Logo BeritaSatu

DPR, NTT, dan PTTEP Bangun Fasilitas Air Bersih di Ngada

Sabtu, 27 November 2021 | 11:44 WIB
Oleh : FMB

Ngada, NTT, Beritasatu.com - DPR RI dan Pemerintah NTT kerja sama dengan PTTEP membangun fasilitas air bersih untuk warga Desa Ria-1, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Setelah berbagai tantangan, pembangunan sumur air bersih di desa tersebut akhirnya rampung. Sumur diresmikan oleh anggota DPR-RI dari Nusa Tenggara Timur, Julie Sutrisno Laiskodat, beserta Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada.

“PTTEP sudah membangun kita punya air (sumur air), dengan mencarikan mata air untuk meningkatkan kesejahteraan kita. Tolong jaga dengan baik. Terima kasih kepada ibu bapak telah membantu kami, air menjadi salah satu masalah di NTT," ujar Julie Laiskodat, Jumat (26/11/21).

PTTEP Indonesia, Julie Laiskodat, beserta Pemerintah Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Ngada berharap sumur ini dapat memberikan hasil berupa peningkatan produktivitas masyarakat.

Pembangunan sumur digagas oleh Julie Laiskodat dengan perusahaan minyak nasional asal Thailand, PTTEP yang beroperasio di Indonesia. Bupati Kabupaten Ngada Andreas Paru, Ketua DPRD Kabupaten Ngada Bernadinus Dhey Ngebu, dan jajaran pemerintahan kabupaten dan desa setempat, turut hadir dalam peresmian. Acara peresmian dikukuhkan secara khidmat dengan menandatangani Prasasti Sumur Air Bersih.

General Manager PTTEP Indonesia Grinchai Hattagam bersyukur pembangunan sumur berhasil, setelah delapan bulan. PTTEP Indonesia berharap dengan adanya fasilitas sumur air bersih ini, akan menambah semangat dalam meningkatkan kualitas hidup. Memberi dampak pada peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat, waktu yang dapat dihemat dari usaha untuk mendapatkan air bersih dan sanitasi yang baik.

“PTTEP Indonesia senang dapat berkontribusi dalam pembangunan fasilitas di NTT. Semoga sumur air bersih ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan pergerakan ekonomi di desa ini dan semoga sumur ini terus menjadi bagian untuk sumber kehidupan bagi warga desa”, ujar Grinchai.

Pemanfaatan air bersih bagi masyarakat Desa Ria-1 penting dalam kemajuan manusia Indonesia. Karena itu, sebagai perusahaan yang mengedepankan Sustainable Development Goals atau SDGs, PTTEP Indonesia menyambut baik kolaborasi membangun desa yang layak air bersih dan sanitasi bagi masyarakat. Air bersih juga penting bagi kemajuan ekonomi, di antaranya untuk warga desa yang fokus di pertanian maupun peternakan. Kontribusi ini juga sebagai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memberikan perhatian kepada masyarakat.

Air bersih dan sanitasi merupakan masalah klasik di Nusa Tenggara Timur. Karena itu, Julie Sustrisno Laiskodat yang merupakan anggota DPR dari Nusa Tenggara Timur, menginisiasi pembangunan sumur di Kabupaten Ngada.

Saat penentuan titik pengeboran sumur disaksikan anggota DPRD Kabupaten Ngada, dan aparat pemerintah Desa. Sementara proses pengeboran disepakati bersama oleh pemerintah desa, para petua adat serta keterlibatan masyarakat.

Proses pembangunan sumur pun cukup pelik, karena dalam survei geolistrik untuk menentukan titik lokasi kedalaman air bersih di permukaan tanah, tak lantas bisa langsung mendapatkan sumber air. Selama proses pengeboran sumur, muncul tantangan, di antaranya, tanah yang terletak di lokasi pengeboran dilapisi batuan yang keras dan tebal. Cuaca ekstrem yang kerap terjadi seperti hujan lebat dan badai, hantaman pandemi Covid-19, juga menjadi faktor proses pengerjaan pengeboran menjadi tidak mudah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

NEWS | 37 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings