Logo BeritaSatu

HUT Ke-71 Korpolairud, Kapolri: Optimalkan Pelaksanaan Tugas

Rabu, 1 Desember 2021 | 16:53 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta kepada jajaran Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas. Sigit juga berharap Korpolairud terus menjadi representasi kehadiran negara di setiap wilayah Indonesia, termasuk mendukung pengendalian dan penanganan Covid-19.

“Harapan kami, jajaran Polairud khususnya untuk terus bisa mengoptimalkan pelaksanaan tugasnya guna mewujudkan representasi negara hadir di setiap wilayah yang membutuhkan kehadiran negara dan membutuhkan kehadiran Polri,” ujar Sigit ketika menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Korpolairud Baharkam Polri di Mako Ditpoludara, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/12/2021).

Korpolairud juga diminta bersiap menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang ada saat ini dan ke depan. Misalnya, mengoptimalkan kegiatan dalam membantu pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19.

Sigit mengatakan tugas Korpolairud menjadi sentral dalam rangka pengendalian Covid-19 di wilayah kepulauan. Contohnya, akselerasi percepatan vaksinasi ke masyarakat yang berada di pulau terluar atau akses daratnya sulit.

“Mulai dari distribusi vaksin, kemudian akselerasi vaksin pulau terluar di wilayah-wilayah perairan. Di mana masyarakat juga tentunya perlu mendapatkan bantuan vaksinasi, termasuk juga distribusi logistik yang terkait,” kata Sigit.

Sigit mendorong Korpolairud melakukan akselerasi atau percepatan vaksinasi agar dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19, termasuk varian baru Omicron. Gerai-gerai vaksin di wilayah perairan perlu disiapkan. Demikian juga distribusi logistik vaksinasi yang tentunya memerlukan pengamanan, karena berada di wilayah terpencil atau antarpulau.

“Sehingga program pemerintah dalam rangka mewujudkan capaian vaksinasi 70 persen di tahun ini dan ke depan akan terus terlaksana. Adanya berbagai varian baru termasuk Omicron saat ini menjadi kewaspadaan kita. Tentunya rangkaian pengendalian Covid-19 mulai dari bagaimana memperkuat protokol kesehatan, mulai dari 3M, 3T dan akselerasi vaksinasi betul-betul bisa kita laksanakan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sigit juga meresmikan sembilan helikopter guna memperkuat dan mengoptimalisasi pelaksanaan tugas Korpolairud dalam menciptakan keamanan serta ketertiban di perairan Indonesia.

Diharapkan, helikopter itu menjadi sarana dan prasarana penunjang Korpolairud, sehingga makin optimal dalam melakukan mobilisasi pemantauan dan pengawasan di beberapa kawasan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Semisal kawasan industri, pariwisata ataupun kawasan strategis nasional lainnya yang tentunya memerlukan kehadiran Polri.

“Karena itu tentunya dengan kehadiran helikopter yang baru ini, mobilitas dan sekaligus pengawasan serta pemantauan melalui udara terhadap kawasan tersebut juga akan semakin baik,” ujar Sigit.

Sigit menuturkan helikopter yang merupakan peralatan utama Polairud juga akan dimaksimalkan untuk menyukseskan sejumlah agenda nasional dan internasional di Indonesia.

“Kita juga akan menghadapi beberapa tantangan tugas terkait penyelenggaraan event nasional maupun internasional. Terkait presidensi tentunya membutuhkan pengamanan. Kami tentunya akan persiapkan semuanya agar bisa menjadi lebih baik,” tutur Sigit.

Sigit juga meminta kepada seluruh jajaran Korpolairud untuk selalu berada di garis terdepan dan responsif untuk membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

“Terkait juga tantangan tugas dengan adanya berbagai macam kondisi bencana yang ada baik longsor, bencana perairan tentunya memerlukan kehadiran Polri. Kita harapkan kita akan jauh lebih baik dengan adanya sarana dan prasarana baru yang kita miliki. Demikian juga dengan tantangan tugas yang lain,” ucap Sigit.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

HT Instruksikan Kader Perindo Raih Double Digit pada Pemilu 2024

Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo (HT) menginstruksikan seluruh kadernya untuk meraih double digit pada Pemilu 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022

Penahanan Putri Candrawathi Permudah Proses Hukum Kasus Brigadir J

Yenti Garnasih menyatakan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi mempermudah proses hukum kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

NEWS | 5 Oktober 2022

Soal Pansus Kanjuruhan, Puan: Hargai Dulu Tim Independen

Ketua DPR Puan Maharani angkat bicara soal adanya usulan Panitia Khusus (Pansus) Tragedi Kanjuruhan yang digagas lintas fraksi di DPR.

NEWS | 5 Oktober 2022

Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

Ketua Umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau biasa disapa Zulhas meresmikan kantor baru DPP PAN di Warung Buncit, Jakarta Selatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Anies Capres Nasdem, Puan: Lebih Baik Fokus Tragedi Kanjuruhan

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani angkat bicara soal deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dari Partai Nasdem.

NEWS | 5 Oktober 2022

Punya Tiket Pilpres 2024, KIB Tak Buru-buru Deklarasi Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) telah memiliki tiket Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

NEWS | 5 Oktober 2022

3.000 Pohon Bakau Ditanam di Pesisir Pantai Jakarta

Penanaman pohon bakau ini digelar AEON Environmental Foundation untuk membantu pemerintah DKI Jakarta mencegah terjadinya bencana abrasi dan kekeringan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Perkara Dugaan Pelanggaran PE Minyak Goreng Masih Sulit Dibuktikan

sidang lanjutan perkara dugaan korupsi permohonan Persetujuan Ekspor (PE) Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya belum mampu membuktikan adanya korupsi atau perbuatan melawan hukum

NEWS | 4 Oktober 2022

Ciliwung Meluap, 6 Pintu Air di Jakarta Waspada Banjir

Sebanyak enam pintu air di Jakarta waspada atau siaga 3 banjir dikarenakan hujan yang mengguyur ibu kota sejak sore hari tadi.

NEWS | 4 Oktober 2022

Polisi Periksa CCTV di Rumah Lesti Kejora-Rizky Billar

Polisi akan memeriksa CCTV di rumah Lesti Kejora dan Rizky Billar terkait penanganan dugaan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

Ketua Umum Zulkifli Hasan Resmikan Kantor Baru DPP PAN

NEWS | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings