Logo BeritaSatu

Presidensi G-20 Tunjukkan Kepemimpinan Tangani Covid-19

Selasa, 23 November 2021 | 21:17 WIB
Oleh : WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menegaskan, Presidensi G-20 yang diemban Indonesia memiliki makna dan tujuan besar untuk menunjukkan kepemimpinan dalam menangani ketimpangan pemulihan pandemi Covid-19.

"Presidensi G-20, merupakan jalan Indonesia menangani ketimpangan pemulihan Covid-19," ujar Johnny, di Jakarta, Selasa (23/11/2021).

Johnny menyebutkan, Indonesia melihat walaupun beberapa negara mengalami perkembangan positif pemulihan ekonomi, masih ada ketimpangan secara global yang dihadapi oleh banyak negara di dunia.

Hal itu menunjukkan bahwa masih banyak persoalan global yang harus menjadi perhatian para pemerintah di dunia, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, Menkominfo mengatakan bahwa pemerintah akan memaksimalkan momen G-20 untuk membahas upaya global dalam menangani masalah penting di dunia termasuk membahas pemulihan ekonomi pascapandemi.

"Pemerintah secara khusus juga akan concern pada penanganan risiko ketimpangan pemulihan akibat pandemi Covid-19," tegasnya.

Johnny juga mengatakan bahwa Presidensi Indonesia di G-20 pada 2022 merupakan bukti kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional maupun global dari pandemi Covid- 19.

Tema “Recover Together, Recover Stronger” yang diusung di G-20 tahun depan dinilai sejalan dengan ketahanan, stabilitas, dan kemampuan Indonesia dalam penanganan dan pemulihan dari pandemi Covid-19 dengan perkembangan yang positif dan berkelanjutan.

"Sebagai bagian dari keanggotaan masyarakat global dan juga Presidensi G-20, Pemerintah juga akan memanfaatkan momentum keketuaan ini untuk mendorong kolaborasi dan kerjasama global," tutup Johnny.

Indonesia dipilih untuk memimpin Presidensi G-20 pada 2022 setelah sebelumnya tongkat kepemimpinan diemban oleh Italia.

Adapun Presidensi Indonesia untuk G-20 2022 terdiri dari lima pilar yaitu memperkuat lingkungan kemitraan, mendorong produktivitas, meningkatkan ketahanan dan stabilitas, memastikan pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif, serta kepemimpinan kolektif global yang kuat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tumbuhkan Kepercayaan Diri Anak dengan Berlatih Futsal

Tumbuhkan Kepercayaan Diri Anak dengan Berlatih Futsal

SPORT | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings