Logo BeritaSatu

Tinggi, Pertumbuhan Papua Bantu Dongkrak Ekonomi Nasional

Kamis, 25 November 2021 | 13:02 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Kabar baik datang dari tanah Cenderawasih. Bank Indonesia menyatakan Papua mengalami pertumbuhan ekonomi yang tertinggi di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BI Perwakilan Papua Naek Tigor Sinaga dalam acara Pertemuan tahunan Bank Indonesia (BI) juga digelar Bank Indonesia Perwakilan Papua, Rabu (24/112021).

Naek menegaskan bahwa Provinsi Papua menjadi daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi pada Triwulan III 2021.

“Papua pertumbunan ekonomi tertinggi di Indonesia. Kita pada triwulan III tumbuh sebesar 14,54 persen,” ujar Naek Tigor kepada wartawan di Hotel Horison Ultima Entrop, Rabu (24/11/2021) sore.

Lebih lanjut kata Tigor, dengan langkah yang ada, ia optimistis ekonomi Papua menjadi katup pengaman pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Kita nomor 2 di kawasan Timur Indonesia setelah Sulawesi Selatan dengan kontribusi mencapai 14 persen serta nomor 17 di nasional dengan kontribusi mencapai 1,37 persen. Artinya apa, artinya Papua dewa penyelamat ekonomi nasional,” katanya.

Sumbangan pertumbuhan ekonomi dari Papua itu tak terlepas dari sektor andalannya, yakni sektor pertambangan dan juga penyelenggaraan PON Papua.

Tercatat, kontribusi sektor tambang saat ini mencapai 54,6 persen. Sementara PON sendiri dinilai sebagai momentum pemulihan sektor non tambang.

BI yakin pertumbuhan ekonomi dapat terjaga, salah satunya dengan inovasi dan digitalisasi yang dapat merambah segala bidang.

“Digitalisasi bisa membuat hidup tak biasa lagi. Jadi, harus ada efek digitalisasi. Inovasi dan digitalisasi sama pentingnya. Keduanya menjadi salah satu cara merawat pertumbuhan ekonomi cepat tinggi,” ujarnya.

Termasuk sinergitas pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dengan melakukan program Pengendalian Cepat Menuju Papua Satu Harga (Pace Juara). Sejumlah terobosan ini akan lebih maksimal dengan kerja bersama, baik BI, pemda di provinsi dan kabupaten, OJK dan lembaga terkait.

“Inilah kunci penting agar bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi di Papua. Kami yakin dengan kerja sama ini, pertumbuhan ekonomi 2022 bisa diatas 10 persen."

"Kami juga yakin digitalisasi akan merubah pola ekonomi di Papua lebih maju ke depan,” tutup Naek.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wimbledon: Tekuk Serena, Harmony Tan Mengaku Sempat Takut

Wimbledon: Tekuk Serena, Harmony Tan Mengaku Sempat Takut

SPORT | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings