Logo BeritaSatu

Melawan Stunting, HaloPuan Gencarkan Penanaman Pohon Kelor

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:09 WIB
Oleh : Rully Satriadi / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - HaloPuan, lembaga sosial Ketua DPR Puan Maharani terus menggencarkan penanaman kelor di desa-desa guna melawan stunting, atau kondisi gagal tumbuh karena gizi buruk kronis.

Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha, bersama anggota DPR Junico BP Siahaan, Lurah Kiaracondong Omi Rosmiati, dan Koordinator HaloPuan Poppy Astari menanam satu bibit kelor di depan kantor Kelurahan Babakan Surabaya, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Rabu (12/1/2022).

"Bibit kelor itu ditanam di “Buruan SAE” (lahan pertanian kota), depan kantor Kelurahan Babakan Surabaya. “Ini bukti Ibu Puan Maharani dan PDI Perjuangan peduli pada hal-hal kecil tapi penting di tengah rakyat,” ujar Achmad Nugraha. Dalam kesempatan itu, HaloPuan membawa 15 bibit kelor yang diserahkan kepada 15 RW di Babakan Surabaya.

Poppy Astari mengatakan penanaman kelor ini dilakukan agar warga bisa secara mandiri memenuhi kebutuhan pangan, terutama dalam melawan stunting. “Kelor sudah teruji mampu mengatasi malnutrisi di sejumlah negara di Afrika, dan di Flores Timur, NTT, pemanfaatan bubuk daun kelor berhasil menurunkan angka stunting,” tambahnya.

Di Kota Bandung, angka stunting sebenarnya berada di bawah angka rata-rata nasional, yakni 8,93% pada 2021 (prevalensi nasional sekitar 27%). Namun demikian, menurut Poppy, Gerakan Melawan Stunting tidak hanya menyasar balita yang mengalami stunting saja. “Kita justru harus berupaya mencegah stunting sebelum kondisi ini terjadi pada siapa pun,” katanya.

Oleh karena itu, gerakan HaloPuan ini memiliki sasaran warga dengan sejumlah kriteria. Mereka tentu saja balita yang mengalami stunting, ibu menyusui, ibu hamil, pasangan usia subur, calon pengantin, dan kader-kader posyandu.

Selain harus dilawan sejak awal, stunting juga harus dilawan bersama-sama. “Bukan hanya kader PDI Perjuangan di tingkat anak cabang, ranting, dan anak ranting, tapi juga terutama kader posyandu dan kader PKK,” tambah Poppy.

Camat Kiaracondong, Rina Dewi Yanti, menyambut baik gerakan HaloPuan. Dia mengatakan, kegiatan ini juga merupakan ibadah. “Ibadah bukan hanya salat. Mengikuti penyuluhan juga ibadah. Saya berharap ibu-ibu menyimak dan melaksanakan apa yang akan disampaikan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh HaloPuan dan PDI Perjuangan ini,” ujarnya.

Sementara itu Junico “Nico” BP Siahaan, anggota DPR Dapil Kota Bandung dan Kota Cimahi, menyatakan stunting bukan masalah sepele. “Kita ingin Indonesia Emas 2045 diisi oleh generasi-generasi sehat dan cerdas. Karena itu, kita bersama punya PR supaya asupan anak-anak kita bergizi, sehingga mereka bebas dari stunting,” kata Nico yang menekankan kepada ibu-ibu peserta kegiatan agar berupaya membuat makanan sendiri untuk anak-anak mereka.

Relawan HaloPuan Muhammad Chotim menjelaskan bahwa bubuk daun kelor bisa diolah menjadi berbagai menu makanan yang enak dan menarik. Selain kaya mikronutrisi, protein, dan karbohidrat, bubuk kelor tak akan mengubah rasa makanan atau masakan. Dia menunjukkan puding bubuk daun kelor yang diolah oleh kader PKK Babakan Surabaya.

“Sebelumnya, di Kota dan Kabupaten Cirebon, ibu-ibu PKK dan posyandu mengolah bubuk daun kelor menjadi bubur sumsum,” katanya.

Seraya menjejerkan satu per satu pengurus partai tingkat anak cabang dan ranting di hadapan peserta kegiatan, Achmad Nugraha menegaskan bahwa pengurus PDI Perjuangan harus tahu apa itu stunting, sebab Ketua Umum Megawati Sukarnoputri telah menugaskan mereka untuk terus mengadvokasi warga yang menghadapi stunting.

“Ibu-ibu, lihat dan hapalkan wajah-wajah mereka. “Sudah tugas mereka membantu ibu-ibu dengan tulus,” tambah Achmad Nugraha yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandung.

Gerakan Melawan Stunting HaloPuan berfokus pada tiga kegiatan yakni penyuluhan gizi seimbang dan bahaya stunting, berbagi informasi tentang manfaat bubuk daun kelor, monitoring warga sasaran, dan penanaman kelor di pekarangan-pekarangan rumah warga serta lahan pangan lestari di desa-desa.

Gerakan Melawan Stunting di Babakan Surabaya, Kota Bandung, dihadiri sekitar 200 warga. Selain mendapatkan penyuluhan tentang gizi seimbang dari Ahli Madya BKKBN Jawa Barat, Hetty Hendrayati, mereka juga memperoleh paket makanan tambahan dari Puan Maharani, termasuk 400 gram bubuk daun kelor, serta paket sembako dari Niko Siahaan



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

Banjir mencapai 2 meter merendam ribuan rumah di Kecamatan Tabang, Kutai Kartanegara, Jumat (20/5/2022) pagi.

NEWS | 20 Mei 2022

Pengamat: Prajurit TNI Selalu Ada di Hati Moeldoko

Kepala Staf Presiden Moeldoko menunjukkan bahwa dirinya selalu memperhatikan keadaan dan kondisi para prajurit TNI.

NEWS | 20 Mei 2022

Forum Relawan Peringati Hari Kebangkitan Nasional di Solo

Forum Ketua Umum dan Tokoh Relawan Se-Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional di Tugu Lilin, Solo, Jumat (20/5/2022).

NEWS | 20 Mei 2022

IKA UII Gelar Halalbihalal dan Syukuran Milad Ke-55

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis (19/5/2022), menggelar halalbihalal sekaligus syukuran milad ke-55.

NEWS | 20 Mei 2022

Rusia Kerahkan Kendaraan Tempur Terminator di Perang Ukraina

Rusia telah mengerahkan serangkaian kendaraan lapis baja menakutkan yang dijuluki Terminator ke garis depan perang Ukraina.

NEWS | 20 Mei 2022

Delegasi DEWG G-20 Nikmati Keistimewaan Kuliner Lokal

Delegasi Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G-20 menikmati keistimewaan kuliner lokal khas Indonesia.

NEWS | 20 Mei 2022

Rayakan HUT Ke-65, Astra Dukung Pendidikan Berkualitas

Astra hadirkan kembali perayaan HUT ke-65 secara virtual berupa tayangan inspiratif yang mengangkat momentum Hari Pendidikan Nasional dengan nuansa Jawa.

NEWS | 19 Mei 2022

Faktor Penyebab Korupsi, Firli Bahuri: Keserakahan

Firli Bahuri memaparkan adanya faktor internal dan eksternal yang menyebabkan seseorang melakukan korupsi.

NEWS | 20 Mei 2022

Wujudkan Kepedulian, MahaDasha Salurkan Bantuan 430 Paket Sembako

Penyaluran 430 paket sembako merupakan wujud komitmen kepedulian MahaDasha terhadap warga terdampak akibat pandemi Covid-19.

NEWS | 20 Mei 2022

Petani Singkong Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Petani singkong di Kabupaten Lampung Tengah, mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi dan mahalnya harga pupuk non-subsidi.

NEWS | 20 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

Banjir 2 Meter Rendam Ribuan Rumah di Kutai Kartanegara

NEWS | 23 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings