Logo BeritaSatu

Jerinx Jadi Duta Antinarkoba, Anggota Komisi III DPR: Terobosan Dekati Milenial

Sabtu, 6 November 2021 | 00:06 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi III DPR, I Wayan Sudirta menyambut baik langkah Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bali menjadikan musisi I Gede Ari Astina alias Jerinx sebagai duta antinarkoba. Wayan Sudirta menilai, dipilihnya Jerinx sebagai duta antinarkoba merupakan terobosan dalam kampanye untuk mendekati generasi milenial yang rawan terjerat narkoba.

"Pengangkatan Jerinx sebagai duta antinarkoba Provinsi Bali menurut saya merupakan keputusan yang baik. BNN Bali dapat dikatakan telah membuka diri dan pandangannya bahwa diperlukan terobosan untuk mengubah cara-cara kampanye antinarkoba sebelumnya yang cenderung kaku dan bersifat formal," kata Wayan Sudirta dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Hal serupa, katanya, telah dilakukan oleh BNN dengan menjadikan band Slank sebagai duta antinarkoba pada 2014 lalu. Dikatakan, generasi milenial yang disematkan kepada anak muda saat ini merupakan bentuk perubahan dan kemajuan zaman dan teknologi. Cara bersosialisasi mereka saat ini juga cenderung lebih bebas dan mandiri. Cara pandang dan cara hidup generasi milenial ini lebih suka melihat sosok idola atau panutuan yang memang dapat mengerti dan memahami kehidupan mereka.

"Generasi saat ini tidak menyukai cara-cara formal yang mereka nilai sangat kaku," katanya.

Wayan berharap sosok Jerinx sebagai tokoh publik yang dekat dengan generasi milenial dapat menyukseskan kampanye antinarkoba, terutama di Bali. Hal ini mengingat angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Bali mencapai 15.000 orang.

"Apalagi 70% dari mereka adalah yang masih berusia produktif yang berkisar antara 15 tahun sampai 35 tahun," ungkapnya.

Dengan kondisi itu, Wayan Sudirta meminta Jerinx secara aktif menyosialisasikan bahaya narkoba, pentingnya menjauhi narkoba dan pergaulan yang terindikasi sebagai sarang narkoba yang patut dilawan oleh masyarakat maupun BNN dan pemerintah. Dikatakan, BNN perlu secara signifikan mencegah peredaran narkoba, melakukan edukasi dan menegakkan hukum secara tegas. BNN juga diharapkan membuat indikator yang terukur agar biaya besar dari negara untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba tidak sia-sia.

"Indikator ini penting agar jangan sampai dipilihnya tokoh tertentu sebagai duta antinarkoba tidak linear dan tidak berdampak untuk pencegahan narkoba. Kita harap dengan bertambahnya anggaran negara untuk penanganan narkoba kemudian ada tokoh-tokoh masyarakat dipilih sebagai duta antinarkoba, maka jumlah penyalahgunaan dan terpidana narkoba menjadi semakin sedikit. Masyarakat minta agar korban narkoba menurun, terpidana narkoba di lapas juga secara signifikan menurun sampai nanti benar-benar bebas dari narkoba," katanya.

Wayan Sudirta menekankan, memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan hal penting. Untuk itu keselamatan seluruh warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus bangsa harus menjadi acuan utama.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Politikus PDIP Minta Tragedi Kanjuruhan Diselidiki secara Serius

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Pareira meminta agar tragedi Kanjuruhan diselidiki secara serius.

NEWS | 2 Oktober 2022

Sempat Turun, Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Kembali Naik

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi kembali meningkat setelah sempat turun karena kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Calon Pemimpin Papua ke Depan Dinilai Perlu Skrining Ketat

Tokoh muda Papua, Ali Kabiay mendorong agar rekrutmen para pemimpin Papua ke depan perlu melalui skrining ketat.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ketum Muhammadiyah Nilai Tragedi Kanjuruhan Koyak Muruah Bangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menilai tragedi Kanjuruhan, telah mengoyak muruah bangsa.

NEWS | 2 Oktober 2022

Respons Anies Disebut Bakal Diusung Nasdem sebagai Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bungkam soal wacana bakal diusung sebagai capres Partai Nasdem di Pilpres 2024 mendatang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Mahfud MD: Jaksa Perkara Ferdy Sambo Dikarantina agar Tidak Diteror

Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan para jaksa yang menangani perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan dalam kasus Brigadir J dikarantina agar tidak diteror.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan pernyataan resmi merespons tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua: Lukas Enembe Harus Dijemput Paksa jika Mangkir Lagi

Ketua Generasi Garuda Sakti Indonesia Provinsi Papua, Apbsalom Yarisetouw menegaskan Gubernur Papua Lukas Enembe harus dijemput paksa jika mangkir lagi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Giring Ganesha: Semoga Menjadi yang Terakhir

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya ratusan orang dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Skema Pengamanan di Stadion Dipertanyakan

Tragedi Kanjuruhan, terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya. Peristiwa yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia tersebut menyisakan pilu.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings