Logo BeritaSatu

Mendagri Puji Rekam E-KTP di Pulau Terluar Kabupaten Natuna

Kamis, 25 November 2021 | 21:34 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memuji perekaman KTP elektronik atau e-KTP di wilayah perbatasan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang tidak kalah dengan wilayah perkotaan. Perekaman e-KTP di pulau terluar di daerah perbatasan Natuna sudah mencapai 98%.

Tito selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) sekaligus Ketua Pengarah BNPP beserta pemerintah daerah (pemda) setempat berkunjung ke Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) di Natuna, Kepri.

Kunjungan ini untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat, termasuk di kawasan perbatasan negara. BNPP merupakan lembaga yang beranggotakan 27 kementerian/lembaga, dan 15 pemerintah provinsi, untuk mengkoordinasikan dan mengelola kawasan ujung negeri.

Tito dan Mahfud MD juga sempat berkunjung ke kantor Kecamatan Pulau Laut. Di lokasi tersebut, Tito menyerahkan piagam kepada Kepala Desa Air Payang, sebagai penghargaan desa tertinggi dengan cakupan kepemilikan kartu identitas anak (KIA) total 85% di wilayah perbatasan Natuna.

Tidak hanya itu, Tito juga menyerahkan e-KTP pemula serta cenderamata secara simbolis kepada siswa SMAN 1 Pulau Laut.

"Saya bangga perekaman e-KTP di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna tidak kalah dengan daerah lain yang dekat perkotaan, yakni 98 persen," kata Tito Karnavian di Kabupaten Natuna, Kepri, Rabu (24/11/2021) dalam keterangan tertulis Puspen Kemdagri yang diterima di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Seperti diketahui, perjalanan ke Kecamatan Pulau Laut ditempuh selama 6 jam menggunakan speed boat dari pusat Kabupaten Natuna.

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mendukung penuh pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kecamatan Pulau Laut dan Pulau Sekatung, Kabupaten Natuna.

Dukungan diberikan dalam pelayanan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) dalam bentuk tim Dukcapil jemput bola perekaman e-KTP, serta pencetakan dokumen kependudukan lain berupa kartu keluarga, akta kelahiran, dan KIA.

Tim Dukcapil yang dimotori Dinas Dukcapil Provinsi Kepri dan Dinas Dukcapil Kabupaten Natuna, didukung peralatan jaringan telekomunikasi serta awak Ditjen Dukcapil pusat menggelar pelayanan adminduk di tiga desa di Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Kepri, yaitu Desa Tanjung Pala, Desa Air Payang dan Desa Kadur.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tingkatkan Minat Baca, Pemprov DKI Gelar Baca Jakarta 2022

Guna meningkatkan minat baca terlebih di kalangan generasi muda, Pemprov DKI Jakarta gelar Baca Jakarta 2022.

NEWS | 1 Oktober 2022

Iran Tangkap 9 Warga Eropa Terkait Aksi Protes Tewasnya Mahsa Amini

Iran menahan sembilan orang warga Eropa di balik gelombang aksi protes yang tengah mengguncang negara itu setelah tewasnya Mahsa Amini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Penyerangan TPNPB di Papua Barat, 4 Tewas 2 Dibakar Bersama Mobil BBM

Penyerangan TPNPB terhadap terhadap 12 pekerja di Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9/2022) malam, menewaskan 4 korban.

NEWS | 1 Oktober 2022

Badai Ian Bergerak ke Carolina, 21 Dilaporkan Tewas di Florida

Badai Ian kini bergerak menuju wilayah Carolina Selatan pada Jumat, sehari setelah membawa kehancuran di semenanjung Florida, dengan menewaskan 21 orang

NEWS | 1 Oktober 2022

Putusan MK Thailand Buka Jalan untuk PM Prayut Kembali Menjabat

Mahkamah Konstitusi (MK) Thailand pada hari Jumat (30/9/2022) memutuskan, PM Prayut Chan-o-cha tidak melebihi maksimum delapan tahun.

NEWS | 1 Oktober 2022

Prakiraan Cuaca BMKG: Akhir Pekan, Seluruh Jakarta Hujan Siang hingga Malam

Prakiraan cuaca BMKG, Jakarta pada akhir pekan ini akan diwarnai hujan yang turun ringan hingga lebat.

NEWS | 1 Oktober 2022

Peristiwa Cilegon, MUI: Tak Boleh Halangi Pendirian Rumah Ibadah

MUI menegaskan bahwa, agama Islam tak mengajarkan penganutnya untuk mempersulit pendirian rumah ibadah agama lain.

NEWS | 1 Oktober 2022

TGUPP: Anies Baswedan Atasi Persoalan Banjir di Jakarta

“Banyak program kerja yang sudah dilakukan Pemerintahan Anies Baswedan dalam mengatasi masalah banjir,” ujar Anggota TGUPP, Muslim Muin.

NEWS | 1 Oktober 2022

Korut Kembali Tembakkan Rudal Balistik Keempat dalam Sepekan

Korut kembali menembakkan rudal balistik ke arah pantai timur wilayahnya pada Sabtu (1/10/2022) yang menandai peluncuran keempat dalam sepekan.

NEWS | 1 Oktober 2022

Kecelakaan Mobil Jatuh ke Jurang, Pasutri di NTB Meninggal Terbakar

Satu unit mobil pick up bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas LPG terjun ke dalam jurang sejauh 100 M dan terbakar.

NEWS | 1 Oktober 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tingkatkan Minat Baca, Pemprov DKI Gelar Baca Jakarta 2022

Tingkatkan Minat Baca, Pemprov DKI Gelar Baca Jakarta 2022

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings