Taman Pura Mangkunegaran Dipercantik

Taman di depan pendopo Pura Mangkunegaran, Kota Solo, yang akan menjadi lokasi Tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pada Minggu dipercantik.

NEWS | 7 Desember 2022

Jangan Sebar Foto dan Video Bom Bandung

Mabes Polri mengingatkan masyarakat untuk tidak menyebar foto bom Bandung. Hal ini mengingat teror bertujuan menebar ketakutan dan ketidakstabilan negara.

NEWS | 7 Desember 2022

Polda Banten Tingkatkan Pengamanan Usai Bom Bunuh Diri di Bandung

Polda Banten dan jajarannya telah meningkatkan pengamanan usai terjadinya bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Polrestabes Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022

Isak Tangis Keluarga Sambut Jenazah Aipda Sofyan Korban Bom Bandung

Jenazah Anggota Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan yang menjadi korban bom Bandung, tiba di rumah duka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bisa Susun Skenario, Ferdy Sambo Beruntung CCTV Rumah Dinas Rusak

Ferdy Sambo sempat merasa beruntung karena CCTV rusak di rumah dinasnya di Kompleks Polri, Duren Tiga, karena dengan demikian ia bisa menyusun cerita fiktif.

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Ungkap Perintahnya ke Bharada E: Hajar Cad...

Ferdy Sambo mengungkapkan perintah yang dia katakan  Bharada E untuk Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Moeldoko: Stop Aksi Bom Bunuh Diri, Apa Untungnya?

Moeldoko menyatakan peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar menyadarkan semua pihak bahwa ideologi yang berlandaskan kekerasan tidak bermanfaat.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, BNPT: Tak Mudah Baca Pemikiran Pelaku Terorisme

Terkait bom bunuh diri Bandung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar mengakui tidak mudah untuk membaca pemikiran para pelaku terorisme.

NEWS | 7 Desember 2022

Terekam CCTV, Pelaku Bom Bandung Bawa Dua Bungkusan

Pelaku peledakan Mapolsek Astana Anyar pada Rabu (7/12/2022) pagi, terekam kamera CCTV sedang membawa dua bungkusan yang diduga bom.

NEWS | 7 Desember 2022

Anggota DPR Minta Polri Segera Cari Aktor Intelektual Bom Bandung

Anggota DPR Komisi III, Arteria Dahlan meminta Polri untuk segera mencari aktor intelektual peristiwa bom Bandung, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Liga 1: Da Silva Dua Gol, Persib Bantai Persik 3-0

Liga 1: Da Silva Dua Gol, Persib Bantai Persik 3-0

BOLA | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE