Logo BeritaSatu

Kawasan Industri BUMN Didorong Lebih Ramah Lingkungan

Kamis, 25 November 2021 | 19:18 WIB
Oleh : YUD

Medan, Beritasatu.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mendorong kawasan industri yang dibangun BUMN harus memberikan perhatian lebih kepada perwujudan green economy atau ekonomi hijau.

Salah satunya dengan memperhatikan pengolahan limbah agar lingkungan kawasan industri BUMN tidak hanya memberikan dampak ekonomi semata, namun juga menjaga kelestarian alam.

"KTT G20 lalu dan COP26 menekankan kepada seluruh negara untuk menerapkan supply chain global dan ekonomi hijau," kata Erick Thohir saat meresmikan fasilitas pengolahan limbah terpadu (FPLT) di Kompleks Kawasan Industri Medan (KIM) di Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (25/11/2021).

Konsepsi ekonomi hijau yang menjadi arah pembangunan Indonesia pada masa mendatang memerlukan dukungan dan langkah nyata agar dapat terakselerasi dengan baik.

"Persoalan emisi karbon terus menjadi isu yang berkembang. Oleh karena itu, kami di BUMN terus mengonsolidasikan kawasan-kawasan industri BUMN agar melakukan terobosan dalam manajemen limbah, air, dan energi terbarukan," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan industri berskala besar seperti PT. KIM secara langsung meningkatkan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), sehingga dibutuhkan mitra pengelolaan agar tidak mencemari lingkungan.

PT. KIM merupakan perusahaan BUMN dengan bidang usaha jasa pengelolaan kawasan industri dan merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Sumatera yang telah berdiri selama 32 tahun. Saat ini kawasan PT KIM memiliki 554 mitra industri dengan 43 perusahaan diantaranya merupakan industri berskala besar.

Dalam waktu dekat, KIM juga akan menambah fasilitas unit pengolahan terpadu berupa incinerator, IPAL B3, tempat pengumpulan dan pemanfaatan limbah B3, spent bleachearth extraction, distilasi minyak pelumas bekas, hingga laboratorium lingkungan

"Selain itu, kami juga akan menyambungkan kawasan industri dengan pelabuhan agar mempermudah mobilitas logistik dan juga menekan biaya pengiriman, sehingga produk yang dihasilkan dari industri-industri di KIM bisa bersaing," pungkas Erick.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya tetap semangat dalam melayani masyarakat saat menjenguk korban bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Bertahan di Pengungsian, Korban Gempa Cianjur Takut Pulang

Para korban gempa Cianjur banyak yang memilih bertahan di pengungsian. Korban gempa Cianjur mengaku trauma dan masih takut untuk pulang ke rumah mereka.

NEWS | 7 Desember 2022

Bantah Tembak Brigadir J, Ferdy Sambo Dicecar Hakim

Ferdy Sambo dicecar oleh majelis hakim PN Jaksel karena terus membantah turut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Tahanan Polsek Astana Anyar Dipindahkan Usai Bom Bunuh Diri

Pelayanan dan tahanan Polsek Astana Anyar dipindahkan ke Mapolrestabes Bandung usai bom bunuh diri yang menghancurkan Mapolsek Astana Anyar. 

NEWS | 7 Desember 2022

Terpidana Bom Bali I, Umar Patek Bebas Bersyarat Hari Ini

Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham menyatakan, Hisyam bin Alizein alias Umar Patek, terpidana bom Bali I bebas bersyarat mulai hari ini, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Setelah Menikah, Kaesang dan Erina Tak Akan Tunda Momongan

Kaesang Pangarep mengaku akan langsung tancap gas untuk punya momongan setelah resmi menikah dengan Erina Gudono.

NEWS | 7 Desember 2022

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Ferdy Sambo tidak sudi disebut pembohong, meski hasil poligraf atau uji kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J menyatakan Ferdy Sambo tidak jujur.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri Bandung tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

KPK Tangkap Ra Latif dan 5 Pejabat Pemkab Bangkalan, Ini Daftarnya

KPK menangkap Bupati Bangkalan, AbduI Latif Amin Imron atau Ra Latif dan lima pejabat di Pemkab Bangkalan terkait kasus jual beli jabatan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Bharada E Pastikan Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menegaskan Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

Bom Bunuh Diri Bandung: Kapolri Minta Jajaran Tetap Semangat

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE