Logo BeritaSatu

Kinerja Erick Thohir Cetak 11 Juta Ibupreneur Diapresiasi Anggota DPR

Selasa, 4 Januari 2022 | 09:55 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta, Beritasatu.com – Kinerja Menteri BUMN Erick Thohir di akhir tahun mencatatkan prestasi yang gemilang. Salah satunya dengan peningkatan jumlah nasabah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) yang telah mencetak 11 juta ibupreneur hingga akhir Desember 2021.

Anggota Komisi VI DPR I Nyoman Parta mengapresiasi pencapaian tersebut karena program PMN Mekaar ini diyakini mampu menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

Untuk itu, ia minta Erick Thohir terus meningkatkan kinerja terkait pemberdayaan perempuan pengelola UMKM dan Usaha Mikro (UMi) dalam program Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar.

"Di desa-desa, sejumlah nasabah PNM ada yang sudah naik kelas. Karena sudah menikmati bantuan pinjaman dari Kredit Usaha Rakyat (KUR)," katanya melalui keterangan, Selasa (4/1/2022).

Dikatakan politisi yang akrab disapa Parta ini mengapresiasi munculnya UMKM-UMKM baru di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Sisi lain dari Pandemi Covid-19, muncul juga UMKM-UMKM baru, usaha mikro, dari jamu, kopi, berbagai jenis makanan, kuliner, berbagai jenis produk dari buah, minuman, dan lainnya," ujarnya.

Diakui Parta, Program Mekaar ini lebih didominasi kaum perempuan yang memiliki basis usaha mikro. Untuk usaha yang sudah berjalan, bisa mengajukan pinjaman modal hingga Rp 25 juta.

"Namun pelaku usaha ini tetap perlu mendapat pendampingan dari PNM dalam mengembangkan usahanya, sehingga tidak salah manajemen," terangnya.

Legislator asal Pulau Dewata ini mengakui Program Mekaar PNM ini menjauhkan pelaku UMKM dari jeratan dan jebakan para rentenir. Sehingga pelaku usaha tetap merasa aman dalam menjalan usahanya.

"Kita sepakat minta Pak Erick mendorong produktivitas emak-emak untuk ikut andil dalam menjalankan roda ekonomi," tuturnya.

Menurut politisi PDIP ini, emak-emak yang ikut program PNM Mekaar sangat berpotensi membuka lapangan kerja baru bagi warga di sekitarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan PNM telah mencetak 11 juta ibupreneur hingga akhir Desember 2021.

“Ini yg disebut dengan the Power of Emak Emak. Tetap semangat ya ibu-ibupreneur semua, semoga selalu berkah,” tulis Erick di laman Instagram, Senin (27/12/2021).

Karena itu, Erick mengaku bangga atas capaian yang diraih oleh PNM melalui program PNM Mekaar. Angka 11 juta nasabah yang dicatatkan oleh PNM merupakan capaian luar biasa.

Angka tersebut meningkat signifikan dalam dua tahun terakhir yakni sekitar 50 persen. “Alhamdulillah, bangga rasanya saya mendapatkan informasi kalau nasabah PNM Mekaar sudah mencapai 11 juta orang sekarang di akhir tahun 2021 ini. Itu berarti meningkat sebesar 5,4 juta orang dalam 2 tahun terakhir,” ujarnya.

Dalam program ini pelaku UMKM diberikan pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

Menelaah manfaat program PNM Mekaar, Erick mengatakan peningkatan jumlah nasabah juga dibarengi dengan pembukaan lapangan kerja baru. Hal ini juga sejalan dengan upaya meningkatkan perekonomian daerah untuk memulihkan ekonomi nasional.

“11 juta ibupreneur ini artinya juga membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di sekitarnya,” pungkas Erick yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini.

Untuk diketahui, program PNM Mekaar merupakan layanan pinjaman modal untuk perempuan pra sejahtera yang ingin menjadi pelaku usaha mikro. Dalam program ini pelaku UMKM diberikan pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

Oleh karena itu, PNM menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha untuk menggapai meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Manfaat yang disalurkan oleh PNM melalui layanan PNM Mekaar, meliputi peningkatan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, penanaman budaya menabung, serta kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR meminta KPU dan Bawaslu untuk melakukan simulasi masa kampanye 75 hari pada Pemilu 2024.

NEWS | 17 Mei 2022

Terjerat Kasus Minyak Goreng, Ini Prestasi Lin Che Wei

Penasihat kebijakan atau analis Independent Research & Advisory Indonesia Lin Che Wei menambah daftar orang yang terjerat perkara minyak goreng.

NEWS | 17 Mei 2022

KPK Cecar Boyamin Saiman soal Kepengurusan PT Bumi Rejo

Boyamin Saiman telah selesai menjalani pemeriksaan di gedung Merah Putih KPK, Jakarta terkait kasus dugaan TPPU Buhdi Sarwono.

NEWS | 17 Mei 2022

Pra-KTT Y20 III di Balikpapan Bahas Planet Bekelanjutan

Provinsi Kalimantan Timur menjadi tuan rumah dalam Presidensi G-20 Indonesia. Lewat group resminya, Youth-20 (Y20) akan membahas planet berkelanjutan.

NEWS | 17 Mei 2022

Kejagung Periksa 5 Auditor Ditjen Bea Cukai Kemenkeu

Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa lima auditor dari Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan.

NEWS | 17 Mei 2022

Kursi Sekutu Hizbullah Tergerus di Pemilu Lebanon

Sekutu Hizbullah diproyeksikan kehilangan kursi dalam pemilihan umum Lebanon. Beberapa kandidat anti-kemapanan merebut kursi dalam pemilihan pertama

NEWS | 17 Mei 2022

Singapura dan Uni Afrika Saling Akui Sertifikat Vaksinasi Covid

Singapura dan Uni Afrika (AU) akan mulai saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19 digital mulai Senin (23/5/2022)

NEWS | 17 Mei 2022

Menkominfo Harap Paket Bali Jadi Tonggak Pemulihan Ekonomi

Menkominfo Johnny G Plate berharap pembahasan Rancangan Deklarasi Menteri Digital atau Paket Bali, menjadi tonggak pemulihan pasca pandemi Covid-19.

NEWS | 17 Mei 2022




TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

DPR Minta KPU-Bawaslu Lakukan Simulasi Masa Kampanye 75 Hari

NEWS | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings