Logo BeritaSatu

Puan Maharani Apresiasi Peserta Program Magang di Parlemen

Kamis, 23 Desember 2021 | 18:17 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / CAR

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPR Puan Maharani mengapresiasi program magang di parlemen. Program tersebut merupakan inisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka Kampus Merdeka. Puan pun memberi pesan kepada mahasiswa yang sudah menjadi peserta dalam mempelajari kerja-kerja parlemen.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada adik-adik yang mempunyai semangat belajar yang tinggi dalam mengikuti program magang di rumah rakyat DPR. Selama program ini, adik-adik sudah melihat dan ikut terlibat dalam dapur-nya DPR,” kata Puan di gedung Nusantara IV, kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Puan merasa bangga karena banyak mahasiswa yang bisa merasakan bagaimana kerja-kerja politik yang terjadi di DPR.

“Kalian sudah melihat langsung bahwa banyak kerja-kerja politik di DPR yang selama ini berjalan dengan padat, tetapi memang tidak diliput oleh media. Adik-adik juga telah sukses melakukan simulasi rapat kerja dalam melaksanakan fungsi legislasi dan fungsi pengawasan,” tuturnya.

Program magang diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Awalnya, kuota yang disiapkan hanya untuk 50 orang, tetapi karena yang mendaftar ada 17.000, DPR pun memutuskan menerima 200 mahasiswa untuk magang di lembaga perwakilan rakyat.

Puan berharap pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama magang dapat membawa manfaat bagi mahasiswa. Sebab, selama mengikuti program ini, peserta benar-benar mengikuti proses kerja mulai dari di komisi dan berbagai alat kelengkapan dewan (AKD), rapat-rapat di DPR, termasuk dalam rapat paripurna, hingga mengetahui mekanisme dan tata tertib dewan.

“Hal-hal ini bisa kalian sampaikan saat kembali ke kampus dan daerah masing-masing bahwa segala sesuatunya di DPR itu tidak bisa hanya dilakukan sendirian, tetapi harus bersama-sama dengan seluruh partai atau fraksi yang ada,” ucap Puan.

Puan menambahkan DPR selalu berupaya melakukan kerja-kerja secara optimal dalam keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Puan mengatakan saat ini DPR juga sudah mulai meningkatkan kegiatan kerja di lapangan menyusul kondisi Covid-19 di Indonesia yang makin membaik.

“Insyaallah ke depan setelah pandemi Covid-19 semoga segera berakhir atau mereda, saya berkeinginan agar cita-cita yang sudah menjadi visi-misi kami itu bisa berjalan sebagai mana mestinya,” ujar Puan.

Puan mengingatkan program magang di rumah rakyat, baik dalam fungsi legislasi, anggaran, maupun pengawasan tidak boleh dijadikan hanya soal mengejar jumlah SKS. Menurutnya, program tersebut harus dijadikan sebagai bagian dari proses perjalanan mahasiswa untuk bisa menjadi manusia yang merdeka berpikirnya, berimbang antara pengetahuan tentang teori dengan aplikasi dunia nyata.

“Saya berharap ilmu, pengalaman, kompetensi yang kalian sudah peroleh selama magang di DPR agar dapat terus dilatih dan dikembangkan untuk persiapan karir kalian masing-masing di masa yang akan datang,” kata Puan.

Peserta magang pun diminta untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan yang didapat selama mengikuti program ini, khususnya kepada teman-teman sesama mahasiswa. Dengan begitu, lanjut Puan, generasi muda saat ini dapat berkembang dan maju bersama-sama.

“Kalianlah yang akan menjadi Generasi Emas Indonesia tahun 2045 sebagai SDM yang unggul, ber-akhlak, berdaya saing, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kalian adalah generasi yang akan mengubah Indonesia, membawa Indonesia menjadi lebih maju lagi, lebih hebat lagi,” ujar Puan.

DPR sendiri memuji Kemendikbudristek yang telah membuat program Kampus Merdeka. Puan optimistis program-program Kampus Merdeka dapat menciptakan SDM-SDM yang unggul.

“Terima kasih sudah memilih DPR sebagai Kampus Merdeka, kampus yang dapat dijadikan tempat belajar dan menambah wawasan serta pengetahuan tentang DPR. Semoga bermanfaat bagi mahasiswa dan bangsa,” kata Puan.

Program magang dilaksanakan sejak 1 September lalu hingga 23 Desember 2021. Mahasiswa yang menjadi peserta program itu telah menempuh 560 jam pelajaran dari kuliah umum sampai simulasi sidang DPR dan presentasi makalah mengenai peran mahasiswa dalam parlemen modern.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Nizam yang mewakili Mendikbudristek Nadiem Makarim memberikan apresiasi tinggi kepada Puan beserta DPR yang telah menerima mahasiswa dalam program magang Kampus Merdeka.

“Pengalaman mahasiswa selama magang di DPR samgat banyak. Silakan sampaikan ke mahasiswa lain bagaimana DPR bekerja,” ungkap Nizam.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

Ketua MK Anwar Usman Resmi Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

NEWS | 8 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings