Logo BeritaSatu

Kemensos Buka Dapur Umum bagi Korban Semeru

Kamis, 9 Desember 2021 | 23:03 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Lumajang, Beritasatu.com - Kementerian Sosial (Kemensos) membuka dapur umum untuk mencukupi kebutuhan korban dan warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Total setiap harinya disiapkan 11.640 nasi bungkus untuk warga.

Rinciannya, ada 2.000 nasi bungkus yang dimasak dapur umum di Desa Penanggal, Kecamatan Pronojiwo. Lalu, 2.000 nasi di Desa Jarit, dan 7.640 bungkus dimasak di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Robben Ricco menyatakan, dapur umum Kemensos menyiapkan makanan siap saji, bukan jenis bantuan lainnya.

"Kami menyiapkan makanan siap saji. Dapur umum tidak untuk membagikan bahan makanan seperti mie instan atau bahan makanan seperti beras," kata Robben di Lumajang dalam keterangannya yang diterima Beritasatu.com, Kamis (9/12/2021).

Pernyataan Robben merupakan klarifikasi atas berbagai pemberitaan yang mengungkapkan adanya sejumlah warga yang tidak menerima bantuan berupa mie instan.

Pemberitaan dari sebuah situs berita nasional mengungkapkan adanya penyintas erupsi yang tidak tinggal di tenda pengungsian, mengeluh soal pengambilan bantuan di posko bencana. Para warga mengaku hanya diberi mie instan, padahal mereka membutuhkan beras.

Keluhan disampaikan warga dari Dusun Renteng, Dusun Kamar Kajang, dan Dusun Gondeli, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro. Mereka tidak tinggal di pengungsian karena mengungsi di rumah kerabatnya di kecamatan yang aman dari ancaman erupsi Semeru.

Salah satunya warga Dusun Renteng, menyebutkan, banyak warga Dusun Renteng tidak kebagian bantuan. Saat mengambil sembako di posko penyimpanan barang dan pendistribusian bantuan, dia dan rekan-rekannya hanya diberi 5 bungkus mie instan.

Warga lain, Isbandi mengaku saat meminta bantuan juga hanya diberi 5 bungkus mie instan. Dia meminta beras namun tidak diberi petugas. Atas kejadian ini, Isbandi mengaku sempat marah, kemudian baru diberi beras oleh petugas. Atas kejadian tersebut, Robben menyatakan bahwa petugas dapur umum bergerak mendistribusikan makanan siap saji ke rumah-rumah warga.

"Meskipun ada juga kelompok warga yang datang dan meminta bantuan. Ini juga kami support," kata dia.

Selain itu, Kemensos juga membantu warga dengan peralatan dapur dan bahan makanan. "Ini untuk korban bencana yang tinggal di rumah. Namun untuk memasak makanan tidak bisa, karena mungkin peralatan dapurnya rusak dan tidak ada bahan makanan," kata Robben.

Ia memastikan, Kemensos tidak pernah memberikan bantuan berupa mie instan ataupun beras.

Per tanggal 7 Desember 2021, Kemensos telah menyalurkan bantuan logistik senilai Rp 1.257 miliar untuk korban erupsi Gunung Semeru. Bantuan dikirim dari Gudang Bantuan Kemensos di Bekasi, Gudang Rehsos Magelang, Gudang Pemprov Jatim, dan Gudang Rehsos Solo.

Jenis bantuan berupa family kit, kids ware, makanan anak, tenda gulung, matras, dan peralatan dapur keluarga. Kemensos juga mengirim bantuan berupa telur sebanyak 2.000 kg dan sarung sebanyak 2.000 potong.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hadirkan Maliq D'Essentials, Vision+ Gabungkan Konser Musik dan Sinema

Hadirkan Maliq D'Essentials, Vision+ Gabungkan Konser Musik dan Sinema

LIFESTYLE | 15 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings