Logo BeritaSatu

Menteri PUPR Tinjau Infrastruktur Pendidikan di Kapuas Hulu

Senin, 29 November 2021 | 09:40 WIB
Oleh : Indah Handayani / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Di sela-sela Kunjungan Kerja bersama Ketua Komisi V DPR RI Lasarus di Kalimantan Barat (Kalbar), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau infrastruktur pendidikan dan pengendali banjir di Putussibau. Di antaranya adalah pembangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Kedamin Hulu di Kabupaten Kapuas Hulu.

Menteri Basuki dalam arahannya menyampaikan agar pembangunan fisik SDN 01 Kedamin Hulu dapat selesai tepat waktu dengan kualitas mutu yang baik. Pembangunan dan rehabilitasi SDN 01 Kedamin Hulu dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalbar, Ditjen Cipta Karya sejak 6 April 2021 dan ditargetkan selesai Desember 2021. Saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 94% dengan kontraktor pelaksana PT Cakrawala Surya Raya - PT Adian Teknik Natama (KSO).

Adapun pekerjaan fisik meliputi pembangunan 11 ruang belajar, perpustakaan, ruang guru, ruang kepala sekolah, UKS, 12 toilet umum, toilet difabel, dan lanskap. Pekerjaan ini mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Menteri Basuki bahkan memeriksa secara detail beberapa komponen bangunan seperti jendela dan pintu hingga sarana sanitasi untuk memastikan kualitas mutu infrastruktur yang dibangun. Menteri Basuki juga meminta agar ketinggian selasar disesuaikan dengan lapangan olahraga serta diberikan railing pengaman dan pagar keliling untuk memberikan kenyamanan dan keamanan siswa.

"Lingkungan sekolah harus hijau, lapangan harus ada rumputnya dan ditanami tanaman peneduh," tutur Menteri Basuki ungkapnya dalam keterangan pers, Senin (29/11/2021).

SDN 01 Kedamin Hulu merupakan satu dari 6 sekolah dasar yang direhabilitasi Kementerian PUPR di Kabupaten Kapuas Hulu pada TA 2021. Usai meninjau perbaikan SDN 01 Kedamin Hulu, Menteri Basuki melanjutkan tinjauan di Danau Sinau yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, Putussibau.

Rehabilitasi danau seluas 35 hektare dengan kedalaman 2 meter ini mulai dikerjakan tahun 2020 untuk meningkatkan fungsi sebagai tampungan air (retarding basin) dan manfaat lainnya seperti penyediaan air baku dan perikanan.

Menteri Basuki menginstruksikan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 untuk melakukan pengukuran dan pematokan batas danau, perencanaan tanggul danau, pembersihan dan pengerukan sedimen agar Danau Sinau dan danau-danau lainnya di sepanjang Sungai Kapuas secara bertahap agar dapat menjadi tampungan air yang efektif saat banjir.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiah Kursi Roda dari Puan Bahagiakan Ibu dari Anak Penderita Polio

Petani bunga di Badung, Bali, Ni Ketut Ratko sangat gembira menerima bantuan kursi roda untuk anaknya yang menderita polio.

NEWS | 30 September 2022

DKI: Pembangunan Rusun di Pulau G Akan Dilakukan Swasta

Pemprov DKI Jakarta mengatakan, pembangunan rusun (rumah susun) di Pulau G kemungkinan akan dilakukan oleh pihak swasta.

NEWS | 30 September 2022

Ali Ibrahim Undang Presiden Jokowi Buka Sail Tidore 2022

Ali Ibrahim mengundang dan meminta secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk hadir dan membuka acara Puncak Sail Tidore pada November 2022.

NEWS | 29 September 2022

DPR Siap Tunjukkan Komitmen Indonesia Kurangi Emisi

DPR siap menjadi tuan rumah perhelatan The 8th G-20 Parliamentary Speaker Summit (P-20) yang akan diselenggarakan pekan depan.

NEWS | 29 September 2022

UBK Kerja Sama dengan Persatuan Alumni GMNI

UBK melakukan kerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

NEWS | 29 September 2022

Moeldoko Dorong Swasta Terlibat Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mendorong keterlibatan pihak swasta dalam percepatan vaksinasi Covid-19.

NEWS | 29 September 2022

Komnas HAM Harap Jaksa Maksimal Dakwa Ferdy Sambo Cs

Komnas HAM berharap jaksa bisa menyusun dakwaan terhadap para tersangka secara maksimal.

NEWS | 29 September 2022

Peraturan Menkumham, Masa Berlaku Paspor Menjadi 10 Tahun

Masa berlaku paspor dari semula lima tahun diubah menjadi 10 tahun. Hal ini diatur dalam Peraturan Menkumham Nomor 18 Tahun 2022.

NEWS | 29 September 2022

Polri Kirim Surat Pemecatan Ferdy Sambo ke Sekmil Presiden

Polri telah mengirim berkas putusan pemecatan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo ke Sekretariat Militer (Sekmil) Presiden.

NEWS | 29 September 2022

Soal Mobil Dinas Listrik, Pemprov DKI Punya 2 Pilihan

Pemprov DKI akan melakukan 2 pilihan terkait mobil dinas listrik. Dua pilihan itu, adalah memodifikasi kendaraan dinas lama dan membeli mobil listrik.

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

ICT Business Partnership, Pengusaha Korea-Indonesia Jalin Kerja Sama

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings