Logo BeritaSatu

Novel Baswedan Dkk Bersedia Jadi ASN Polri

Senin, 6 Desember 2021 | 16:34 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati - / BW

Jakarta, Beritasatu.com - Novel Baswedan dan kawan-kawan (dkk) yang merupakan mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menyatakan menerima atau bersedia menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri.

"Tadi saya dan kawan-kawan telah menerima penjelasan dan kemudian telah juga menandatanangi surat kesediaan. Tentunya nanti akan dipastikan siapa saja yang kemudian akan setuju dan ikut, dan kemudian ada barangkali punya pilihan yang berbeda. Tetapi pada dasarnya, yang saya ketahui tadi sebagian besar ada di antara kami kemudian memilih menerima," ujar Novel Baswedan, di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Dikatakan Novel, kenapa pada akhirnya mereka memilih bersedia menjadi ASN Polri, karena masalah korupsi belakangan makin masif dan nilainya kian besar. Sementara, peran KPK memberantas korupsi dinilainya makin menurun.

"Ketika saya melihat atau kami, ya paling tidak melihat penjelasan dari pak Kapolri yang tampak bahwa ada seperti kesungguhan untuk memberantas korupsi terutama bidang pencegahan dan meminta kami untuk kesediaannya ikut melakukan tugas-tugas dalam rangka berbakti untuk kepentingan bangsa dan negara, tentu pilihan itu menjadi sulit buat kami untuk menolak," ungkapnya.

"Jadi saya kira kemudian kami memilih, sebagian besar dari kami saya katakan bukan semuanya ya, sebagian besar dari kami memilih untuk menerima, karena begitu masalah upaya memberantas korupsi kami pandang sebagai hal yang serius dan kami melihat ingin berkontribusi lebih banyak dalam rangka untuk memberantas korupsi," tambahnya.

Novel mengatakan, proses rekrutmen belum selesai. "Semoga semua prosesnya dapat berjalan dengan lancar dan niatan untuk bisa bertugas memberantas korupsi dengan sungguh-sungguh bisa benar-benar terealisasi," katanya.

Posisi
Menyoal apa posisi yang akan ditempati mantan pegawai KPK, Novel mengatakan, terkait dengan masalah pencegahan.

"Jadi saya kira karena fokusnya adalah terkait dengan upaya-upaya yang berhubungan dengan pencegahan. Saya kira hal-hal yang disampaikan pak Kapolri memang masalah strategis dalam hal upaya pemberantasan korupsi dari terutama sektor pencegahan, hal terkait pencegahan," jelasnya.

Menurut Novel, apa yang ditawarkan Kapolri dalam rangka memberantas korupsi dari sisi pencegahan adalah kesempatan buat mantan pegawai KPK untuk terus berkontribusi dan berbakti kepada bangsa.

"Ketika Kapolri menunjukkan kesungguhannya dalam rangka untuk bisa memberantas korupsi dengan lebih optimal dan ingin menggunakan kami, menggunakan apa kemampuan kami dan memberikan kesempatan kepada kami untuk ikut dalam berkontribusi memberantas korupsi fokusnya adalah masalah pencegahan, tentu itu suatu hal yang luar biasa dan kami mengapreasi untuk terlibat dalam hal itu," katanya.

Berkontribusi dalam sisi pencegahan, kata Novel, tidak kalah pentingnya dengan penyidikan dalam pemberantasan korupsi.

"Satu hal yang penting ya, karena saya juga sadar ya bahwa posisi kami itu adalah ASN bukan anggota Polri, sehingga bukan lagi sebagai penyidik tentunya karena di Polri penyidik adalah anggota Polri, tetapi kontribusi di sektor pencegahan juga tidak kalah penting. Dan saya berkeinginan kami bisa melakukan banyak hal. Tentunya nantinya kita akan bahas lebih jauh ya," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PDAM Bekasi Tumbangkan Lavani di Final Livoli Divisi Satu

PDAM Bekasi menumbangkan Lavani Bogor di final kompetisi bola voli Livoli Divisi Satu di GOR Debes Kabupaten Bogor, Minggu (2/10/2022).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, DPR: Kompetisi Sepak Bola Jangan Hanya Pentingkan Bisnis

Politikus PDIP Said Abdullah menyatakan tragedi Kanjuruhan, Malang menjadi pelajaran agar kompetisi sepak bola jangan hanya pentingkan aspek bisnis.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Penyebab Kepuasan Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam Sepekan

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi naik 5 persen dalam sepekan. Ini alasannya. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Ditolak Denmark, Prancis Akan Kirim Howitzer ke Ukraina

Prancis akan mengirim howitzer yang ditolak Denmark ke Ukraina. Kyiv mungkin mendapatkan hingga 12 howitzer Caesar dari Paris.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ridwan Kamil Masih Rahasiakan Parpol yang Jadi Pelabuhannya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil masih merahasiakan soal parpol mana yang menjadi pelabuhan politiknya.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kemendagri Dorong Kebijakan Afirmatif pada Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

Program pengarusutamaan gender menjadi bagian dari strategi pemerintah untuk mempercepat pembangunan di pusat maupun daerah.

NEWS | 2 Oktober 2022

Anies Bakal Diumumkan Surya Paloh sebagai Capres Nasdem?

Ketum Partai Nasdem Surya Paloh akan mengumumkan capers yang diusung Nasdem di Pilpres 2024 besok. Beredar kabar capres itu adalah Anies Baswedan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Nama Anies Bergema Saat Disinggung Sosok yang Bakal Pimpin Indonesia

Nama Anies Baswedan bergema ketika para peserta Supermentor-27 merespons pernyataan Dino Patti Djalal soal sosok yang bakal memimpin Indonesia.

NEWS | 2 Oktober 2022

NATO Peringatkan, Rusia Melemah tetapi Masih Berbahaya

NATO memperingatkan bahwa Rusia melemah tetapi masih berbahaya. Presiden Vladimir Putin dan Angkatan Bersenjata Rusia tidak boleh diremehkan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Gubernur Khofifah Berharap Tragedi Kanjuruhan Tak Terulang

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan 174 orang tidak terulang kembali.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PDAM Bekasi Tumbangkan Lavani di Final Livoli Divisi Satu

PDAM Bekasi Tumbangkan Lavani di Final Livoli Divisi Satu

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings