Logo BeritaSatu

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Dihukum 5 Tahun Penjara

Senin, 29 November 2021 | 22:45 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Majelis hakim Pengadilan Tipikor Makassar menjatuhkan hukuman lima tahun pidana penjara dan denda Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan terhadap Gubernur nonaktif Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah. Majelis hakim menyatakan Nurdin telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah bersama-sama dengan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Edy Rahmat menerima suap dan gratifiasi terkait sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Sulsel secara berlanjut.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Nurdin Abdullah telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," kata Ketua Majelis Hakim, Ibrahim Palino saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Makassar yang disiarkan melalui kanal YouTube KPK RI, Senin (29/11/2021), malam.

Tak hanya pidana pokok, majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan kepada Nurdin Abdullah berupa kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 2,18 miliar dan SGD 350.000 paling lama sebulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap. Jika dalam tempo tersebut tidak dibayar, harta benda Nurdin Abdullah akan disita dan dilelang untuk menutupi kewajiban uang pengganti tersebut. Jika harta benda Nurdin Abdullah tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana selama 10 bulan.

Selain itu, majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik atau hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama tiga tahun setelah Nurdin Abdullah selesai menjalani pidana pokok.

Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim lebih ringan dibanding tuntutan jaksa penuntut KPK. Sebelumnya jaksa menuntut agar majelis hakim menghukum Nurdin dengan 6 tahun pidana penjara dan dengan Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan

Dalam menjatuhkan hukuman terhadap Nurdin Abdullah ini, majelis hakim mempertimbangkan sejumlah hal. Untuk hal yang memberatkan, majelis hakim menilai perbuatan Nurdin Abdullah bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan korupsi.

Sedangkan untuk hal yang meringankan, majelis hakim menilai Nurdin belum pernah dihukum, mempunyai tanggungan keluarga yang perlu dinafkahi, sopan dan kooperatif selama persidangan berlangsung, dan tidak pernah bertingkah dengan macam-macam alasan yang mengakibatkan persidangan tidak lancar.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Pansus Kanjuruhan, Puan: Hargai Dulu Tim Independen

Ketua DPR Puan Maharani angkat bicara soal adanya usulan Panitia Khusus (Pansus) Tragedi Kanjuruhan yang digagas lintas fraksi di DPR.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

Ketua Umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas meresmikan kantor baru DPP PAN di Warung Buncit, Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Anies Capres Nasdem, Puan: Lebih Baik Fokus Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara soal deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Nasdem.

NEWS | 5 Oktober 2022

Punya Tiket Pilpres 2024, KIB Tak Buru-buru Deklarasi Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah memiliki tiket Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022

3.000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Penanaman pohon bakau ini digelar AEON Environmental Foundation untuk membantu pemerintah DKI Jakarta mencegah terjadinya bencana abrasi dan kekeringan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Perkara Dugaan Pelanggaran PE Minyak Goreng Masih Sulit Dibuktikan

sidang lanjutan perkara dugaan korupsi permohonan Persetujuan Ekspor (PE) Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya belum mampu membuktikan adanya korupsi atau perbuatan melawan hukum

NEWS | 4 Oktober 2022

Ciliwung Meluap, 6 Pintu Air di Jakarta Waspada Banjir

Sebanyak enam pintu air di Jakarta waspada atau siaga 3 banjir dikarenakan hujan yang mengguyur ibu kota sejak sore hari tadi.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polisi Periksa CCTV di Rumah Lesti Kejora-Rizky Billar

Polisi akan memeriksa CCTV di rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar terkait penanganan dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 4 Oktober 2022

Mahasiwa FHUI Cetak Prestasi pada Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Dunia

FHUI yang tergabung dalam ALSA mencetak prestasi pada kompetisi peradilan semu bertaraf internasional di Seoul, 30 September - 3 Oktober 2022.

NEWS | 4 Oktober 2022

Ridwan Kamil Buktikan Dampak Perubahan Iklim, 700 Hektare Ditelan Laut

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuktikan sendiri dampak perubahan iklim di wilayahnya.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

NEWS | 10 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings