Logo BeritaSatu

Jokowi Sebut Korupsi Harus Ditangani secara Extraordinary

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:34 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / BW

Jakarta, Beritasatu.com – Dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, korupsi merupakan extraordinary crime yang mempunyai dampak luar biasa bagi pemerintahan maupun masyarakat Indonesia.

“Semua menyadari bahwa korupsi korupsi merupakan extraordinary crime yang mempunyai dampak luar biasa. Oleh sebab itu, harus ditangani secara extraordinary juga,” kata Jokowi di Gedung Juang Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

Diungkapkan Jokowi, dilihat dari jumlah kasus yang ditangani aparat penegak hukum termasuk jumlah yang luar biasa. Pada periode Januari sampai November 2021, Polri telah melakukan penyidikan 1.032 perkara korupsi. Lalu, kejaksaan pada periode yang sama telah melakukan penyidikan sebanyak 1.486 perkara korupsi.

“Demikian pula dengan KPK yang telah menangani banyak sekali kasus korupsi seperti tadi yang sudah disampaikan oleh ketua KPK,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, beberapa kasus korupsi besar juga berhasil ditangani secara serius oleh aparat penegak hukum. Ia mencontohkan, kasus korupsi Jiwasraya, para terpidana telah dieksekusi penjara oleh jaksa, dan 2 di antaranya divonis penjara seumur hidup. Dalam kasus ini, aset sitaan mencapai Rp 18 triliun dirampas untuk negara.

“Dalam kasus korupsi Asabri, sebanyak 7 terdakwa dituntut mulai dari penjara 10 tahun sampai dengan hukuman mati, serta uang pengganti kerugian negara mencapai belasan triliun rupiah,” terang Jokowi.

Dalam penuntasan kasus BLBI, Jokowi mengapresiasi Satgas BLBI yang telah bekerja keras untuk mengejar hak negara yang nilainya mencapai Rp 110 triliun. Satgas BLBI terus mengupayakan agar tidak ada obligor dan debitur yang luput dari pengembalian dana BLBI.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menghadiri puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (9/12/2021). Kedatangan Jokowi disambut Ketua KPK Firli Bahuri.

Selain Jokowi, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan sejumlah pejabat negara lain terlihat datang di Gedung Merah Putih KPK.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

Demo 21 Mei, La Nyalla Minta Masyarakat Waspadai Provokator

NEWS | 4 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings