Logo BeritaSatu

9 Kiai Sepuh Minta Muktamar NU Diundur Akhir Januari 2022

Jumat, 26 November 2021 | 09:18 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Memanasnya dinamika terkait penjadwalan ulang Muktamar ke-34 NU, diam-diam mendapat perhatian khusus dari beberapa kiai sepuh (masyayikh).

Makin mengerasnya dua kutub pendapat soal diundur atau dimajukannya waktu Muktamar ke-34 NU, menyusul pemberlakuan PPKM level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang, sepertinya telah memaksa sejumlah masyayikh turun gunung.

Hal ini berdasarkan dokumen mutakhir yang diterima Beritasatu.com, Jumat (26/11/2021). Dalam dokumen tersebut terdapat dua halaman surat hasil pertemuan para masyayikh tertanggal 24 November 2021. Pertama, berbentuk berita acara kesepakatan pertemuan yang ditandatangani oleh sembilan kiai sepuh. Kedua, berisi penyampaian hasil kesepakatan tersebut yang ditujukan langsung kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Selain meminta muktamar dilangsungkan dalam suasana kekeluargaan, persaudaraan, dan kebersamaan, para kiai sepuh dalam poin musyawarahnya juga bermufakat agar sebaiknya Muktamar ke-34 NU dilaksanakan dengan persiapan yang maksimal dan optimal.

“Karena itu idealnya Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama dilaksanakan pada akhir Januari 2022, bertepatan dengan Harlah NU ke-96,” demikian salah satu butir kesepakatan para kiai sepuh tersebut.

Poin lainnya, para kiai sepuh NU juga meminta agar Muktamar ke-34 NU berkualitas dan bermartabat. Juga menghasilkan keputusan yang fundamental dalam rangka membangun kemandirian bangsa untuk perdamaian dunia.

Kesembilan kiai sepuh atau masyayikh yang menandatangani kesepakatan musyawarah itu yakni KH Anwar Mansyur dari Jawa Timur, KH Abuya Muhtadi Dimyati dari Banten, Tuanku Bagindo H Muhammad Letter dari Sumatera Barat, KH Manarul Hidayat dari Jakarta, Dr KH Abun Bunyamin dari Jawa Barat, KH Ahmad Haris Shodaqoh dari Jawa Tengah, KH Abdul Kadir Makarim dari NTT, KH Muhsin Abdillah dari Lampung, dan Dr KH Farid Wajdy dari Kalimantan Timur.

Seperti diberitakan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj seusai menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (6/10/2021) lalu menyebutkan Muktamar NU akan dilaksanakan pada 23-25 Desember 2021 di Lampung yang digelar secara hybrid atau campuran antara daring dan tatap muka.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Ferdy Sambo tidak sudi disebut pembohong, meski hasil poligraf atau uji kebohongan terkait kasus pembunuhan Brigadir J menyatakan Ferdy Sambo tidak jujur.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Instruksikan Usut Tuntas Bom Bunuh Diri Bandung

Kapolri Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mengusut tuntas peristiwa bom bunuh diri Bandung tersebut.

NEWS | 7 Desember 2022

KPK Tangkap Ra Latif dan 5 Pejabat Pemkab Bangkalan, Ini Daftarnya

KPK menangkap Bupati Bangkalan, AbduI Latif Amin Imron atau Ra Latif dan lima pejabat di Pemkab Bangkalan terkait kasus jual beli jabatan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Bharada E Pastikan Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir J

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E menegaskan Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Kapolri Sampaikan Dukacita kepada Korban Bom Bandung

Saat menjenguk korban bom Bandung di Rumah Sakit Immanuel, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan duka atas wafatnya Aipa Sofyan. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Akui Tidak Jujur Saat Diperiksa Uji Kebohongan

Ferdy Sambo akui tidak jujur saat diperiksa poligraf atau alat uji kebohongan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Efek Bom Bandung, Pengamanan Pernikahan Kaesang Dipertebal

Pengamanan pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dipertebal mengingat adanya peristiwa bom Bandung. 

NEWS | 7 Desember 2022

Percaya 1.000%, Ferdy Sambo Mengaku Putri Candrawathi Cinta Pertamanya

Ferdy Sambo mengaku Putri Candrawathi merupakan cinta pertamanya. Untuk itu, Sambo percaya 1.000% Putri Candrawathi dilecehkan oleh Brigadir J. 

NEWS | 7 Desember 2022

Ferdy Sambo Kukuh Tak Perintahkan Eliezer Tembak Brigadir J

Mantan Kadiv Propam, Ferdy Sambo kukuh mengeklaim tak perintahkan Richard Eliezer atau Bharada E untuk menembak Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Pengadilan AS Tolak Gugatan ke Putra Mahkota Saudi atas Kematian Khashoggi

Pengadilan AS menolak kasus gugatan ke Putra Mahkota Saudi (Arab Saudi), Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) atas kasus kematian wartawan.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

Mengaku Tak Jujur, Ferdy Sambo Tak Sudi Disebut Pembohong

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE