Logo BeritaSatu
Peresmian 6 Rumah Ibadah di Universitas Pancasila

Wapres: Toleransi Kunci Rawat Keberagaman

Rabu, 5 Januari 2022 | 16:28 WIB
Oleh : Novy Lumanauw / JEM

Jakarta, Beritasatu.comWakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengatakan, pluralitas agama di Indonesia merupakan suatu keniscayaan yang harus disyukuri dan pelihara. Keberagaman ini harus dirawat dengan pengetahuan dan toleransi sehingga menjadi kekayaan luar biasa yang jarang dimiliki bangsa lain di dunia.

“Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme maupun ekstremisme,” kata Wapres KH Ma’ruf Amin saat meresmikan enam rumah ibadah Universitas Pancasila, di Universitas Pancasila (UP), Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Hadir dalam acara peresmian tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo, Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet Hendratno serta civitas academica Universitas Pancasila lainnya.

Wapres menyampaikan, toleransi di Indonesia bukan merupakan gagasan baru, karena toleransi telah diperkenalkan para pendiri bangsa sejak dulu, di mana salah satunya tercantum dalam Pancasila.

“Toleransi bukanlah gagasan baru. Toleransi telah menjadi warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia yang telah hidup dan membersamai kita sejak ratusan tahun silam,” ujarnya.

Pancasila, lanjutnya, adalah titik temu antarberbagai latar belakang kemajemukan yang ada di Tanah Air.

“Pancasila lahir dari semangat untuk mempersatukan berbagai bentuk kemajemukan di tanah air, mulai dari budaya, bahasa, suku, etnis, hingga keberagaman agama,” kata Wapres.

Di sisi lain, lanjut Wapres, pembangunan rumah ibadah agama-agama yang berdekatan pada satu area merupakan salah satu bentuk pengamalan nilai luhur Pancasila dalam mengokohkan toleransi antarumat.

Ia berharap agar hal ini tidak hanya dijadikan sebagai simbol toleransi semata namun juga sebagai bentuk memperkuat sinergi lintas agama.

“Saya harapkan tidak hanya menjadi simbol toleransi dan cerminan sikap saling menghargai. Namun lebih dari itu, juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Wapres secara khusus berpesan kepada seluruh civitas academica Universitas Pancasila untuk memanfaatkan rumah ibadah ini sebagai salah satu sarana dalam mewujudkan generasi unggul.

“Saya berharap seluruh civitas academica Universitas Pancasila dapat memanfaatkan rumah-rumah ibadah ini sebaik-baiknya dalam mendukung upaya untuk mencetak generasi muda Indonesia yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), iman dan takwa, serta akhlak mulia,” kata Wapres.

Universitas Pancasila membangun enam tempat peribadatan, yaitu Masjid At Taqwa , Klenteng (Konghucu), Graha Layanan Kristen (Protestan), Gereja Kristen Katolik, Pura (Hindu), dan Vihara (Budha) yang letak bangunannya saling berdampingan di lingkungan kampus tersebut.

Pembangunan rumah ibadah itu diinisiasi oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Siswono Yudo Husodo. Rumah ibadah yang ada di UP letaknya saling berdekatan antara satu dengan yang lainnya, yang diharapkan dapat semakin menumbuhkan rasa kepedulian dan saling pengertian antara seluruh Sivitas Akademika UP yang memiliki kepercayaan beragam, sehingga dapat menumbuhkan rasa toleransi antarumat beragama.

Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet Hendratno mengatakan UP menyandang nama besar Pancasila yang juga merupakan ideologi negara, tentunya menjadi tanggung jawab tersendiri bagi UP untuk mengimplementasikan tiap butir dari lima sila yang ada, salah satunya yaitu rumah ibadah yang menjadi simbol kerukunan dan toleransi beragama yang ada di Indonesia sejak dahulu.

Dari sekitar 4.000 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, kata dia, UP menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang memiliki enam rumah ibadah.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PAN Optimistis Usung Ridwan Kamil dalam Pilpres 2024

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya optimistis mencalonkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilpres 2024.

NEWS | 19 Mei 2022

Bahas HAM dengan BEM Trisakti, Moeldoko Dapat Apresiasi

Kesediaan Kepala Staf Presiden Moeldoko menemui BEM Trisakti mendapatkan apresiasi dari generasi muda.

NEWS | 19 Mei 2022

Perkara Ade Yasin, KPK Telusuri Pengumpulan Uang dari SKPD Bogor

Perkara Ade Yasin, KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi menelusuri pengumpulan uang dari SKPD Bogor.

NEWS | 19 Mei 2022

Taiwan Berharap Bisa Ikut Pertemuan WHA Pekan Depan

Taiwan akan terus bekerja dengan seluruh dunia untuk memastikan bahwa semua menikmati hak asasi manusia atas kesehatan.

NEWS | 19 Mei 2022

1 Terduga Teroris Jaringan MIT Poso Menyerahkan Diri

Satu terduga teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berinisial MRW (22) menyerahkan diri ke polisi.

NEWS | 19 Mei 2022

Lautan di Dunia Alami Tingkat Paling Asam dalam 26.000 Tahun

Lautan di dunia berada di tingkat terpanas dan paling asam dalam 26.000 tahun. Perang di Ukraina mengancam komitmen iklim global.

NEWS | 19 Mei 2022

Satgas Pamtas Yonif 126/KC Temukan Ladang Tanaman Ganja

Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Kolakopsrem 172/PWY menemukan ladang ganja seluas kurang lebih 400 meter persegi di jalan lintas Jayapura Wamena

NEWS | 19 Mei 2022

Elon Musk Mengaku Tak Lagi Dukung Partai Demokrat AS

Elon Musk mengaku tidak bisa lagi mendukung Partai Demokrat Amerika Serikat (AS), dan akan memilih Partai Republik.

NEWS | 19 Mei 2022

Yusril: Hormati Alasan Pemerintah Singapura Tolak UAS

Terkait penolakan UAS, mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra mengatakan apapun alasan pemerintah Singapura tetap harus dihormati

NEWS | 19 Mei 2022

Nilai Modal Sosial Indonesia Teratas di Antara Negara G20

Sangat penting sebuah negara mempunyai modal sosial yang baik untuk menuju kesejahteraan lewat nilai-nilai gotong-royong yang dimiliki.

NEWS | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Lengkap, Bupati Langkat Segera Disidang Kasus Korupsi

Berkas Lengkap, Bupati Langkat Segera Disidang Kasus Korupsi

NEWS | 16 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings