Logo BeritaSatu

Terapkan Sistem Merit, LAN Pertahankan Predikat Sangat Baik

Rabu, 8 Desember 2021 | 23:02 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Surabaya, Beritasatu.com - Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali membuktikan keberhasilannya dalam penerapan sistem merit di dalam organisasinya dengan memperoleh predikat Sangat Baik. Hal ini merupakan komitmen LAN dalam upaya menjaga kualitas SDM aparatur yang unggul.

Demikian disampaikan Kepala LAN, Adi Suryanto, di sela-sela acara Anugerah Meritokrasi Penyerahan Hasil Penerapan Sistem Merit Dalam manajemen ASN kepada Instansi Pemerintah yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Negara (KASN) di Hotel Westin, Surabaya, Selasa (7/12/2021).

“Sistem merit sendiri telah diterapkan di LAN sejak tahun 2015 lalu dan telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pada tahun 2019 dengan meraih predikat sangat baik dalam penilaian Indeks Sistem Merit (Merit System Index) yang dilakukan oleh KASN, dan tahun 2021 ini kembali LAN mempertahankan predikat tersebut” jelas Adi Suryanto, dalam keterangannya yang diterima, Rabu (8/12/2021).

Kepala LAN menyampaikan pula bahwa dalam penerapan merit di LAN, tantangan selalu ada dikarenakan dinamika peraturan pemerintah yang mempengaruhi tata kelola kepegawaian oleh karena itu dibutuhkan komitmen berbagai pihak termasuk pucuk pimpinan tertinggi dalam penerapan meritokrasi ini.

Adi Suryanto mengatakan, LAN akan terus berupaya memperbaiki berbagai instrumen dan sistem dalam penerapan meritokrasi di LAN sehingga mampu menciptakan ASN yang Unggul dan berkelas dunia.

Sementara itu, Wapres KH Ma’ruf Amin dalam kesempatan itu mengatakan, Anugerah Meritokrasi merupakan sebuah pengakuan kepada instansi pemerintah yang telah berhasil menerapkan sistem merit serta sebagai bukti konsistensi penegakan dan pengawasan atas pelaksanaan meritokrasi di instansi pemerintah berdasarkan UU Nomor 5 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Penerapan sistem merit harus secara konsisten dilakukan instansi pemerintah di mulai dari perekrutan, penggajian atau reward , pengukuran kinerja, promosi jabatan dan pengawasan maka untuk mengakselerasinya dibutuhkan beberapa langkah strategis” ungkapnya.

Wakil Presiden menjelaskan, beberapa langkah strategis dimaksud antara lain, mengembangkan dan memperkuat implementasi manajemen talenta SDM aparatur. Hal ini penting untuk mempersiapkan kader penerus dengan talenta terbaik dan pada gilirannya mendorong kualitas pelayanan publik. Selanjutnya, Wapres meneruskan, langkah kedua, tingkatkan agility/ kelincahan serta kemampuan SDM dan organisasi untuk menghadapi tantangan dan dinamika perubahan. Dan terakhir, mengintensifkan peran aktif kepala daerah dalam mendukung meritokrasi daerah dan kolaborasi intensif antara pemerintah daerah dengan Kementerian PAN RB, KASN, BKN dan LAN harus ditingkatkan.

“Saya juga mengingatkan untuk selalu mengamalkan core value ASN yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo yaitu BerAkhlak (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), dengan menjunjung core value tersebut maka akan tercipta profil ASN yang berkualitas dan pasti akan mendorong perbaikan kualitas birokrasi,” tutup Wapres.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rumor Kudeta Tiongkok, Xi Jinping Disebut Jadi Tahanan Rumah

Rumor kudeta Tiongkok dan Xi Jinping sebagai tahanan rumah menjjadi salah satu topik trending teratas di Twitter

NEWS | 25 September 2022

Rumor Kudeta Presiden Tiongkok Xi Jinping Hebohkan Media Sosial

Media sosial dihebohkan dengan rumor kudeta Presiden Tiongkok, Xi Jinping di Beijing. Xi Jinping telah dimasukkan ke dalam tahanan rumah

NEWS | 25 September 2022

DPR: Shadow Team Nadiem Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Shadow team yang diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim di forum PBB adalah merendahkan SDM Kemendikbudristek.

NEWS | 24 September 2022

Polisi Amankan Terduga Pelaku Pengeroyokan Siswi SMP di Makassar

Polrestabes Makassar mengamankan empat terduga pelaku pengeroyokan siswi SMP berinisial LA (14). Keempat terduga merupakan rekan kelas korban.

NEWS | 24 September 2022

Masih Banyak Warga di Bantaran yang Buang Sampah ke Sungai

Salah satu penyebab masyarakat di Bekasi membuang sampah ke sungai karena masih rendahnya kesadaran mereka akan kebersihan.

NEWS | 24 September 2022

Puan Maharani Ungkap Tujuannya Bertemu Sejumlah Elite Parpol

Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP, Puan Maharani mengungkapkan tujuannya melakukan safari politik dan bertemu sejumlah elite parpol. 

NEWS | 24 September 2022

Career Day Mudahkan Masyarakat Cari Kerja di Tengah Pemulihan Ekonomi

Career Day tidak hanya memberikan kemudahan bagi alumni Universitas Bakrie yang hendak mencari kerja, tetapi juga untuk masyarakat umum.

NEWS | 24 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 24 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 Jakarta sampai tanggal 24 September 2022.

NEWS | 24 September 2022

Kenang Prof Samekto Wibowo, Rektor UGM: Beliau Guru Saya

Rektor UGM Yogyakarta Prof dr Ova Emilia mengenang sosok Prof Samekto Wibowo yang meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul.

NEWS | 24 September 2022

Guru Besar UGM yang Terseret Ombak Seorang Dokter Spesialis Neurologi

Guru besar UGM yang meninggal karena terseret ombak, Samekto Wibowo, merupakan dokter spesialis neurologi.

NEWS | 24 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rio Waida Merebut Perak ISA World Surfing Games 2022

Rio Waida Merebut Perak ISA World Surfing Games 2022

SPORT | 15 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings