Logo BeritaSatu

3 Desember, Timsel Akan Umumkan 48 Nama Balon KPU-Bawaslu

Sabtu, 27 November 2021 | 10:17 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / EHD

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah menggelar tes tertulis dan penulisan makalah, Tim Seleksi (Timsel) akan mengumumkan 48 bakal calon (balon) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada 3 Desember 2021.

Demikian disampaikan Ketua Timsel KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro kepada Beritasatu.com, Sabtu (27/11/2021).

"Setelah ini (tes tertulis dan penulisan makalah), akan diumumkan tanggal 3 Desember 2021 sejumlah 48 nama, yakni 28 bakal calon KPU dan 20 bakal calon Bawaslu," kata Juri Ardiantoro.

Setelah diumumkan nama-nama balon KPU dan Bawaslu, Juri mengatakan langkah selanjutnya akan dilakukan tes psikologi untuk mengukur integritas serta berbagai potensi dan kemampuan calon.

"Selanjutnya dilakukan tes kesehatan lengkan dan wawancara," ujar Juri Ardiantoro.

Juri mengungkapkan selama proses seleksi, partisipasi publik untuk menilai kompetensi dan kredibilitas balon KPU dan Bawaslu sudah dibuka sejak awal. Publik bisa memberikan masukan kepada tim seleksi terkait para balon KPU dan Bawaslu.

"Selama proses seleksi, sudah sejak awal dibuka kepada publik untuk memberikan masukan-masukan kepada tim seleksi," teran Juri Ardiantoro.

Nantinya, dari 48 nama tersebut, akan dipilih 24 nama kandidat KPU dan Bawaslu. Kemudian 24 kandidat ini akan dilaporkann ke Presiden untuk diserahkan ke DPR RI.

"Nanti yang menyerahkan nama-nama kandidat ke DPR adalah Presiden. Timsel akan menyerahkan 24 nama ke Presiden pada 7 Januari 2022," ungkap Juri Ardiantoro.

Seperti diketahui, Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu menggelar tes tertulis serta penulisan makalah bagi calon anggota KPU dan Bawaslu di Jakarta International Expo (JIEXPO), Jakarta pada Rabu (24/11/2021).

Berdasarkan data yang diterima Timsel, dari 630 peserta yang berhak melanjutkan ke tahap seleksi tes tertulis, penulisan makalah, dan psikologi dasar ada 45 peserta yang tidak hadir mengikuti tahapan ini. Dari jumlah itu, diketahui satu orang mengundurkan diri.

Terkait peserta yang tidak mengikuti tahapan kali ini, rinciannya yaitu 30 orang pelamar anggota KPU dan 15 orang pelamar anggota Bawaslu. Pendaftar yang tidak ikut seleksi tertulis ini sudah pasti dinyatakan gugur.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings