Logo BeritaSatu

Milad Ke-64, Uhamka Pertahankan Akreditasi Institusi A

Sabtu, 27 November 2021 | 20:42 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Rektor Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka), Gunawan Suryoputro mengatakan, Uhamka berhasil mempertahankan akreditasi institusi A tahun ini. Hal ini disampaikan dalam acara puncak Milad Uhamka ke-64 bertajuk "Uhamka Menebar Peduli".

"Tahun 2021 ini, kita berhasil mempertahankan akreditasi institusi A dan saat ini kita dalam proses persiapan untuk menuju akreditasi unggul dan internasional," kata Gunawan dalam keterangan pers diterima Beritasatu.com, Sabtu (27/11/2021).

Ia juga mengatakan, tahun ini Uhamka juga mengalami peningkatan pada webometrics. Setelah pada tahun 2020 masuk pada urutan 227, tahun ini berhasil meningkatkan ranking webometrics menjadi peringkat 69. Selain itu, berhasil menempati peringkat teratas ke-5 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (PTMA) dari 165 PTMA.

Sementara itu, jumlah publikasi jurnal internasional dan nasional tahun 2021 sebanyak 38 artikel jurnal terindex scopus, 36 prosiding terindeks scopus, 52 artikel jurnal Sinta, jurnal nasional 437 dan 27 jurnal internasional. Selain publikasi jurnal, terdapat HAKI 28 dan buku 15 integrasi AIK.

Selanjutnya, Gunawan menuturkan, untuk memberikan kesempatan semua kalangan dapat lanjut pendidikan tinggi, Uhamka menyiapkan beasiswa Kader Langsung Kerja yang diluncurkan pada 2020 silam. Selain itu, ada beasiswa eksternal yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Muamalat dan BSI, beasiswa Hamka Muda, beasiswa kader berprestasi, beasiswa prestasi dan Hamka Scholarship.

Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dan publikasi, lanjut Gunawan, Uhamka memberikan prioritas kepada para dosen. Saat ini, jumlah riset dosen Uhamka sebanyak 612 penelitian, dan ditopang langsung oleh unit penerbitan dan publikasi ilmiah.

Selanjutnya, dalam hal peningkatan kompetensi dosen dan karyawan, pada 2021 Uhamka memiliki 485 dosen bergelar magister (S2) dan 155 dosen doktor (S3), sehingga total keseluruhan menjadi 640 dosen, di samping 252 tenaga kependidikan.

"Saat ini dosen Uhamka yang sedang kuliah S3 berjumlah 75 orang, yaitu 13 beasiswa LPDP dan 62 beasiswa Uhamka yang tersebar di beberapa daerah dan negara antara lain Rusia, Inggris, Jepang, Malaysia dan juga di Indonesia. Sedangkan jumlah dosen yang telah tersertifikasi bertambah 40 orang sehingga total berjumlah 364 dosen. Untuk Tenaga Kependidikan, uhamka memiliki Laboran 24 dan 21 pustakawan dan selebihnya (207) tenaga administrasi," papar Gunawan.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir mengatakan, Uhamka hadir sebagai kekuatan penggerak persyarikatan, yang mampu memikul beratnya dakwah dan tajdid Muhammadiyah. Selama 64 tahun, lanjut Haedar, Uhamka telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai alat dakwah Muhammadiyah.

"Alhamdulillah Uhamka telah tumbuh menjadi kebanggaan persyarikatan Muhammadiyah. Milad ini harus makin melakukan akselerasi agar Uhamka dengan Catur Dharma-nya makin jadi kampus kebanggaan yang berkualitas dan berkemajuan,” katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA, BlackRock, Dkk

Traveloka Dapat Suntikan Dana US$ 300 Juta dari INA, BlackRock, Dkk

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings