Logo BeritaSatu

Perubahan Iklim, KLHK Siapkan Program Pengelolaan Hutan Lestari

Selasa, 28 Desember 2021 | 16:40 WIB
Oleh : Wilsa Azmalia Putri / JEM

Jakarta, Beritasatu.com – Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (PHL), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Agus Justianto menyampaikan ada 6 kegiatan pengelolaan hutan lestari dalam ketahanan perubahan iklim.

Keenam kegiatan pengelolaan tersebut yaitu pengurangan emisi dari deforestasi dan lahan gambut (dekomposisi gambut dan kebakaran gambut), peningkatan kapasitas hutan alam dalam penyerapan karbon (pengurangan degradasi dan peningkatan regenerasi), restorasi dan perbaikan tata air gambut, rehabilitas hutan rotasi/terencana, pengelolaan hutan secara lestari (penerapan teknik SILIN dan RIL), dan optimalisasi lahan tidak produktif untuk pembangunan hutan tanaman melalui multiusaha kehutanan.

Hal tersebut disampaikan Agus dalam Webinar “Indonesia Climate Change Webinar Forum, Aksi Pemberdayaan Menuju Adaptasi Fase Baru” pada Selasa (28/12/2021).

Agus juga menjelaskan mengenai kebijakan bidang pengelolaan hutan lestari dalam mendukung ketahanan perubahan iklim.

Disebutkan terdapat 5 pilar dalam pengelolaan hutan lestari yaitu kepastian kawasan, jaminan bersama, produktivitas, diversifikasi produk, serta daya saing.

“Kegiatan tersebut merupakan satu rangkaian dalam pengelolaan hutan lestari dari hulu hingga ke pasar. Jadi kami harus melakukan berbagai kegiatan terkait termasuk penguatan kolaborasi, koordinasi, dan harmonisasi kepentingan,” jelasnya

Selain itu, Agus juga menyoroti soal rekonfigurasi pengelolaan hutan. Dari luas kawasan hutan 125, 82 juta ha, diperlukan penanganan secara menyeluruh dan terfokus pada kegiatan yang relevan dengan pencapaian tujuan program prioritas.

“Keterpaduan seluruh kegiatan yang saling memperkuat tersebut didukung dengan pendekatan holistik, tematik, integratif, dan spasial,” ujarnya.

Hutan sebagai satu kesatuan ekosistem, kata Agus, diharapkan dapat dikelola baik secara kelola lingkungan, sosial, maupun ekonomi.

“Pengelolaan aspek-aspek tersebut diharapkan dapat dilakukan sesuai dengan skema perizinan yang kami luncurkan, yaitu multi usaha kehutanan, yang merupakan turunan dari Undang-Undang Cipta Kerja,” jelas Agus

Mengenai strategi pengelolaan hutan lestari dalam mendukung ketahanan perubahan iklim, Agus menyebut akan ada kesempatan bagi investor maupun masyarakat untuk bisa mengikuti skema perizinan multiusaha, yang prinsipnya bertujuan untuk penurunan deforestasi-degradasi-dekomposisi gambut dan peningkatan prinsip pengelolaan hutan berkelanjutan.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Relawan Emak Muda Deklarasi Dukungan untuk Prabowo

Ibu-ibu muda yang tergabung dalam Relawan Emak Muda (Emud) mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

NEWS | 6 Oktober 2022

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Presiden Vladimir Putin memerintahkan badan nuklir Rusia untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia Ukraina, yang terbesar di Eropa.

NEWS | 6 Oktober 2022

KSP Dorong Percepatan Pengadaan Lahan Jalan Pantai Selatan

KSP mendorong percepatan pengadaan lahan untuk pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu program strategis nasional

NEWS | 6 Oktober 2022

Laporkan Mamat Alkatiri, Hillary Lasut: Kenapa Harus Heboh?

Anggota DPR Hillary Brigitta Lasut melaorkan komika Mamat Alkatiri ke Polda Metro Jaya, terkait dugaan pencemaran nama baik.

NEWS | 6 Oktober 2022

Anak dan Istri Lukas Enembe Mangkir dari Panggilan KPK

Anak dan istri Gubernur Papua Lukas Enembe mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang KTT G-20, Menkes Siapkan PeduliLindungi dalam 13 Bahasa

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyiapkan aplikasi PeduliLindungi dalam 13 bahasa menjelang KTT G-20 di Bali, November mendatang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Ungkap Kasus Suap Garuda Indonesia, KPK Bakal Panggil Banyak Pihak

Untuk ungkap kasus suap Garuda Indonesia, KPK bakal memanggil banyak pihak untuk dimintai keterangan demi mengusut kasus ini. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Kota Sydney Hadapi Tahun Terbasah, Australia Timur Antisipasi Banjir Besar

Kota Sydney bakal menghadapi tahun terbasah dalam 164 tahun saat pihak berwenang bersiap menghadapi banjir besar di timur Australia

NEWS | 6 Oktober 2022

Hasil Visum, Lesti Kejora Alami Luka Akibat Kekerasan

Hasil visum terhadap Lesti Kejora menunjukkan, penyanyi dangdut itu mengalami beberapa luka akibat kekerasan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Uang Palsu di Karawang, Bareskrim Polri Ringkus 3 Orang

Bareskrim Polri mengungkap kasus peredaran uang palsu di Karawang, Jawa Barat dan meringkus 3 orang tersangka.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

Putin Perintahkan Badan Nuklir Rusia Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings