Logo BeritaSatu

MUI Buka Suara Sampaikan 7 Poin Terkait Penangkapan Ahmad Zain An-Najah

Rabu, 17 November 2021 | 19:01 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi memberikan respons tertulis terkait dengan peristiwa penangkapan terduga terorisme Ahmad Zain An-Najah yang merupakan anggota Komisi Fatwa MUI Pusat oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror.

Berdasarkan keterangan pers diterima Beritasatu.com, Rabu (17/11/2021), keterangan resmi MUI ini ditandatangani oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Miftachul Akhyar dan Sekjen MUI Amirsyah Tambunan tertanggal 17 November 2021.

Adapun 7 poin terkait penangkapan Ahmad Zain An-Najah sebagai berikut:

Pertama, yang bersangkutan adalah anggota Komisi Fatwa MUI yang merupakan perangkat organisasi di MUI yang fungsinya membantu Dewan Pimpinan MUI.

Kedua, dugaan keterlibatan yang bersangkutan dalam gerakan jaringan terorisme merupakan urusan pribadinya dan tidak ada sangkut pautnya dengan MUI.

Ketiga, MUI menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada aparat penegak hukum dan meminta para agar aparat bekerja secara profesional dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah dan dipenuhi hak-hak yang bersangkutan untuk mendapatkan perlakuan hukum yang baik dan adil.

Keempat, MUI berkomitmen dalam mendukung penegakan hukum terhadap ancaman tindakan kekerasan terorisme sesuai dengan fatwa MUI Nomor 3 Tahun 2004 tentang Terorisme.

Kelima, MUI mengimbau masyarakat untuk menahan diri agar tidak terprovokasi dari kelompok-kelompok tertentu yang memanfaatkan situasi ini untuk keutuhan dan kedamaian bangsa dan negara.

Keenam, MUI mendorong semua elemen bangsa agar mendahulukan kepentingan yang lebih besar yaitu kepentingan keutuhan dan kedamaian bangsa dan negara.

Ketujuh, MUI menonaktifkan yang bersangkutan sebagai pengurus MUI sampai ada kejelasan berupa keputusan yang berkekuatan hukum tetap.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Adik Jokowi Menikah


# Yeremia Rambitan


# Joe Biden


# Alex Noerdin


# KRL


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Diusut, Dugaan Berbagai Aliran Uang ke Wali Kota Ambon

Diusut, Dugaan Berbagai Aliran Uang ke Wali Kota Ambon

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings