Logo BeritaSatu

Pentingnya Jaga Akuntabilitas sebagai Bentuk Kualitas Diri

Rabu, 1 Desember 2021 | 14:40 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com – Secara istilah, akuntabilitas adalah tindakan pertanggungjawaban atas hasil yang diperoleh setelah melakukan aktivitas tertentu. Merujuk hal tersebut, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil, berkata bahwa segala hal di dunia ini pasti ada bentuk akuntabilitas atau pertanggungjawabannya, berikut dengan hasil yang didapat, baik maupun buruk.

Sofyan A. Djalil menyampaikan bahwa tidak ada di dunia ini yang tidak ada bentuknya, kecuali Tuhan. Oleh karena itu, semua mempunyai trace atau jejak, begitu juga dengan hubungan antara manusia dengan akuntabilitas. Dalam konteks profesi, akuntabilitas dan pertanggungjawaban akan senantiasa ada dan bersinggungan.

“Segala hal di dunia ini, tak ada yang tak dimintai akuntabilitas. Ada yang diminta akuntabilitas ketika kita bekerja, ada yang diminta ketika pensiun. Ada yang tidak diminta, tetapi diminta akuntabilitasnya oleh Allah SWT di akhirat,” terang Sofyan A. Djalil dalam program daring Iqra’ Talk yang bertajuk Menjaga Akuntabilitas dalam Kehidupan Pribadi, Berbangsa, dan Bermasyarakat oleh Badan Pengelola Keuangan Haji, Senin (29/11/2021).

Hal ini sesuai dengan surah Al-Zalzalah ayat 7 dan 8 yang berbunyi, ”Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula".

Sofyan A. Djalil berujar bahwa selain perbuatan dan pikiran, niat pun ada bentuknya, ada jejaknya, serta dapat diminta akuntabilitas atau pertanggungjawabannya.

“Bahkan dalam doktrin tasawuf, niat yang baik, niat yang jahat, pikiran yang jahat, itu ada trace atau jejaknya. Niat yang belum terlaksana juga ada trace dan form-nya. Makanya, jangan berpikir dan berasumsi negatif. Jangan berpikir hal-hal yang tidak memberikan manfaat. Inilah konsep dasar akuntabilitas,” jelas Menteri ATR/Kepala BPN.

Sofyan A. Djalil juga mengutip konsep Hindu Jainism yang membuatnya tertarik.

Ia berkata bahwa konsep Hindu Jainism menekankan moral kepada anaknya dengan cara tidak mengotori jiwa agar tidak mendapat karma. Mengotori jiwa ini maksudnya dalam bentuk bicara yang tidak baik, berpikir yang tidak baik, mengambil yang bukan haknya, dan segala bentuk hal negatif lainnya.

Berbeda halnya dengan konsep yang seringkali disalahpahami oleh umat Islam. Sofyan A. Djalil mengungkapkan bahwa beberapa orang berbondong-bondong menuju Makkah dan berdoa di Multazam untuk memohon pengampunan. Namun ketika kembali pulang, mereka kembali melakukan dosa.

“Setelah itu, kembali lagi ke Makkah untuk pengampunan dosa lagi, begitu seterusnya. Ini ialah pemahaman yang keliru. Seharusnya kita tahu konsep karma seperti ayat di surah Al-Zalzalah yang tadi. Kebaikan di dunia sebesar biji dzarrah pun akan dibalas, begitu juga kejahatan,” tegasnya.

Terakhir, Sofyan A. Djalil kembali menekankan terkait pentingnya akuntabilitas bagi pribadi manusia. Hendaknya setiap orang melakukan sesuatu dengan betul-betul yakin, jika yang dilakukan ialah sesuatu yang baik. Hal ini karena semua urusan akan ditanya akuntabilitas atau pertanggungjawabannya, baik di dunia maupun di akhirat kelak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 24 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

NEWS | 57 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings