Logo BeritaSatu

Ketika Nadiem Reuni dengan Guru-gurunya Semasa SD

Kamis, 25 November 2021 | 20:48 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mendapat kejutan saat peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021). Tanpa disangka, Nadiem kedatangan para gurunya semasa ia duduk di bangku sekolah dasar (SD) di acara yang sangat monumental bagi para guru tersebut.

Dengan wajah semringah, Nadiem pun mengajak ketiga gurunya yang merupakan guru di SD Al-Izhar Pondok Labu, Jakarta Selatan untuk naik ke atas panggung.

“Saya diberitahu bahwa 3 guru saya dari SD ternyata hadir di sini. Pak Anwar, Bu Nina, dan Bu Ina tolong ikut ke sini (ke panggung),” ajak Nadiem kepada ketiga gurunya pada acara HGN 2021 yang bertema "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan" itu.

Begitu ketiga gurunya tiba di atas panggung, Nadiem pun langsung memeluk satu per satu gurunya yang sudah sekitar 25 tahun tak pernah lagi bertemu.

Selanjutnya, Nadiem langsung mengajukan pertanyaan kepada gurunya tentang posisinya sekarang sebagai mendikbudristek.

“Pertama, saya mau tanya, ngira enggak saya jadi menteri? Ayo jujur,” tanya Nadiem sambil tersenyum.

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Bu Nina yang menyatakan tak pernah mengira Nadiem akan menjadi mendikbudristek. Namun, kata Bu Nia, dirinya sudah meyakini bahwa kelak Nadiem akan menjadi seorang pemimpin.

“Kalau jadi menteri mungkin saya enggak mengira, tapi kalau jadi pemimpin iya. Jadi pemimpin apa saja karena itu sudah kelihatan sejak Nadiem (duduk) di kelas 3 (SD),” ucapnya.

Jawaban Bu Nina disetujui oleh Pak Anwar yang pernah menjadi wali kelas Nadiem ketika SD kelas VI. Ia mengatakan, Nadiem kecil menjadi murid yang paling paling bawel dan paling kritis.

Sejenak Nadiem langsung kembali mengingat masa berseragam merah putih. Ia mengatakan, Nadiem kecil merupakan sosok yang dikenal suka bertanya.

“Saya pernah bermasalah waktu SD dulu, karena saya sempat dituduh menanyakan terlalu banyak pertanyaan. Itu benar enggak sih,” tanyanya.

Ketiga guru Nadiem menyetujui hal tersebut. Bu Ina menuturkan, Nadiem kecil merupakan sosok kritis begitu mengetahui hal baru, inovatif, dan menarik.

“Dan dulu panggilnya Nadiem, saya sangat gemes dengan tampilannya selalu ceria, cemerlang dan tidak pernah berwajah sedih,” ucapnya.

Mendapat pujian dari para gurunya, Nadiem terlihat sangat bahagia dan kembali bertanya apakah para gurunya repot mempunyai murid seperti dirinya.

Menurut Pak Anwar, murid seperti Nadiem menuntun para guru untuk belajar karena Nadiem memiliki rasa ingin tahu sangat besar. Bahkan, Nadiem kecil mengajak para gurunya berdiskusi tentang nuklir.

“Kita banyak belajar dari mas menteri kecil ini dulu. Tahun 1996 sudah ngomongin nuklir. Saya masih ingat itu,” ucap Anwar pernah menjadi walih kelas Nadiem.

“Jadi teman-teman saya ini benar-benar didik oleh guru-guru hebat dan kebetulan saja, enggak semua guru seperti bu Nina, bu Ina dan Pak Anwar. Satu hal yang selalu saya ingat dari mereka bertiga itu adalah kencang tetapi selalu memberi ruang ekspresi. Jadi mengapresiasi pertanyaan,” kenang Nadiem.

Mengakhiri reuni singkat, para guru Nadiem menamlkan fot-foto Nadiem semasa SD. Salah satu foto, Nadiem bersama teman-temannya dan Pak Anwar setelah menyelesaikan Ebtanas.

“Dulu namanya Ebtanas iya, sekarang sudah dibuang sama mas menteri. Jangan salah, saya Ebtanas dulu tinggi bukan karena saya mendapat nilai jelek sampai dihilangkan,” ucap Nadiem sambil tertawa.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

Wall Street Melemah, S&P 500 Anjlok ke Level Terendah 2022

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings