Logo BeritaSatu

Kolaborasi Rumah Millennials dan Indonesian Event untuk Pemuda Indonesia

Sabtu, 8 Januari 2022 | 10:14 WIB
Oleh : JNS

Jakarta, Beritasatu.com - Rumah Millennials dan Indonesian Event mempersembahkan InspiraTalk: Make Yourself Shining Because Everyone is Inspiring.

InspiraTalk merupakan program hasil sinergi antara Rumah Millennials dan Indonesian Event untuk saling menguatkan Indonesia di tengah situasi pandemi yang membuat sebagian besar masyarakat khususnya pemuda demotivasi.

Kegiatan “InspiraTalk” sendiri terdiri dari beberapa kegiatan virtual yang telah berjalan sejak Oktober 2021.

Di antaranya Lomba Video Inspirasi (Visi), Beasiswa Pertolongan Pendidikan Kepada Muda-Mudi (PPKM), Beasiswa OSIS & MPK. Kemudian, acara puncak yaitu webinar nasional InspiraTalk yang turut dimeriahkan oleh ±14 orang ahli/influencer/tokoh sebagai narasumber dan penampilan spesial dari 3 pengisi acara yang berlangsung pada Sabtu, 18 Desember 2021, pukul 08.00 - 15.35 WIB, dan pada Minggu, 19 Desember 2021, acara dimulai pada 08.00 - 21.10 WIB.

Kedua acara ini dilaksanakan melalui platform Live Streaming Zoom. Dengan mengangkat tema “Make Yourself Shining Because Everyone is Inspiring”, Rumah Millennials and Indonesian Event berharap dapat menyasar 15,000-25,000 audiens masyarakat Indonesia. Khususnya pemuda dan nantinya dapat mengambil peran dalam rangkaian acara ini sebagai insan yang bisa termotivasi dan memotivasi.

"Tak lepas dari betapa pentingnya pendidikan serta kolaborasi, kami berharap dengan adanya program “Beasiswa PPKM serta beasiswa OSIS & MPK” yang tercipta hasil kolaborasi Rumah Millennials dengan Indonesian Event dapat menjadi sebuah awal mula serta tolak ukur masyarakat Indonesia khususnya pemuda agar terus bersinergi satu sama lain menciptakan kolaborasi luar biasa yang dapat memajukan pendidikan di Indonesia supaya dapat bersama menjaga, berkontribusi dan mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045," tulis Rumah Millennials dan Indonesian Event dalam keterangan pers gabungan, belum lama ini.

Pemuda itu sendiri merupakan aset terpenting suatu bangsa. World Health Organization (WHO) menyebut jika pemuda merupakan masyarakat yang berusia 15 sampai 24 tahun. Sementara itu, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan mendefinisikan bahwa Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.

Jika dikonversikan ke dalam jenis generasi, pemuda di Indonesia saat ini diperankan oleh Generasi Millennial dan Generasi Z. Generasi Millennial adalah generasi kelahiran 1981 - 1996. Sementara itu, Generasi Z sendiri merupakan generasi yang lahir tahun 1997 - 2012. Secara umum, generasi muda adalah golongan manusia yang berusia 0 – 35 tahun.

Secara sosiologis dan praktis, anggota atau pribadi-pribadi yang masuk dalam generasi muda memiliki pengalaman yang sama, khususnya peristiwa besar yang dialami secara serentak oleh seluruh masyarakat. Generasi Millennial dan Generasi Z merupakan generasi yang dihadapkan oleh peristiwa besar, yakni adanya transformasi digital atau yang kerap disapa digitalisasi.
Digitalisasi memang sudah tidak asing lagi di telinga kita.

Menurut Pendit 2007:241, dalam dunia perpustakaan, proses digitalisasi adalah sebuah proses yang mengubah dokumen tercetak menjadi dokumen digital. Pada intinya, digitalisasi selalu merujuk kepada kemajuan, kecanggihan, efisiensi, dan efektivitas. Secara esensi, digitalisasi hadir untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitasnya.

Digitalisasi juga tak lepas dari siapa dan apa yang dibahas dan digitalisasi sendiri memiliki peran tersendiri di masing-masing sektor. Dalam keberlangsungannya, digitalisasi yang hadir di berbagai sektor, memunculkan sosok-sosok yang mampu menjadi pembawa perubahan positif di sektor tersebut.

Perubahan positif yang hadir di tengah-tengah masyarakat menjadi salah satu manfaat digitalisasi. Karena, secara umum, digitalisasi sendiri tidak sepenuhnya memiliki dampak positif.

Semuanya kembali lagi kepada kebijakan masyarakat dalam menghadapi digitalisasi. Perubahan positif yang hadir di tengah-tengah masyarakat dan kemudian disambut antusias, harus dioptimalkan. Karena, semakin banyak masyarakat yang terdampak perubahan positif, semakin baik.

"Rumah Millennials dan Indonesia Event akan terus mendukung segala jenis hal baik untuk Indonesia. Dalam situasi dan kondisi yang kita maklumi, mari bersama-sama mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan InspiraTalk. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi pemuda Indonesia untuk terus terdampak dan berdampak positif bagi diri sendiri dan orang
orang di sekitarnya," tutup pernyataan tertulis Rumah Millennials dan Indonesian Event.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

PHE WMO dan BLK Surabaya Beri Pelatihan 40 Pemuda di Gresik

Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Surabaya menggelar pelatihan untuk 40 orang pemuda di Gresik.

NEWS | 22 Mei 2022

Gaet Milenial Bandung, Teman Sandi Gelar Lomba Latte Art dan Futsal

Relawan Teman Sandi berupaya menggaet pemilih milenial Bandung untuk mendukung Sandiaga Uno pada Pemilu 2024 dengan menggelar lomba latte art dan futsal.

NEWS | 22 Mei 2022

2 Tahun Ditiadakan, Festival Adu Bedug Kembali Digelar

Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19, Festival Adu Bedug dan Dondang kembali digelar di Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, 21-22 Mei 2022

NEWS | 22 Mei 2022

Amirudin Bawa Pemkab Banggai Raih WTP 10 Kali Berturut-turut

upati Amirudin membawa Pemkab Banggai meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas LKPD tahun 2021 dari BPK untuk kesepuluh kalinya.

NEWS | 22 Mei 2022

Jadi Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan Diyakini Bawa Perubahan

Setelah ditunjuk kembali menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan diyakin bisa membawa perubahan bagi Kebupaten Bekasi.

NEWS | 22 Mei 2022

Pra-KTT Y-20: Selamatkan Bumi lewat Ekonomi Sirkular

Forum Pra-KTT ketiga Y-20 Indonesia mengajak untuk menyelamatkan planet bumi dengan upaya ekonomi sirkular.

NEWS | 22 Mei 2022

Jasa Marga Lakukan Perbaikan Jalan di Tol Jagorawi

Jasa Marga akan melakukan pekerjaan perbaikan jembatan, pemeliharaan periodik scrapping filling overlay (SFO) dan rekonstruksi perkerasan di ruas Tol Jagorawi.

NEWS | 22 Mei 2022

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Lantik Tiga Penjabat Bupati

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik pejabat Pemprov Lampung sebagai Penjabat Bupati Pringsewu, Pj Bupati Mesuji, dan Pj Bupati Tulang Bawang Barat.

NEWS | 22 Mei 2022

Polisi Duga Kecelakaan Bus di Ciamis Akibat Rem Blong

Polres Ciamis menyimpulkan dugaan sementara kecelakaan bus pariwisata di Ciamis yang menyebabkan empat orang meninggal dunia akibat rem blong.

NEWS | 22 Mei 2022

Hati-hati, Ada Pengangkatan Girder Jembatan di Tol Jakarta-Cikampek

Pengguna Tol Jakarta-Cikampek (Tol Japek) diminta berhati-hati karena Jasa Marga akan melakukan pekerjaan pengangkatan girder (bentangan) jembatan KM 5+450.

NEWS | 22 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

Kalahkan Wolverhampton, Liverpool Gagal Juara Liga Inggris

BOLA | 3 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings