Logo BeritaSatu

Dua Warga Terjebak Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Minggu, 2 Januari 2022 | 22:23 WIB
Oleh : JEM

Lumajang, Beritasatu.com - Dua warga Desa Bades yakni Buang (50) dan Suara (65) bersama kerbaunya dikabarkan terjebak banjir lahar dingin Gunung Semeru di daerah pertambangan Rotary Screen, Desa Gondoruso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (2/1/2022) sore.

"Ada dua orang bersama kerbaunya yang merupakan warga Desa Bades, Kecamatan Pasirian terjebak lahar dingin Semeru dan kondisi mereka sehat," kata Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo dalam pesan singkat yang diterima Antara di Lumajang.

Ia mengatakan petugas masih berusaha mengevakuasi dua warga bersama empat ekor ternaknya yang terjebak di aliran lahar dingin Gunung Semeru hingga Minggu malam.

Sementara Danramil Pasirian Kapten Arm Ony Arianto dalam video yang dikirimkan ke sejumlah wartawan pada Minggu malam mengatakan pihaknya bersama bhabinsa dan relawan berada di aliran Sungai Regoyo di Desa Bades, Kecamatan Pasirian.

"Kami berusaha mengevakuasi dua warga Desa Bades yang berada di seberang sungai yang dilalui lahar dingin Gunung Semeru, namun arus masih cukup deras," katanya.

Menurutnya petugas juga mempertimbangkan faktor keselamatan relawan yang akan mengevakuasi dua warga Desa Bades tersebut karena posisinya sangat curam dan mengkhawatirkan.

"Arus sungai yang dilalui lahar dingin masih cukup deras, sehingga kami akan melihat situasi terlebih dahulu untuk mengevakuasi, namun dipastikan kondisi kedua warga baik-baik saja di seberang sungai," tuturnya.

Sejumlah perlengkapan untuk mengevakuasi sudah dipersiapkan dengan baik dan keamanan relawan dalam penyelamatan tersebut juga dipertimbangkan dengan matang, sehingga petugas menunggu debit arus sungai yang dilalui lahar dingin Semeru tidak terlalu deras.

Sementara berdasarkan data BPBD Lumajang, pada lokasi tambang rotary terpantau secara visual dua alat berat terjebak dalam aliran lahar dingin Gunung Semeru, namun menurut warga setempat operator berhasil melakukan evakuasi untuk menyelamatkan diri dari terjangan banjir lahar dingin.

Banjir lahar dingin membawa material panas dan lumpur yang hanyut bersama aliran sungai yang mengarah ke aliran Sungai Besuk Kobokan dan Besuk Lekong yang mana alirannya menuju Kecamatan Candipuro, aliran besuk Bang dan besuk Kembar menuju Kecamatan Pronojiwo.

Masyarakat juga diminta mewaspadai jebolnya tanggul sudetan di Dusun Kamar Kajang yang berdampak material panas bercampur air merendam Dusun Kamar Kajang, Dusun Bondeli, serta Dusun Kampung Renteng di Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Siloam Hospitals Manado Ingatkan Pentingnya Hidup Sehat

Siloam Hospitals Manado, Sulawesi Utara mengingatkan tentang pentingnya menjaga polda hidup sehat.

NEWS | 24 Mei 2022

Amnesty International: Eksekusi Mati Melonjak 20 Persen pada 2021

Amnesty International menyatakan kasus eksekusi mati melonjak 20 persen dan jumlah hukuman mati yang dijatuhkan meningkat 40 persen pada 2021.

NEWS | 24 Mei 2022

Banjir Rob, Gubernur Jateng Kembali Cek Tanggul Laut Jebol

Gubernur Jawa  Tengah Ganjar Pranowo kembali meninjau beberapa titik yang tergenang rob, serta tanggul laut yang jebol, Selasa 24 Mei 2022.

NEWS | 24 Mei 2022

Kemendagri Harus Susun Aturan Teknis Penjabat Kepala Daerah

Saan Mustopa menganjurkan Kemendagri segera membuat dan menyusun aturan teknis penunjukan dan pengangkatan penjabat kepala daerah.

NEWS | 24 Mei 2022

Menko PMK Launching Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove

Menko PMK Muhadjir Effendy saat me-launching penanaman 10 juta pohon mangrove di 34 provinsi di Indonesia.

NEWS | 24 Mei 2022

Westlife Gelar Konser di Jakarta pada 11 Februari 2023

Westlife akan menggelar konser The Wild Dreams Tour pada 11 Februari 2023 di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta.

NEWS | 24 Mei 2022

BPBD Jateng Kerahkan Tim ke Daerah Terdampak Banjir Rob

BPBD Jateng mengerahkan tim ke daerah terdampak banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Tim akan siaga di posko hingga dapur umum.

NEWS | 24 Mei 2022

Empat Negara Eropa Serukan Perampasan Aset Rusia untuk Ukraina

Empat negara Eropa menyerukan perampasan aset Rusia untuk rekonstruksi Ukraina. Seruan disampaikan lewat surat dari Lithuania, Slovakia, Latvia dan Estonia

NEWS | 24 Mei 2022

Aruna Hadiri Pra-KTT III Y-20 Indonesia di Balikpapan

Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari Pra-KTT III Y20 Indonesia  di Balikpapan, Kaltim.

NEWS | 24 Mei 2022

Rajungan Berpotensi Jadi Unggulan Sektor Perikanan Lampung

Gubernur Arinal Djunaidi menyebut potensi sumber daya kelautan dan perikanan Provinsi Lampung sangat besar, termasuk rajungan.

NEWS | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# Aturan Baru KTP


# Cekcok di Tol


# SEA Games


# HUT Jakarta


# Polisi Selingkuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Update Covid-19: Tambah 345, Kasus Baru Naik Dua Kali Lipat

Update Covid-19: Tambah 345, Kasus Baru Naik Dua Kali Lipat

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings