Logo BeritaSatu

MUI Sebut Densus Tidak Kriminalisasi Ulama

Jumat, 26 November 2021 | 08:15 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI), mengapresiasi dan mendukung langkah Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri dalam melakukan penangkapan serta penanggulangan terorisme, belakangan ini. Kinerja Densus 88 bukan kriminalisasi ulama atau islamophobia.

Hal itu, disampaikan Sekretaris Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia M Najih Arromadloni, di Mabes Polri, Kamis (25/11/2021).

"MUI mendukung dan mengapresiasi Densus 88 dalam kinerja penanggulangan radikal terorisme, dan dalam kaitan ini kami percaya tidak ada yang disebut kriminalisasi ulama atau islamophobia karena kepentingan negara adalah menjaga keamanan, menjaga keselamatan rakyat," ujar Najih.

Dikatakan Najih, dalam aktivitas terorisme yang dilarang bukan hanya berlaku bagi pelaku lapangan, tapi juga untuk pihak-pihak yang membantu proses aktivitas terorisme itu seperti soal pendanaan.

"Karena tentu saja terorisme terjadi tidak hanya melibatkan satu unsur, tetapi ada banyak unsur yang menjadi supporting sistem dalam kegiatan terorisme. Ada pendanaan, ada ideologi, ada lembaga pendidikan, dan ada unsur-unsur lain. Semua unsur yang turut membantu dalam terjadinya tidakan terorisme itu juga termasuk unsur yang diharamkan dalam agama," ungkapnya.

Najih menyampaikan, di dalam Alquran tertulis janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa. Kemudian dalam hadis menyebutkan, siapa yang berdasarkan kalimatnya membuat orang melakukan dosa, maka yang bersangkutan juga turut berdosa.

"Kasus ini juga menjadi bahan evaluasi kami di MUI, untuk lebih berhati-hati di waktu yang akan datang. Karena sebagaimana diketahui aktivitas terorisme memang sangat ada di bawah tanah, sehingga kami di MUI pun tanpa ada informasi dari aparat, kami tidak mengetahui aktivitasnya di luar MUI," katanya.

Diketahui, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 24 orang tersangka teroris terkait yayasan pendanaan kelompok Jamaah Islamiyah belakangan ini.

Teranyar, Densus menangkap tiga orang, yakni Ketua Umum Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Ahmad Okbah alias FAO, anggota Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ahmad Zain An-Najah alias AZ, dan Anung Al-Hamat alias AA, yang merupakan jaringan Jamaah Islamiyah, di wilayah Bekasi.

Berdasarkan keterangan, Farid Ahmad Okbah dan Ahmad Zain Annajah merupakan bagian pengurus LAZ BM ABA, menjabat sebagai dewan syariah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri Bandung tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

KPK Tangkap Ra Latif dan 5 Pejabat Pemkab Bangkalan, Ini Daftarnya

KPK menangkap Bupati Bangkalan, AbduI Latif Amin Imron atau Ra Latif dan lima pejabat di Pemkab Bangkalan terkait kasus jual beli jabatan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Bharada E Pastikan Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menegaskan Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Sampaikan Dukacita kepada Korban Bom Bandung

Saat menjenguk korban bom Bandung di Rumah Sakit Immanuel, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan duka atas wafatnya Aipa Sofyan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Akui Tidak Jujur Saat Diperiksa Uji Kebohongan

Ferdy Sambo akui tidak jujur saat diperiksa poligraf atau alat uji kebohongan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Efek Bom Bandung, Pengamanan Pernikahan Kaesang Dipertebal

Pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dipertebal mengingat adanya peristiwa bom Bandung. 

NEWS | 7 Desember 2022

Percaya 1.000%, Ferdy Sambo Mengaku Putri Candrawathi Cinta Pertamanya

Ferdy Sambo mengaku Putri Candrawathi merupakan cinta pertamanya. Untuk itu, Sambo percaya 1.000% Putri Candrawathi dilecehkan oleh Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Kukuh Tak Perintahkan Eliezer Tembak Brigadir J

Mantan Kadiv Propam, Ferdy Sambo kukuh mengeklaim tak perintahkan Richard Eliezer atau Bharada E untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Pengadilan AS Tolak Gugatan ke Putra Mahkota Saudi atas Kematian Khashoggi

Pengadilan AS menolak kasus gugatan ke Putra Mahkota Saudi (Arab Saudi), Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) atas kasus kematian wartawan.

NEWS | 7 Desember 2022

Jenguk Korban Bom Bandung, Mahfud MD: Jaringan Teroris Masih Ada

Mahfud MD menyatakan, bom Bandung menunjukkan jaringan teroris masih ada. Agus Sujatno, pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar merupakan residivis.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE