Logo BeritaSatu

Kepala LAN: Latsar CPNS Gratis, Tak Boleh Ada Pungli

Rabu, 12 Januari 2022 | 22:06 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta,Beritasatu.com - Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menyatakan, seluruh calon pegawai negeri sipil (CPNS) dapat mengikuti pelatihan dasar (latsar) secara gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka kegiatan "Sosialisasi Perubahan Kebijakan Pelatihan Dasar CPNS" yang diselenggarakan secara blended di Aula Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (12/1).

“Pelaksanaan Latsar CPNS sudah menjadi tanggung jawab instansi terkait dan dibiayai oleh negara, jadi jangan sampai terjadi ada pungutan liar (pungli) terhadap CPNS peserta Latsar,” tegas Adi Suryanto.

Hal ini diharapkan menjadi komitmen bagi LAN dan lembaga pelatihan agar semua CPNS dapat mengikuti Latsar. Jika terdapat masalah di lapangan, dapat berkoordinasi dengan LAN untuk mencari terobosan dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Beberapa tahun belakangan kita merekrut CPNS-CPNS milenial yang dinilai lebih “melek teknologi” maka kita perlu melakukan pengembangan kurikulum, metode pembelajaran serta bahan ajar yang lebih adaptif dan lebih menarik," tambah Kepala LAN.

LAN sebagai instansi pembina pelatihan aparatur sipil negara (ASN) terus berupaya melakukan terobosan-terobosan baru. Untuk itu, LAN berupaya membenahi kebijakan, kurikulum serta metode pembelajaran yang lebih dinamis dan menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

Adi Suryanto menyadari bahwa pandemi Covid-19 ini memaksa kita semua untuk melakukan perubahan serta cara kita men- delivery materi pelatihan dengan pemanfaatan teknologi informasi atau yang lebih dikenal dengan istilah flexible learning. “Kondisi ini dapat menjadi peluang emas bagi LAN untuk melakukan pembenahan di segala aspek, perubahan mendasar yang dilakukan untuk Latsar adalah internalisasi core value atau nilai dasar ASN “BerAkhlak” yang dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran Latsar CPNS menggantikan ANEKA,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN, Muhammad Taufiq yang menyatakan bahwa nilai dasar ASN BerAkhlak telah menjadi pedoman seluruh ASN untuk bekerja dan melakukan aktivitasnya. Oleh karena itu, perlu diinternalisasikan kepada setiap individu dimulai dari peserta Latsar CPNS yang merupakan tahap awal untuk mengabdi menjadi ASN.
“Terdapat dua hal yang menjadi perubahan dalam materi Latsar, yaitu internalisasi nilai dasar ASN BerAkhlak serta materi Smart ASN yang dimasukkan dalam kurikulum dalam rangka membentuk karakter ASN” ungkap Muhammad Taufiq.

Muhammad Taufiq juga berharap, kebijakan baru ini menjadi sebuah terobosan dalam rangka membangun karakter ASN profesional dalam rangka membangun birokrasi yang berkelas dunia (world class bureaucracy).

Hadir juga sebagai narasumber dalam acara tersebut, Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN, Erna Irawati. Kegiatan ini juga diikuti oleh perwakilan pejabat dari seluruh Lembaga Pelatihan di Indonesia, baik yang hadir secara luring ataupun daring.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Survei SMRC: 76,7% Warga Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencapai 76,7 persen. Hal tersebut mengacu survei SMRC.

NEWS | 18 Mei 2022

Penghapusan Tes Covid-19 bagi Pelaku Perjalanan Adaptif

Tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) atau luar negeri (PPLN) bersifat adaptif atau menyesuaikan dengan situasi serta kondisi.

NEWS | 18 Mei 2022

Kerja Sama KSP dengan Pihak Lain Dilakukan Sesuai Ketentuan Hukum

Deputi V Kantor Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodawardhani menegaskan, kerja sama KSP dengan pihak lain dilaksanakan sesuai ketentuan hukum.

NEWS | 18 Mei 2022

Pekan Ini, Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga Bahas PMK Hewan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kembali menggelar program Masyarakat Terkoneksi Sapa Warga dengan tema kewaspadaan terhadap PMK.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga Bantah Isu Adanya Kudeta di Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membantah kabar adanya kudeta di Partai Golkar. Airlangga memastikan Golkar solid menghadapi Pemilu 2024.

NEWS | 18 Mei 2022

Devanda Minta Dukungan 5 Program Strategis Nasional KNPI

Ketua Harian DPP KNPI Devanda Aditya menyatakan dukungannya bagi seluruh jajaran untuk melaksanakan lima program strategis nasional yang digaungkan MPI KNPI.

NEWS | 18 Mei 2022

Wali Kota Malang Ajak Guru Sukseskan Program Merdeka Belajar

Wali Kota Malang Sutiaji mengajak seluruh guru di Kota Malang turut menyukseskan dan menjalankan program Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

NEWS | 18 Mei 2022

Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Akan Terus Diberlakukan

Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akan tetap diberlakukan hingga pandemi Covid-19 dapat dikendalikan.

NEWS | 18 Mei 2022

Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Sesuai Harapan Presiden Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Golkar, PAN, dan PPP sesuai dengan harapan Presiden Jokowi.

NEWS | 18 Mei 2022

2 Mobil Tertimpa Pohon Akibat Hujan Disertai Angin Kencang

Dua unit mobil tertimpa pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang di wilayah Larangan Kota Tangerang, Rabu sore.

NEWS | 18 Mei 2022


TAG POPULER

# Lin Che Wei


# UAS


# Cabul


# Atribut Keagamaan


# Tes Covid-19


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

Kemenkominfo Percepat Pembangunan Infrastruktur Digital

EKONOMI | 38 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings