Logo BeritaSatu

Menembus Batas, Wadah Memperjuangkan Hak Disabilitas

Kamis, 25 November 2021 | 23:02 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Menembus Batas sebagai sebuah wadah dan platform gerakan sosial, terus berupaya memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia. Mulai dari hak untuk mendapatkan informasi, dari segi bisnis, UMKM, keterampilan, pendidikan, dan lainnya.

Melalui wadah ini, para disabilitas juga bisa saling berinteraksi dengan sesama disabilitas, dan juga para pendamping mereka.

"Menembus Batas fokus di dalam pilar pendidikan dan pemberdayaan, jadi bagaimana kita meningkatkan teman-teman disabilitas ini, dari segi kapasitas dan kapabilitasnya sampai akhirnya mereka bisa berdaya, baik dalam pekerjaan ataupun usaha," ujar COO Yayasan Menembus Batas, Nicky Clara dalam keterangannya usai launching, di Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, para penyandang disabilitas ini juga ditempatkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya. Di Menembus Batas pihaknya berusaha mendapatkan the right person for the right job dan menempatkan mereka berdasarkan kemampuan, minat dan bakat mereka. Kemudian para disabilitas difasilitasi mengikuti pelatihan profesional, digital dan juga usaha.

Meski baru berdiri di tahun 2021, tim Menembus Batas telah berpengalaman dalam aktivitas pemberdayaan disabilitas sejak 2011 yang menyentuh lebih dari 40.000 penyandang disabilitas di 123 kota.

Menembus Batas juga menjadi jembatan antara lembaga-lembaga seperti BUMN, pemerintahan. Banyak program pemberdayaan yang membutuhkan sumber daya manusia, namun tidak tersampaikan kepada teman-teman disabilitas dengan baik, karena adanya jurang informasi di situ.

“Isu yang ditemukan oleh Menembus Batas adalah fenomena Information Asymmetry, dimana pemerintah, swasta dan lembaga-lembaga yang sebenarnya memiliki program pemberdayaan, tidak tahu persebaran teman disabilitas yang bisa dibantu. Selain itu, Teman disabilitas pun sering mengeluhkan sulitnya mendapat informasi terkait program-program tersebut. Perlu ada big data yang jadi jembatan”, ujar Ferro Ferizka, board member Menembus Batas.

Kesulitan mendapatkan pekerjaan dan missmatched juga merupakan problematika yang dialami para penyandang disabilitas. Menurut Athika Batangtaris, BOD Yayasan Menembus Batas, dengan adanya wadah yang tepat jelas dan nyaman bagi disabilitas maupun non disabilitas memperoleh informasi, diharapkan kemitraan perusahaan pemerintah, swasta dan komunitas itu bisa saling bahu membahu dalam memberdayakan wadah ini sendiri.

“Sebenarnya, program-program pemberdayaan teman disabilitas itu banyak sekali, namun program itu tersebar dimana-mana dan informasinya tidak dikurasi dengan baik. Menembus Batas hadir di tengah menjadi orkestrator. Sehingga dari satu titik, pemerintah, swasta bisa menyentuh banyak teman disabilitas. Dimanapun dan kapan

pun. Ini Big Data-nya teman disabilitas," ucap Athika Batangtaris, BOD Yayasan Menembus Batas.

Dalam memperoleh data serta mencegah data palsu ataupun bodong, Menembus Batas menggunakan teknologi biometrik dalam platformnya agar bantuan dari pemerintah dan swasta tepat sasaran

"Karena dengan verifikasi data biometrik, data teman-teman disabilitas yang tersimpan memudahkan para penyalur menyampaikan bantuannya tepat sasaran," tambahnya.

Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden RI Bidang Sosial yang turut hadir dalam launching yang bertajuk "Membuka Akses Ekonomi bagi Disabilitas Melalui Big Data" juga mendukung penuh Yayasan Menembus Batas, untuk memajukan para penyandang disabilitas.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penalti Benzema Gagal, Real Madrid Diimbangi Osasuna

Penalti Benzema Gagal, Real Madrid Diimbangi Osasuna

BOLA | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings