Logo BeritaSatu

Jokowi: Presidensi G-20 adalah Kehormatan bagi Indonesia

Rabu, 1 Desember 2021 | 20:55 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia resmi memegang Keketuaan atau Presidensi Group of Twenty (G-20) per 1 Desember 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Presidensi G-20 merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia.

Hal tersebut diutarakan oleh Presiden Joko Widodo saat berpidato pada pembukaan Presidensi G-20 Indonesia sebagaimana ditayangkan pada YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/12/2021).

"Kepercayaan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi dunia, untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” kata Jokowi.

Sejalan dengan hal tersebut maka Presidensi G-20 Indonesia akan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". Jokowi menjelaskan dalam Presidensi G-20 tersebut, Indonesia akan fokus untuk mengerjakan tiga hal.

"Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan," ujar Jokowi.

Kedua, Kepala Negara juga ingin agar presidensi Indonesia pada G-20 tidak sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara-negara G-20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan terobosan-terobosan besar.

"Indonesia akan terus mendorong negara-negara G-20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini," jelas Jokowi.

Ketiga, Jokowi mengatakan Presidensi Indonesia juga akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Presiden menegaskan bahwa Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil.

"Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, dan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin," terang Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini kebersamaan adalah jawaban atas masa depan dengan semangat solidaritas. Untuk itu, Indonesia berupaya keras untuk menghasilkan inisiatif-inisiatif konkret untuk mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat.

"Saya mengundang para delegasi untuk datang ke Indonesia, untuk melihat keindahan alam Indonesia, untuk menyaksikan keunikan, keragaman budaya Indonesia, dan merasakan keramahtamahan masyarakat Indonesia. Kami akan menyambut Bapak, Ibu, semua dengan penuh kegembiraan dan tangan terbuka,” tutur Jokowi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Lambert Pekikir menyorot mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari pemeriksaan KPK.

NEWS | 27 September 2022

Puan Minta Ahmadi Noor Supit Buat Gebrakan Tingkatkan Kinerja BPK

Ketua DPR, Puan Maharani berharap anggota BPK terpilih, Ahmadi Noor Supit membuat gebrakan untuk meningkatkan kinerja BPK dalam mencegah kerugian negara.

NEWS | 27 September 2022

KLHK Proses 1.308 Kasus Pencemaran Lingkungan Hidup ke Pengadilan

KLHK telah memproses 1.308 kasus pencemaran lingkungan hidup baik pidana dan perdata hingga ke pengadilan dalam beberapa tahun terakhir.

NEWS | 27 September 2022

KPU Tak Perpanjang Masa Perbaikan Dokumen Parpol

KPU memastikan tidak akan memperpanjang waktu perbaikan dokumen pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024

NEWS | 27 September 2022

Keluarga Yakin Mahsa Amini Disiksa Polisi Susila Iran sebelum Tewas

Keluarga Mahsa Amini yang meninggal dalam tahanan Iran meyakini, wanita berusia 22 tahun itu meninggal setelah mendapat penyiksaan dari polisi susila.

NEWS | 27 September 2022

1,6 Juta Guru Belum Terima Tunjangan karena Terkendala Aturan Kemendikbudristek

Sebanyak 1,6 juta guru yang belum mendapat tunjangan profesi guru karena terkendala persyaratan yang dibuat Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Cegah Banjir, DKI Keruk Lumpur Sungai Serentak di 5 Wilayah

Dinas SDA DKI mengeruk sedimen lumpur dan sampah di sejumlah sungai dan waduk serentak di lima wilayah Jakarta sebagai upaya mencegah banjir

NEWS | 27 September 2022

Jakarta Innovation Days, Ajang DKI Unjuk Gigi Capaian Kinerja

Jakarta Innovation Days menjadi ajang DKI untuk memublikasikan capaian program kerja yang telah dikerjakan dalam waktu lima tahun ke belakang

NEWS | 27 September 2022

DPRD Ingin Kajian Trem Kota Bogor Sesuai Tata Ruang

DPRD mendesak Pemkot Bogor untuk lebih mematangkan kembali soal kajian rencana strategi transportasi di Kota Bogor, terkait pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022

Putri Bungsu Mantan PM Thailand Thaksin Unggul di Jajak Pendapat

Putri bungsu mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, telah muncul sebagai calon utama perdana menteri dalam jajak pendapat.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lapangan Tergenang, Laga Karo United vs Sriwijaya Dibatalkan

Lapangan Tergenang, Laga Karo United vs Sriwijaya Dibatalkan

BOLA | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings