Logo BeritaSatu
Ciptakan Kader Birokrasi Agile di Era VUCA

Politeknik STIA LAN Jakarta Luluskan 144 Mahasiswa

Sabtu, 27 November 2021 | 22:36 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Masyarakat dan aparatur sipil negara dituntut untuk segera beradaptasi dengan kondisi yang terus berubah-ubah dan sulit diprediksi, yang ditandai dengan era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity and Ambiguity). Menyikapi hal tersebut, ASN sebagai motor penggerak birokrasi harus selalu dinamis, agile dan mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat.
Hal ini disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr Adi Suryanto, MSi dalam Wisuda Politeknik STIA LAN Jakarta Tahun 2021 yang diselenggarakan di Auditorium Graha Makarti Bhakti Nagari, LAN Corporate University , Pejompongan, Jakarta, Sabtu (27/11/2021).

“Kita mengetahui bahwa di tahun 2024 pemerintah tengah membangun birokrasi berkelas dunia (world class bureaucracy), maka dari itu dibutuhkan sinergi, kerja keras dan upaya kita secara bersama-sama, termasuk para wisudawan yang saat ini telah menyelesaikan jenjang perguruan tinggi, diharapkan mampu berkontribusi serta mengambil peran dalam menciptakan lingkungan birokrasi yang lebih cepat dan responsif terhadap segala perubahan yang terjadi” tuturnya.

Adi Suryanto juga menambahkan, keberhasilan para mahasiswa yang saat ini di wisuda, merupakan sebuah milestone yang menjadi awal titik tolak untuk meraih keberhasilan di masa yang akan datang, namun jangan mudah berpuas diri terhadap capaian yang saat ini telah di raih, terus kembangkan potensi diri serta menggali wawasan dan pengetahuan yang lebih luas, serta mampu membawa perubahan terhadap birokrasi ini menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Menpan RB Tjahjo Kumolo, dalam orasinya menjelaskan, ASN harus cepat dan berani dalam mengambil keputusan baik di tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah terlebih jika keputusan tersebut menyangkut pelayanan terhadap masyarakat.

Menpan RB mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi harapan Presiden Joko Widodo kepada birokrasi, antara lain birokrasi yang mampu memberikan dampak yang maksimal terhadap masyarakat, birokrasi yang memiliki daya saing secara global, serta birokrasi yang ramping dan lincah (agile).

“Untuk mewujudkan beberapa hal tersebut maka perlu adanya percepatan reformasi birokrasi yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi serta keberhasilan pembangunan nasional” katanya.

Menpan RB juga menjelaskan terkait core value ASN yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, yaitu Ber-Akhlak yang merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif', maka setiap ASN perlu menginternalisasikan core value tersebut dalam melakukan aktivitasnya sebagai pelayan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Nurliah Nurdin dalam laporannya menyampaikan, bahwa wisuda tahun ini diikuti oleh 144 wisudawan dan wisudawati yang dilaksanakan secara klasikal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat

Nurliah Nurdin menjelaskan, sejak tahun 2017 Politeknik STIA LAN Jakarta telah mengembangkan program pendidikan terapan yaitu Prodi D4 Administrasi Pembangunan Negara, Prodi D4 Administrasi Bisnis Sektor Publik, dan Prodi D4 Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur. Adapun program pascasarjana yang dimiliki Politeknik STIA LAN Jakarta adalah Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara dan Doktor Terapan Administrasi Pembangunan Negara.

“Komitmen Politeknik STIA LAN Jakarta juga ditunjukkan dengan raihan predikat akreditasi “Baik Sekali” untuk kelima program studinya, termasuk Program Studi Doktor Terapan Administrasi Pembangunan Negara yang telah diperoleh di tahun ini. Konsistensi, kerja keras, dan kerja sama seluruh stakeholders menjadi semangat kita bersama mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini kepada predikat “Unggul”, tutupnya.

Acara Wisuda ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Prof Agus Pramusinto, MDA serta jajaran JPT Madya dan JPT Pratama di lingkungan LAN.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

Pengelola Yayasan Ayah Sejuta Anak dibekuk aparat Polres Bogor dalam kasus dugaan jual beli bayi.

NEWS | 30 September 2022

Putin Umumkan Rusia Caplok 4 Wilayah Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengumumkan pencaplokan empat wilayah Ukraina yang dikuasai ke Rusia pada Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022

Italia dan AS Desak Warga Negaranya Tinggalkan Rusia

Italia dan Amerika Serikat (AS) mendesak warga negaranya untuk mempertimbangkan meninggalkan Rusia.

NEWS | 30 September 2022

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jual Beli Bayi Rp 15 Juta

Jual Beli Bayi Rp 15 Juta "Ayah Sejuta Anak" Dibekuk

NEWS | 18 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings