Logo BeritaSatu

Sikapi Tudingan Anak Rahmat Effendi, Golkar Percaya KPK Profesional

Minggu, 9 Januari 2022 | 11:00 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Fungsionaris DPP Partai Golkar Muslim Jaya Butar-Butar mengatakan pihaknya masih yakin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja profesional dalam menangani dugaan kasus korupsi. Termasuk, kata Muslim, ketika KPK mengusut kasus korupsi yang melibatkan pribadi tertentu di Partai Golkar.

Hal ini disampaikan Muslim menanggapi tudingan Ade Puspita, anak dari Wali Kota nonaktif Kota Bekasi Rahmat Effendi yang menyebutkan KPK sedang mengincar "kuning". Pasalnya, kata Ade, operasi tangkap tangan (OTT) dan penetapan Rahmat Effendi berbau politis.

Advertisement

"Sampai saat ini saya percaya KPK bekerja secara profesional. Artinya, tidak ada orderan dalam bentuk apapun dan dari siapapun," ujar Muslim saat dihubungi Beritasatu.com, Minggu (9/1/2022).

Menurut Muslim, profesionalitas tersebut yang membuat KPK disegani dan ditakuti terlepas adanya kader Partai Golkar yang di-OTT oleh KPK. Dia pun menegaskan keterlibatan kader Golkar dalam kasus korupsi tidak terkait institusi partai, tetapi lebih pada perilaku individu yang bersangkutan.

"Partai Golkar selalu berkomitmen teguh pada upaya upaya pemberantasan korupsi dan selalu berikhtiar antikorupsi, tidak ada satupun partai di negeri ini yang setuju dengan perilaku korupsi," tandas ketua Bidang Hukum Dan Ham PPK Kosgoro 1957 ini.

Meskipun demikian, Muslim juga berharap KPK menjawab berbagai tudingan negatif seperti yang dilontarkan Ade Puspita dengan bekerja lebih ekstra profesional. Termasuk, kata dia, KPK perlu menuntaskan penangkapan buronan kasus korupsi Harun Masiku.

"Sampai saat ini 2 tahun sudah KPK belum berhasil menangkap Harun Masiku, kita tidak tahu mengapa tidak bisa menangkapnya padahal KPK sebelum era Firly Bahuri mampu menangkap buronan M Nazaruddin sampai ke luar negeri. Konon menurut info kesaksian penyidik KPK yang diberhentikan institusi KPK beberapa waktu lalu saat itu Harun Masiku masih di Indonesia," ungkap Muslim.

Muslim menilai, Harun Masiku menjadi salah satu pekerjaan rumah KPK untuk menjawab berbagai tudingan negatif terhadap KPK. "Kami support dan dukung full KPK melakukan upaya pemberantasan korupsi dan menuntaskan kasus-kasus korupsi termasuk Harun Masiku," pungkas Muslim.

Diberitakan, Ade Puspita yang juga anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Golkar menuding OTT dan penetapan tersangka terhadap Rahmat Effendi berbau politis. Ade menuding KPK sedang mengincar kuning.

"Memang ini 'kuning' sedang diincar, kita tahu sama tahu siapa yang sikat kuning, tapi nanti di 2024 jika kuning koalisi dengan oranye matilah yang warna lain," kata Ade dalam cuplikan video yang diunggah aku Instagram @infobekasi.coo, Sabtu (8/1/2022).

Tak hanya itu, Ade pun mengeklaim penangkapan terhadap Rahmat Effendi atau biasa disapa Bang Pepen bukanlah OTT. Hal ini karena tidak ada transaksi suap saat Rahmat diangkut tim satgas KPK.

Diketahui KPK menetapkan Rahmat Effendi atau biasa disapa Bang Pepen dan delapan orang lainnya sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proyek dan jual beli jabatan di lingkungan Pemkot Bekasi. Penetapan tersangka terhadap sembilan orang ini dilakukan KPK setelah memeriksa intensif 14 orang yang diciduk dalam OTT KPK pada Rabu (5/1/2022) lalu.

Selain Rahmat Effendi, delapan orang lainnya yang dijerat KPK dalam kasus suap ini, yaitu Direktur PT MAM Energindo, Ali Amril, Lai Bui Min alias Anen selaku pihak swasta serta Direktur PT Kota Bintang Rayatri dan PT HS Hanaveri Sentosa, Suryadi. Selain itu, KPK juga menjerat Camat Rawalumbu, Makhfud Saifudin, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP, M Bunyamin, Lurah Kati Sari, Mulyadi alias Bayong, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertahanan Kota Bekasi, Jumhana Lutfi, dan Camat Jatisampurna, Wahyudin.

KPK menduga, Rahmat Effendi atau biasa disapa Bang Pepen menerima suap terkait fee ganti rugi serta pengerjaan proyek dan juga terkait jual beli jabatan di Pemkot Bekasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prabowo Subianto Joget Ojo Dibandingke di Istana Merdeka

Irama musik dangdut membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjoget di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

NEWS | 17 Agustus 2022

Menlu Blinken Bangga atas Sejarah Persahabatan AS-Indonesia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat Antony Blinken menyatakan kebanggaannya atas sejarah persahabatan dan kerja sama antara AS-Indonesia.

NEWS | 17 Agustus 2022

Koalisi Gerindra-PKB Depok Akan Berlanjut di Pilkada 2024

Di Kota Depok, PKB dan Gerindra sepakat untuk fokus dan mendukung kandidat yang diusung sampai tingkat kelurahan dan RT, bahkan hingga ke Pilkada 2024.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT RI, TNI AL Kibarkan Bendera di 77 Lokasi Bawah Laut

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan pasukan selam andal untuk mengibarkan bendera Merah Putih menyambut perayaan HUT RI.

NEWS | 17 Agustus 2022

SBY Ikut Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI di KBRI Kuala Lumpur

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikuti upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia

NEWS | 17 Agustus 2022

Wapres Pakai Baju Adat Banten saat Upacara HUT Ke-77 RI, Ini Filosofinya

Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin mengenakan baju adat Banten saat menghadiri Upacara HUT ke-77 RI. Ini makna filosofi baju adat Banten. 

NEWS | 17 Agustus 2022

Tito Karnavian Pimpin Upacara HUT Ke-77 RI di Pulau Rote

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di lapangan Nembrala Kecamatan Rote Barat.

NEWS | 17 Agustus 2022

Makna Merdeka, Firli: Saat Indonesia Bebas Korupsi

 Ketua KPK Firli Bahuri menyatakan, merdeka yang sesungguhnya yakni pada saat Indonesia sudah terbebas dari masalah korupsi.

NEWS | 17 Agustus 2022

HUT RI, Mentan Sampaikan Terima Kasih kepada Para Petani

Pada HUT RI ke-77, Mentan menyampaikan terima kasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

NEWS | 17 Agustus 2022

Dilaporkan Deolipa, Kuasa Hukum Bharada E: Saya Hadapi

Kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy mengatakan bahwa dirinya akan menghadapi laporan yang dilayangkan Deolipa Yumara

NEWS | 17 Agustus 2022


TAG POPULER

# Prabowo Subianto


# Ferdy Sambo


# Polisi Pengedar Narkoba


# Sekolah Lapang


# Puan Maharani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Prabowo Subianto Joget Ojo Dibandingke di Istana Merdeka

Prabowo Subianto Joget Ojo Dibandingke di Istana Merdeka

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings